Dotycat.come Hubungan Bisnis dan Ibadah
Hubungan Bisnis dan Ibadah
Hubungan Bisnis dan Ibadah

Hubungan Bisnis dan Ibadah

- 4
Mengutip dari berbagai kisah pebisnis sukses baik muslim maupun non-muslim mereka selalu menekankan TINGKATKAN & MAXIMALKAN IBADAHMU. ini adalah salah satu cara membuat bisnis kita tetap berdiri & berkembang. ya Gue sangat mempercayai hal ini, karena dasarnya segala sesuatu yang ada di dunia ini hanyalah milik Tuhan semesta alam. kalo kita ingin memiliki sebagian kekayan Nya (Tuhan) ya kita harus mendekat dengan Nya, caranya : beribadah yang rajin toh bisnis (kerja) juga bagian dari ibadah bukan?. logika sederhana : bila kita membutuhkan suatu bantuan dari teman, pertama hal apa yang kita lakukan?, ya mendekat dengan Nya sambil berbicara apa yang kita butuhkan. right?, :) harus!

Gue menulis ini semata-mata ingin mengajak kalian (khususnya yang masih muda) untuk melakukan suatu hal yang jarang dilakukan banyak orang pada umumnya. apa itu?, this is BUSINESS/BISNIS. berkat artikel sebelumnya yang ini Gue membuat artikel kedua karena saking semangatnya Gue berbagi opini berdasarkan pemikiran positif juga karena Inspirasi dari berbagai kisah sukses pengusaha muslim/non-muslim. dalam sehari artikel ini mampu mengundang banyak pembaca juga menjadi trending topik dalam blog ini. ini menunjukkan orang lebih suka membaca hal-hal yang bermanfaat.



Well, kita akan bahas apa benar bisnis saling berkaitan dengan ibadah kita?, jawabannya BENAR. selama ibadah kita bolong-bolong, selama itu juga bisnis kita tidak berkembang atau bahkan terpuruk. percuma kerja keras kalo ngga disertai ibadah yang rajin. dalam hal ini Gue ga berpatokan pada siapa-siapa. cukup sama pahlawan Gue " Ayah ". bokap Gue ini seorang bisnisman. puluhan tahun malang-melintang di dunia bisnis tentunya udah ngerasain pahit-manisnya bisnis. di era 1970-an bokap buka dealler motor & jualan aneka macam spare part. bayangkan ditahun itu masih sangat jarang orang bekendara sepeda motor tapi bokap Gue udah bisa mendirikan bisnis segede itu. walaupun pada akhirnya bangkrut ditahun 1987, bokap Gue tidak serta merta menyerah begitu saja. dan pada akhirnya dia banting setir dengan bisnis yang lain meski tak sebesar bisnisnya yang dulu. mengingat umurnya sekarang udah lebih dari 60tahun, yang membuat ia mudah kelelahan. sekarang saatnya Gue yang menggantikan posisi nya dengan cara yang berbeda (cara Gue). dalam hal marketing, manajemen bisnis, Gue kurang setuju sama bokap tapi dalam hal spiritual atau yang menyangkut ilmu keTuhanan 100% Gue ikut dengannya. apa alasan Nya?, ya karena Gue sudah merasa cocok 100%.
Lagipula bukannya bisnis (kerja) bagian dari ibadah?, kenapa ga kita lengkapi aja ibadahnya?. setuju ya..? :)
Keterkaitan ilmu bisnis dan ibadah memiliki hubungan yang sangat kuat. jangan pernah meremehkan kekuatan spiritual jika ingin sukses. pernahkah kita membaca bisnis sukses tanpa ilmu spiritual? NGGA ADA. baik muslim maupun non-muslim selalu mempraktekan ilmu spiritual dalam bisnisnya. karena Gue muslim, kita bahas secara muslim juga..

Cara ini Gue kutip dari beberapa pengusaha muslim yang sukses juga nyontek ilmu bokap Gue.

Sempurnakan Sholat Lima Waktu

Ada apa dengan sholat 5 waktu?, hahaha Gue rasa masih banyak yang bolong. jangankan elo bray, Gue aja nih masih banyak yang bolong. oleh karena itulah kita sama-sama belajar meningkatkan ibadah sholat 5 waktu. usahaan untuk sholat wajib ini di praktekan secara berjamaah, jangan dilakukan sendiri (misal dirumah, kontrakan, kos-kosan). sholat berjamaah memiliki nilai yang lebih besar dari pada dilakukan sendiri. itulah alasannya kenapa di SEMPURNAKAN.

SEDEKAH

Ilmu yang satu ini masih sedikit bagi sebagian orang yang mau mempraktekkannya. Gue sendiri kadang mau bersedekah aja, ada aja kebutuhan-kebutuhan yang harus Gue penuhi terlebih dahulu. padahal Allah SWT sudah berjanji pada kita, 1 kebaikan akan dilipat gandakan kebaikan itu. kalo kata Ust Yusuf Mansur 1x kebaikan dibalas 10x kebaikan (secara matematika). Sedekah sangat penting dalam menunjang keberhasilan suatu bisnis. semakin banyak kita bersedekah, semakin banyak pula yang kembali pada diri kita. sedekah yang bagus itu untuk fakir miskin, anak yatim, atau pembangunan rumah ibadah. sekarang kalo kita lihat, orang-orang sukes kebanyakan menghabiskan masa hidupnya untuk berbuat kebaikan dengan cara bersedekah. tengok saja Bill Gates, Paul Walker, dan kisah Rasulullah bersama sahabat-sahabatnya. SEDEKAH is NUMBER 1

Puasa Sunnah (Senin-Kamis)

Banyak kalangan pengusaha muslim menyarankan hal ini " Puasa Senin-Kamis " peran penting puasa adalah untuk melemahkan nafsu, menjernihkan hati & pikiran. yap, Gue sangat setuju dengan hal ini.. Bokap dan Om Gue sering menyinggung soal ini, biasakan puasa senin-kamis untuk mendorong keinginan. awalnya emang berat, bahkan saat pertama kali Gue mengawali kebiasaan ini sering mokel (putus ditengah jalan/makan siang, wkwkwk).. gila godaannya berat banget (karena belom terbiasa). karena Gue punya keinginan/tujuan besar, mau ga mau Gue harus bisa membiasakannya. dan sekarang justru kalo ga puasa senin-kamis, hidup tuh berasa ada yang kurang. kadang masih juga bolong-bolong, tapi dikemudian hari seolah-olah itu sebuah PR yang harus Gue kerjakan. ini perjuangan banget, yuk mari berjuang bersama-sama mencari ke Ridha-an dari Nya.

Sholat Sunnah (Hajat/Tahajjud)

Paragraph ini sebenarnya udah pernah Gue bahas di sini dimana sholat sunnah ini perannya sangat penting (se'enggaknya buat Gue). dalam Al-Quran pun sudah sangat jelas kalo kita di perintahan mengerjakan sholat lail/malam agar Tuhan meninggikan derajat kita. sebenarnya kita ini disuruh minta kepada Nya, gausah merasa tabu masalah harta karena dalam Al-Quran pun sudah sangat jelas pula bahwa kebanyakan manusia lebih mengutamakan mengejar Duniawi dari pada akhirat. Lakukan sholat sunnah ini 1/2 malam atau 1/3 malam karena dalam keadaan seperti inilah kita benar-benar merasa khusuk, spiritual yang luar biasa, juga malam yang tepat buat berdoa apapun yang kita ingini.

Sholat Sunnah Dhuha

Sholat Dhuha kaitannya juga sangat penting dimana sholat ini sebagai pembuka rezeki dipagi hari. Gue ada sedikit cerita tentang saudara nyokap Gue yang jualan jamu keliling. awalnya bulek (panggilan Gue ke dia) merasa letih, lesu, karena hampir setiap hari jualan jamunya selalu sisa banyak. suatu ketika dia mengikuti tausiah di desanya, kalo untuk membuka rezeki tambahlah sholat dhuha sebelum melaksanakan aktivitas. dalam do'anya dia meminta ga muluk-muluk sama Allah SWT, kalo dia cuma pengen dagangannya HABIS setiap hari " Thats it ", dan itu benar-benar terjadi di beberapa hari kemudian. sampai sekarang sebelum dia berangkat dagang, dia ga pernah melewatkan sholat dhuha. ohya, sholat dhuha batasnya maximal jam 11.00 WIB (sebelum dhuhur).

Tambahan : Sebisa mungkin cobalah hilangkan prasangka negative dalam diri. beberapa hari yang lalu Gue sempet berdiskusi sama seorang pengusaha sukses yang intinya hilangkan prasangka buruk dengan orang lain. jangan ada dendam, iri/dengki dengan yang lain.. karena itu hanya membuat kita menjauh dengan yang lain, juga mempersempit rezeki. karena hal itu sama saja dengan mengingkari karunia Tuhan pada umat yang lain. dan yang terakhir, kebanyakan ORANG SUKSES selalu memuliakan kedua orang tua, juga istrinya (bagi yang udah nikah). hal ini pernah di bahas sama Mas Ippho Santosa (pengusaha sukses & pakar otak kanan) dalam bukunya 7 Keajaiban Rezeki.

4 Komentar

+ Tambahkan
Tutorial nya sangat membantu sekali dan mudah dipahami, bisa cek juga tulisan serupa saya
Disini? :D :D Happy Sharing
Yup bener banget nih, dunia dan akhirat harus seimbang
artikel ini yang saya cari, bisnis menjadi semangat kita ibadah !
Terimakasih atas informasinya.
Silakan kunjung Civitas UMJ
Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Hubungan Bisnis dan Ibadah

Hubungan Bisnis dan Ibadah

Hubungan bisnis dan ibadah memiliki keterkaitan yang sangat erat guna untuk mencapai kesuksesan yang mulia dan mendapat ridha darinya.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion