Dotycat.come Menenangkan Jiwa & Pikiran (Life in Story)
Menenangkan Jiwa & Pikiran (Life in Story)
Menenangkan Jiwa & Pikiran (Life in Story)

Menenangkan Jiwa & Pikiran (Life in Story)

- 2
Melihat perkembangan cara berpikir manusia di sertai apa yang mereka lihat, dan apa yang mereka rasa sehari-hari membuat Saya tertarik untuk memhaminya. Akhir-akhir ini Saya selalu mencoba memperhatikan pola pikir manusia di sekitar.baik dari Teman, Keluarga, bahkan orang lain yang baru/belum kenal sama sekali. Lalu apa benefitnya bagi diri sendiri?. tentu saja banyak sekali manfaatnya. selain menambah wawasan, tentu saja kita bisa memila-milah sifat positif seperti apa yang hendaknya di tiru.

Well, sebagai pembahasan Saya mencoba mengulas tentang diri Saya sendiri tentang apa yang Saya alami pada saat itu. Berbagai masalah hampir tak terselesaikan dg baik. justru semakin rumit. bukan masalah apa dan seperti apa.ini hanya menyangkut bagaimana cara hidup tenang,serba kecukupan & bahagia?, Saya rasa tidak cuma Saya mempunyai angan seperti itu. Ini sudah menjadi kebutuhan manusia untuk menjadikan hidupnya jauh lebih baik.

# Slow Down & Keep UnderControl

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah Menenangkan Jiwa & Pikiran.selama ini Saya mencoba mempraktikkan cara menenangkan Jiwa & Pikiran.
Sedikit flashback tentang masa lalu Saya (2 Tahun yg lalu), dimana Saya pada waktu itu mengalami masa kehidupan benar-benar sulit. hampir semua jalan keluar tertutup, pikiran menjadi kacau balau, dan tak ada sedikitpun solusi. Mungkin ini adalah cara Allah S.W.T menguji kesabaran Saya dan agar Saya tetap ingat Kepada Nya.
Untuk mengatasi problem sedemikian rupa yang membelenggu Pikiran & Jiwa, hal pertama yang Saya lakukan adalah menenangkan diri sambil memejamkan mata, selang beberapa menit ambil air wudhu untuk mendirikan Sholat. setelah Sholat, berdo'a, kemudian membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an (karena saya seorang muslim).
Dan ini pun membutuhkan waktu lumayan lama. Kurang lebih 35 Hari. Ya... selama 35 hari Saya tidak ada kegiatan sama sekali (kecuali Sholat & Ngaji). Padahal Saya sangat membutuhkan pekerjaan untuk menyambung hidup.

# Life Story in MySelf

Well, lanjut tentang perjalanan hidup pada masa-masa sulit. Saya sempat mengalami kehidupan benar-benar membuat Saya kesulitan.baik secara lahir maupun secara batin.Masalahnya sederhana,dimana Saya di sini sebagai pemuda 22th saat itu bertransmigrasi dari Surabaya ke Jakarta dengan tujuan untuk membuat hidup jauh lebih baik.di sini status Saya pada saat itu sebagai staf perusahaan. Kerja di suatu perusahaan dengan Gaji yang menurut Saya kurang cukup. karena merasa tidak cukup, dan benar-benar bosan menjadi karyawan akhirnya Saya putuskan untuk berhenti bekerja.pada saat itu keadaan benar-benar dalam tekanan,berbagai cara sudah Saya lakukan agar tetap bertahan di perusahaan, tapi apa daya Emosi & Ego begitu kuat membelenggu pikiran untuk tetap memutuskan keluar dari perusahaan.

# Awal yang Buruk

Pada akhirnya saya putuskan keluar (Resign) dari perusahaan.ironis Nya, Saya Resign tanpa ada batu loncatan (kerja cadangan). Inilah awal yang buruk & membuat Saya semakin terpuruk.
Sifat yang kurang baik dalam diri saya adalah (menggampangkan segala sesuatu).jadi,di sini Saya berpikir " resign dari kantor,1 bulan pasti dapet lagi ",tapi kenyatannya apa?.semua itu bertolak belakang.belasan perusahaan menolak saya.dan ini terjadi selama 7 bulan. dan Anda bisa membayangkan, bagaimana rasanya nganggur selama 7 bulan dg posisi sebagai anak kos yang serba mengeluarkan biaya (biaya kos,biaya cicilan motor,makan sehari-hari,dsb).
Saya mencoba menceritakan satu kejadian ajaib (RealStory) dimana pada saat-saat itu Saya mencoba memikirkan selembar uang Rp. 50.000 guna untuk membeli makanan (karena seharian belum makan). Dalam perjalanan menuju kosan teman, dalam pikiran yang begitu kuat Saya berandai-andai " Ya Allah, hamba membutuhkan uang Rp. 50.000 untuk makan ", tidak sampai 10 menit uang itu ada di hadapan Saya  ketika melewati sebuah halte, dan uang itu tepat di depan halte. selang waktu kurang lebih 30 menit ada selembar Rp. 5.000. dalam hati bertanya-tanya apakah ini uang asli, atau uang tumbal?. Ini benar-benar ajaib, dan sampai sekarang Saya masih tidak percaya kejadian ini.
Setelah sekian lama Saya mencoba mempelajari tentang kejadian-kejadian aneh ini, dan sampai sekarang masih membuat Saya penasaran. tapi sedikit demi sedikit mulai paham karena mencoba menulusuri atas kejadian aneh ini.

Kemudian Saya di sini dapat menyimpulkan bahwa Allah SWT akan benar-benar mengabulkan permintaan hamba Nya dengan cara benar-benar meminta Nya. bukan hanya sekedar Do'a & Usaha, tapi juga membutuhkan ketenangan Jiwa & Pikiran. dari perjalanan inilah Saya benar-benar mengerti bahwa Tuhan ( Allah SWT ) masih memperhatikan Saya dengan cara menguji kesabaran & mengingatkan Saya untuk tetap dekat dengan Nya.

2 Komentar

+ Tambahkan
banyak sekali manfaat artikel ini kang
Bljr dr pengalaman bang :D
Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Menenangkan Jiwa & Pikiran (Life in Story)

Menenangkan Jiwa & Pikiran (Life in Story)

Menenangkan Jiwa dan Pikiran sangat penting untuk mencapai suatu hal yang di inginkan.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion