Dotycat.come Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank
Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank
Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank

Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank

Semakin hari apa yang sempat Gw renacanain akhirnya berubah. dulu jaman kuliah Gw bermimpi pengen jadi pegawai tetap di sebuah bank pemerintah. sebelum kuliah sempat juga kerja sebagai pelayan restoran di Plasa Senayan Jakarta tepatnya di Restoran Jawa, kemudian sempat pindah karena Restonya pindah di Pacific Place lantai 13. 

Kalo elo liat kapal-kapalan di sana, nah tepat di depannya itu dulu tempat Gw bekerja. Februari 2008 Gw mulai kuliah, & disela-sela kuliah juga Gw bekerja di beberapa perusahaan : IT Konsultan (Web Designer & SEO Specialist), Perusahaan Outsourcing (as Administrator), dsb. Gw tipe orang yg gampang bosen, jadi waktu itu udah lebih dari 5x keluar-masuk Perusahaan demi mendapatkan kenyamanan.

Awal Tahun 2012 Gw pikir ini pelabuhan terkahir Gw di dunia karir & bener-bener sesuai apa yang Gw harepin. di tahun ini Gw masuk salah satu Bank BUMN yaitu Bank Mandiri. penempatan awal di Cabang Casablanca, selang beberapa hari kemudian di pindah ke KCP Mall Epicentrum Kuningan Jakarta Selatan. 

Gw disini sebagai Marketing Konsumer dan fokus pada kredit KTA (Kredit Tanpa Agunan khusus PNS & Pegawai Tetap untuk Perusahaan-Perusahaan tertentu), Multiguna dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). 

Marketing bisa dibilang ujung tombak sebuah Perusahaan, karena yang bisa membuat Perusahaan tetap exist tak lain karena kinerja marketing. Sebagus apapun produk yang kita miliki bila tak pandai memasarkannya mau jadi apa?
mau dikemanain?... 

Tapi secara keseluruhan dalam sebuah perusahaan yang terpenting adalah kerja sama yang baik, ngga ada yang di istimewakan. baik marketing maupun karyawan-karyawan lainnya. semuanya sama sesuai porsi kerjanya.
image by romebusinessschool.it

Marketing Konsumer seperti Gw pada saat itu, awalnya masih bingung harus ngapain. Padahal udah tau kerjaan nya adalah Memasarkan produk atau mencari calon nasabah. 

Yah itulah tantangan terberat Gw, karena Gw ga begitu pandai ngomong apalagi meyakinkan orang lain untuk menjadi nasabah Gw.

Well, ternyata sebelum Gw bener-bener terjun dilapangan, ADA kegiatan semacam pelatihan atau seminar khusus untuk para marketing. 

Seminar itu isinya cara memasarkan produk dan mencari calon nasabah. disana terdapat beberapa Pimpinan Cabang, dan Manajer Marketing untuk memberi pengarahan & pelajaran. Fixed! setelah pelatihan selesai, inilah saatnya terjun ke lapangan. WOW!!

Tantangan dimulai dari sini. waktu itu Gw masih inget banget, diajak Manajer ke apartemen di kuningan (lupa gedung apa), nah disana dia presentasi yang udah di jadwalkan sebelumnya. jadi dengan kata lain, bukan mencari nasabah, tapi udah dapet nasabah & tinggal mempresentasikan nya. 

Sejam lebih gw hanya jadi penonton disana sambil memperhatikan Manajer yang sedang presentasi dengan begitu hebatnya mengolah kata-kata, dan tak jarang pertanyaan-pertanyaan nasabah disini di jawab dengan jelas. Perlu diketahui, nasabah disini bukanlah nasabah sembarangan. mereka orang-orang berkelas yang gajinya perbulan udah Rp. 20juta keatas. 

Market yang kita bidik memang kalangan menengah-keatas, tau sendiri kan Bank Mandiri target market nya orang-orang berkelas. Pinjaman disini nominalnya ratusan juta, ada sekitar 5 orang yang udah fix. jadi total pinjaman hampir Rp. 1M

Gw tau karena Gw bagian isi formulir. hehehe...

Hari ke-2 Gw di lepas dan harus keluar kantor sendiri nyari calon nasabah. Jujur, Gw masih bingung harus ngapain. keluar kantor tanpa bekal apa-apa membuat Gw makin ga jelas ini mau mau ngapain? 

Salahnya Gw ga nanya sama temen-temen seangkatan. akhirnya kita kontekan dan memutuskan untuk berkumpul di Plasa Semanggi. Kumpul deh tuh para pejuang yang sama-sama bingung mau ngapain. wkwkwkwk

Diskusi penyusunan strategi marketing dimulai disini, mungkin ini pengalaman paling keren bagi Gw. hal-hal yang kita bahas adalah:

Target Market atau Lokasi yang tepat

KTA (Kredit Tanpa Agunan). Karena kita Marketing Konsumer yang target market-nya khusus KTA (PNS & Pegawai Tetap perusahaan tertentu), jadi kita memilih berbagai gedung yang ada di Sudirman dan Kuningan. 

Karena hanya dari sana lah kita lebih mudah menemukan orang-orang yang kita cari. 

KPR (Kredit Pemilikan Rumah). khusus kredit yang ini persaingannya berat-berat, banyak para Manajer Marketing membidik market disini. ngga cuma Bank Mandiri, tapi juga bank-bank lainnya.

Kredit Multiguna. Kredit ini berlaku untuk kalangan Profesional atau Pedagang. bisa Dokter, Photographer, Pedagang Grosiran, dsb. intinya untuk wiraswasta. 

Bahan-Bahan yang musti di siapin untuk bertempur :

  • Brosur/selebaran adalah bahan yang SANGAT WAJIB untuk di edarin dimanapun & bahkan kapanpun kita melangkah. iya, kapanpun kita harus melakukannya meski diluar jam kerja. namanya kejar target, ngga peduli mau kerja atau libur.
  • Minyak Wangi : ini penting banget bro, karena target market kita adalah orang-orang kantoran juga jadi wajib memakai wangi-wangian. kan ga mungkin banget habis panas-panasan langsung ketemu calon nasabah. lah kalo bau ketek, keringet, atau bau matahari kan jadi ngga enak :D
  • Kalkulator, Stempel Nama, Kartu Nama, Bolpen, Saleskit, dll. dari sekian banyaknya peralatan marketing yang paling penting bagi Gw adalah Brosur. Yap tanpa brosur gw mungkin ngga bakal dapet nasabah, karena gw orangnya paling malu prospek calon nasabah. jadi brosur itu Gw sebarin diberbagai tempat & dimanapun gw berada. tapi yang paling banyak Gw sebar di galeri-galeri ATM yang ada diluar bank. gallery ATM apapun gw isi brosur pinjaman Bank Mandiri. wkwkwkwk
  • Setelah brosur tersebar dimanapun, gw hanya tinggal nunggu telpon. dan berujung pertemuan di kantor. 75% gw pasti realisasi men. hehehe
Perjalanan berikutnya adalah ke Rumah Sakit Umum di cengkareng. ini asli pengalaman sedikit memalukan bagi Gw. 

Jadi, target Gw selanjutnya adalah dokter-dokter yang ada di RS tersebut. sebelumnya Gw udah pernah kesini untuk meminta daftar nama-nama Dokter. Nah langkah selanjutnya Gw bikin surat penawaran ke Dokter-Dokter itu. setidaknya ada lebih dari 20 surat penawaran kemasing-masing Dokter yang Gw bidik.


Ke Esokan harinya Gw datang lagi kesana untuk mengirim Surat-Surat Penawaran tersebut (udah kayak Pak Pos). Tindakan Gw emang sedikit mencurigakan jadi ada satpam disana dari awal memperhatikan gerak-gerik Gw yang dicurigai seperti pemasar/sales. 

Karena disana sales tidak di perbolehkan ketemu dokter. bener dugaan Gw, pasti disamperin satpam nih. dan ini yang terjadi...

Satpam : Selamat Siang Pak, ada yang bisa dibantu?

Gw : Iya pak, saya mau ketemu dokter disini. (sedikit gugup takut ketahuan) 

Satpam : Namanya dokter siapa pak?

Gw : itu loh pak yang mengurusi kehamilan. (aduh lupa lagi namanya) 

Satpam : Iya, namanya siapa? 

Gw : Saya lupa pak, tapi ini sangat penting. bisa bantu ga pak? 

Satpam : iya makanya tadi kan saya udah nawarin " Ada yg bisa dibantu? "

Gw : Oh gitu ya, oke. gini pak, bla..bla..blaa (ngomong pjg lebar) 

Satpam : Loh kok banyak banget pak suratnya?

Gw : Iya pak sebenarnya bukan untuk Dokter Kehamilan aja, banyak pak. Soalnya ini langsung dari Bank Mandiri nya. penting!

Satpam : yaudah pak saya bantu, nanti saya sampaikan.

Gw : Ok kalo gitu pak terima kasih bantuannya. (ga tau disampein apa engga tuh surat).

Berhari-hari surat penawaran itu belum juga ada respon, atau emang ngga nyampe ke tujuan. ah udahlah.. belom rezeki kayaknya. 

Selang 9 hari kemudian ada yang nelpon Gw. 

Kring... Alhamdulillah ada yang merespon surat penawaran Gw. singkat cerita..

Pinjaman yang diajukan Dokter ini Rp. 50juta, ke-esokan harinya ada 2 Dokter lagi nelpon Gw. setelah proses perbincangan via telepon & sepakat, datanglah mereka ke kantor Gw. setelah semua diproses, akhirnya Realisasi juga dengan total pinjaman Rp. 125Juta. 

Jadi masing-masing Dokter mengajukan pinjaman 50Juta, 40Juta, dan 35Juta. bayangkan dari 22 surat penawaran yang Gw ajukan cuma ada 3 yang berhasil jadi nasabah? 

What the?

Ketemu Marketing (AO) BRI Cabang (Berebut Nasabah)

Hari demi hari Gw merasa bosan dengan pekerjaan ini. gimana engga, diluar panas-panasan (udah item, makin item -_-)

Dan butuh biaya (bensin, makan, minum), dan biaya lainnya. pemasukan hampir tak tersisa setiap kali gajian, ya karena itu tadi kebutuhan diluar lebih boros.

Akhirnya Gw ngandang (stay dikantor) ngga kemana-mana. tiba-tiba temen Gw yang dari Grogol nelpon katanya ada Nasabah butuh modal Rp. 1M buat usahanya. 

Spontan Gw seneng bingit men, wkwkwkwk.. 

Nasabah ini ssahanya gede & potensial. Akhirnya Gw putuskan besok Gw samperin kesana siang setelah makan. Gw kesana dianter temen, tiba disana ternyata ada AO Bank BRI yang udah dulu ngobrol sama Nasabah itu. aduh telat, malah keduluan marketing lain.

Yah masa Gw nyerobot, akhirnya Gw lebih milih mundur. ngga banget berebut nasabah sama kompetitor. ya sudahlah ... 

Marketing Property & Producer TVone

Gara-gara gagal dapet nasabah, Gw ga kemana-mana lagi alias ngandang dikantor siapa tau ada yang nyangkut nasabah-nasabah yang dateng. eh ternyata bener, ada yang ngajuin pinjaman. 

Datanglah salah satu produser TVone. waktu itu gaji produser Rp. 7juta dan mengajukan KTA Rp. 40juta. 

Disusul marketing property yang juga mengajukan pinjaman, ini yang lumayan fantastis yaitu Rp. 150Juta. di slip gajinya tertera Rp. 45juta/bulan gajinya. busettt gaji segitu masih aja pinjem, katanya sih butuh urgent. yaudahlah hajarr namanya juga rezeki men :D 

Kebijakan Baru dari Manajer Marketing (Mulai Males)

Singkat cerita, terhitung hampir satu bulan Gw bekerja di Bank Mandiri, pinjaman yang berhasil Gw dapatkan kurang lebih Rp. 650,000,000. padahal Gw ditarget Rp. 1M dalam satu bulan. meskipun ngga mencapai target, masih ada masa toleransi 3-6bulan. nah kalo udh tercapai Rp. 1M/bulan, akan dinaikin lagi jadi Rp. 1,5M/bulan. 

Gimanapun keputusan & ketentuan targetnya, bikin Gue jadi stress berat :(
Perlu diketahui, setiap manajemen perusahaan itu berbeda-beda. nah disini (Bank Mandiri) pekerjaan Marketing hanya fokus " Mencari Nasabah ", tidak mengurusi tunggakan, jadi tukang tagih, jadi analis, input data, dsb.
Ini yang membuat berbeda khususnya antara BRI dan Bank Mandiri. dimana kalo Bank BRI, semua pekerjaan di lakukan satu orang. semakin bisa, semakin sibuk. bahkan bisa jadi deb collector. kalau di Bank Mandiri lebih cepat meski ga mudah mencapai target, tapi setidaknya kita bisa fokus pada satu kerjaan yaitu mencari calon nasabah. that's it!
Perjalanan demi perjalanan Gw sebagai Marketing Bank pemula tak membuat senang Manajer. akhirnya dia membuat kebijakan baru yang isinya :
  • Tiap hari harus ada daftar nama calon nasabah minimal 50 orang dan dikumpulkan seminggu kemudian. jadi total 5hari sebanyak 250 nama calon nasabah
  • Target/lokasi juga harus jelas. misalnya : isi gedung/apartemen di Sudirman & Kuningan perlu dijadikan prioritas utama untuk memasarkan KTA.
  • Setiap seminggu sekali kita sebagai bawahannya harus mengadakan event/kegiatan apapun untuk menarik perhatian calon nasabah. jadi acara itu bisa senam bareng, funbike, & pameran kecil-kecilan, dsb.
Dengan kebijakan-kebijakan itulah membuat Gw eneg & males bekerja. akhirnya Gw membuat pertimbangan resign dari kantor. tepat 40 hari masa kerja akhirnya resign & digaji sisa masa kerja. untungnya waktu itu ngga terikat kontrak, meskipun kontrak minimal setahun siapapun boleh resign kalo udah ngga kuat & ijazah juga bisa dikembalikan tanpa harus menunggu setahun. 

Apapun pekerjaan teman-teman saat ini, nikmatin aja. kalau sudah nyemplung dunia marketing yaudah gas aja. itung-itung melatih mental. kalau udah ngga kuat yaudah resign aja asal ngga ada perjanjian kontrak, denda, atau penahanan Ijazah. percayalah pekerjaan ini paling rentan stres. dari sisi Perusahaan juga harus memaklumi & mohon tidak mempersulit karyawannya bila karyawannya sewaktu-waktu ingin resign.

Nah selanjutnya, dari sinilah Gw pindah dapet tempat kerja baru yaitu di BRI.

bersambung guys

279 Komentar

+ Tambahkan
BII bang bukan century hehe
iya Relationship Officer. berarti intinya nyari nasabah kan ya ? yg aku tau sih untuk bunga pasti kalah sama bank BUMN tapi bersaing aja sih dengan bank swasta. masalahny di daerah aku bank ini termasuk yg paling sunyi kegiatannya (setelah berapa kali bolak balik dibank berbeda) dan malahan banyak yg ga tau . mental aku kok takut duluan ya hmm
oh iya ya hasil merger. yg century skr jd mutiara bank ding :P
good luck ya..
Saya karyawan banl bri.
Udah hampir 3 tahun bekerja sebagai frontliner. Saat ini posisinya teller teras keliling.
Saya mulai berfkir keras apakah tetap melanjutkan bekerja di bri atau tidK melanjutkan kontrak lagi.
Masalahnya yang buat sya tidak nyaman adalah jika dipindahkan keluar kota ditambah lagi beban kerja yg ditangani oleh frontliner luar biasa beratnya bnyak banget.
Belum lagi masuk 7.30 dan pulangnya jam 8 malam.
Waduh parah btul. Tidak hanya itu waktu istrhat saja sabtu dan minggu masih di pakai buat kerja.
Saya jadi berfkir lagi kerja atau dikerjain nih.
Kalau tanya2 seputar Kpr apa ada kenalan/teman yah pak?wilayah surabaya.. bank apa aja.. yg penting di acc..
Kalau ada tolong email saya: capcipcup3@gmail.com

Thanks

Tulisannya sangat membantu, memotivasi, dan mencerahkan masbro.
Tengkyu udah mau nulis ginian.
Sukses buat usahanya, semoga saya juga lekas menyusul. Hehe
amiiin.. good luck bro (y)
Hallo mas fajar, saya mau nanya nih... Saya ini freshgraduate... Dari lulus ampe skrg kira2 udah sekitar 8 bulan nganggur. So galau juga sih blm dapat kerjaan sedangkan teman2 yang lain udah pada kerja... Nah baru2 ini ada lowongan kerja di Bank Mandiri sbg Mikro Kredit Sales... Setelah baca blog nya mas Fajar saya jadi ragu mau ngelamar kerja di posisi ini... Sedangkan jumlah pesaing tidak banyak dan cenderung tidak diminati... Mohon sarannya yaa terimakasih...
drpd nganggur kan mending ambil aja gpp itung2 buat nambah pengalaman & latihan mental. and tanyain jg apa bisa resign setiap saat kalau sdh tdk betah? kalo aq dl baru sebulan & resign bisa. jd ga terikat kontrak minimum setahunlah, 2tahun lah, dsb. ya sambil nyari2 kerjaan lain ga ada salahnya dicoba.
Good luck ya :)
🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒
Disini banyak pegawai bank nie. Tawarin saya dong , lagi butuh dana buat buka cabang usaha kecil nie ..
Pengen KTA ajah..
Saya sebagai karyawan di perusahaan swasta & wirausaha kecil kecilan juga. (Cengkareng,Jakarta barat)
Email : jaong.jr8@gmail.com
Wa : 085220657675
terima kasih atas berbagi pengalaman bang
Ass. Bro fajar, makasih not ceritanya jd motivasi untuk saya. Salam kenal, saya satria Ao BRI. Udh setahun lebih he AO. Baca cerita mas fajar, he flashback pas awal2 kerja. Keep the fight bro! Good luck
Terimakasih bang atas pencerahannya. Kebetulan saya ada panggilan dari BRI sebagai marketing. Namun masih galau mau diambil atau tidak, dgn alasan riba. Tapi di lain sisi saya juga lagi butuh pekerjaan.. astaga -_-"
Mas fajar saya minta saran, kemarin saya interview di bank cimb niaga sebagai marketing KTA, saya gak dpet gaji mas gaji saya dari nasabah yg sudah acc bisa ambil pinjaman, baru saya dpet 3 jt dari satu nasabah itu gmn ya mas fajar kira kira saya ambil apa enggk
Mas Fajar, salam kenal..
Saya diterima sebagai Marketing Mikro dan katanya pekerjaan saya akan berhubungan dgn instansi-instansi. Masih belum faham sih, soalnya baru bgt pertama kali terjun di dunia marketing bank. Tolong penjelasannya mas, maksudnya itu gimana dan apa iya benar lebih banyak kerja di lapangannya ? Makasih mas.
salam kenal Linda..
Marketing Mikro di Bank apa?
biasanya kredit ga jauh dr KTA (kredit tanpa agunan).
berarti penghasilanmu bergantung penjualan ya? saran saya cari yg lain kayak Bank BUMN. ada gaji pokok, ada juga bonus penjualan. soalnya keluar nyari nasabah jg butuh uang. jangan mau tekor.
Dosa gk sih bekerja di bagian marketing?
Salam kenal mas fajar, saya baru saja interview di bank BTN sebagai marketing KPR & tinggal menunggu kabar selanjutnya mulai bekerja kapan. Mohon tips dan strateginya donk mas, secara saya jg belum ada pengalaman di dunia marketing. sebelumnya saya bekerja sebagai Teller di BCA 3 tahun dan diperusahaan Developer 2 tahun. Kalau ada info atau saran ya mas buat bekal saya nanti, makasih ^_^
halo mas.. saya sudah hampir 2 tahun bekerja sebagai MKS di Bank Mandiri. diawal awal memang berat apalagi saya gak punya basic matketing waktu itu tapi dengan tekun belajar dari senior dan banyak turun lapangan saya makin paham soal mencari nasabah kredit.. belakangan ini yang jadi masalah adalah persaingan dengan bank2 lain yang makin ketat misalnya ada nasabah yang pingin take over pindah ke mandiri dikenakan penalti sampai 12 kali bunga dan bikin banyak calon debitur gagal diporses sdngkan nasabah baru sangat sedikit. imbasnya ke saya dkk yang makin susah dpt nsbh.. apalagi target bulanan yang sangat besar yaitu 750juta. sempat berpikir untuk mencari kerja yang baru karna masalah ini. mungkin ada saran atau masukan dari mas. trmksh
ya tergantung. kalo marketingin Narkoba ya dosa gan :D
wah baru tau takeover kena penalti bunga 12x. bank2 lg pd pertahanin nasabah2nya. makanya bikin peraturan begitu. ujung2nya marketernya yg kesusahan.
mgkn agan bisa baca2 komentar2 saya diatas. kalau saya pribadi saya bekerja sesuai keahlian saya, dan saya bekerja memang sesuai passion saya.
Marketing asuransi jiwa hahahaha target brp API BOSS
SY PERNAH DI FUDENTIAL
terus pindah ke GENERALI
sama z targenya 100juta api
intinya mah kalo mo kerja di bank...hrs punya jiwa sales..bank itu 90% marketing 10% support..d bank kalo g mau jd sales..sulit mau naik karir...krn dlm strukut organisasi bank itu... marketing itu melebar...kalo support garis lurus...yg atas resign...br loe bs naik...
agree! (y)
Halo mas fajar.. saya galau dan udh beberapa hari nyari" review dr kaskus atau tulisan dr blog. Saya besok mau itv ke bank bri utk posisi Sales Person. Tapi dari vendor mutual plus..
Kalo boleh tau gapok nya bisa sesuai umr atau bahkan diatas umr ga ya?
Terus kalo uang cuti,thr dan bonus laba tahunan dapet jg ga ya?
Kalo utk kerjaan sih ane sedikit" paham.. karena ada sedikit passion di marketing jg nih.. suka tantangan.
Cuma masalahnya yg bikin ragu, tahan ijazah. Kalo sp di bri itu bisa resign sebelum masa kontrak berakhir ga ya? Kalo kena pinalty sih saya pikir" lagi.. soalny gambaran pekerjaan ny juga belum bisa diprediksi saya bakal nyerah atau ngga nya.
Mohon pencerahannya ya bro fajar
halo bro zany..

1) sales person beda sama AO/Mantri secara grade. tp kerjaan hampir sama.
2) cuti setahun dpt 12hari & uang cuti jg dapet
3) THR pasti dapet (biasanya masa kerja minimal 3bulan, ini juga di hitung masa kerjanya). bagi laba keuntungan biasanya dapet. kalo outsource biasanya dapetnya dr kebijakan kantor masing2 aja kalo dr vendor semisal mutualplus biasanya gak dapet.
4) ijazah di tahan sesuai masa kontrak (misal 12 bulan). kalo mau out & msh terikat kontrak biasanya kena denda sisa kontrak x gaji pokok (kalo belum berubah ya itungannya).

btw ini ingatan ane dulu ya. gatau kalo udh pada berubah. banyak tanya2 aja sama yg kerja di PT tsb. semoga membantu ya. good luck..
Gak ada yg pengalaman di bukopin ya?
Saya belum lama ada tawaran dari bukopin buat jadi sales kredit pinjaman pensiunan khusus pegawai negeri..kemarin senin tgl 19 februari 2018 sempat disuruh ketemuan dengan salah satu atasan di bagian marketing ,setelah di jelaskan target nya harus 500juta saya sedikit shock , dan ragu2 apa saya bisa atau gak , dan rabu nya saya harus datang dan uji di lapangan,dan katanya akan diberi uang transport 750ribu saja,saya pikir segitu apa cukup buat keliling sana sini cari nasabah,belum lagi buat kebutuhan saya sehari2 .. walaupun saya basic nya s1 manajemen di konsentrasi manajemen pemasaran ,tapi hati saya gak ada minat sama sekali di bidang marketing yg seperti di bank. Saya cukup terpaksa ambil lowongan ini ,karena desakan orang tua ,padahal saya lebih tertarik ke marketing yg lain seperti menjual kendaraan karena passion saya yg mendukung suka dunia otomotif.. tapi sampai saat ini belum ada yang buka loker tsb.. mohon pencerahan nya terimakasih
Halo gan soher
belum pernah di bukopin gan.
kalo menurut ane sih ya, gpp ambil aja TAPI pastiin dulu bisa ga keluar setiap saa kalo udh ga betah (gak terikat kontrak). soalnya ane dulu bisa begitu. nah kalo bisa ambil aja sambil cari2 loker lain. toh enakan kerja kan drpd nganggur? tapi kalo ada ikatan kontrak semisal 1-2tahun mending jangan. itu berat banget kerja ga sesuai passion. cari yang lain aja.

Good luck ya (y)
Hai kak fajar, thanks blognya membantu sekali! Dan semua komen2nya juga sudah aku baca sharing2 temen2 semua. Jadi semakin paham tapi tetep galau.
Mau tanya dong kak, kalau jadi AO BRI, kita beneran, literally, cari sampai kemana mana gitu ya kak? Bener2 harus dapat memenuhi target, harus cari orang, kenalan, semua sendiri? Bingung nih, soalnya sepertinya aku ga jago kalo disuruh jualan..hehehee
hai cieri
iya harus mencapai target. tapi ada masa toleransi beberapa bulan. kalo misalnya tahun pertama baru 70%%-80% masih dpt toleransi unt tahun ke-2. kan ada senior minta aja di ajarin. ga mgkn langsung di lepas. makanya pinter2 bawa diri aja biar orang2 di sekitar mau ngebantu. bisa karena terbiasa :)
Kak, kalo misalnya kita blm slesai masa training nya di bank cimb niaga, klo mau resign kena denda ga? Soalny di sana ga ada penahanan ijazah, mohon bantuannya kak, soalny sama persis nih pengalamannya sama tmpat krja aku yang baru ,
Kak, kalau mau resign tapi masih dalam proses training, kira" kena denda ga kak? Mohon jawabannya kak, soalnya kejadiannya sama persis nih, dan aku masih fresh graduate msih blm ada pengalaman kerja di perbankan kayak gitu 😔😔😔
selama ijazah ga di tahan gpp resign. sepengalamanku sih bebas itu. cuman pastiin dl ya ke manajemen nya?
Sore ka, gimana kalau bank dbs pake kta gitu juga, minjemin uang gitu, aku blm pernah jadi marketing sama sekali baru lulusan sma 2016, saya capek kerja pabrik lalu saya resign padahal udah kartap terus dapet di bank dbs jf marketing stay di kantor,gaji umr tpi ditarget 20-25 nasabah sebulan, suruh milih salah 1 komosi /umr, aku bingung gagatau sama sekali sama dunia marketing tp tempat nya nyaman aku suka, deket kampus juga, tp kebutuhan juga penting, kuliah biaya sendiri + krbutuhan keluarga jg. Gimana ka?
Gimana kalo bank dbs ka? Ka baru terjun kr dunia marketing, lulusan sma 2016,nangung kebutuhan keluarga, takut gagal, pencerahannya dong, bank dbs, kta, minjemin duit, stay kantor, gapoknya cuma 1juta
Hi Novi!

pastiin dl di DBS apa bs resign sewaktu2 kalo udah ga kuat? kalo terikat kontrak misal 1tahun ya mending jangan. nanti kamunya yg tertekan. kalo bs ya sambil cari2 yg lain ambil aja di DBS itu. kalo udah keterima di tempat lain, resign dh dr DBS. pilihan berat tapi harus bijak. demi memenuhi kebutuhan atau mau berkorban biar kebutuhan terpenuhi?

konsultasiin juga sama keluarga. mereka lebih tahu ttgmu.
saya di BCA dan... you know lah BCA -_- high pressure hhehe
Halo kak fajar, sya Tika freshgraduate dari kesehatan, pagi ini saya dapat tawaran langsung dari manager Bank mand*r* buat jadi marketing. Minta saran nya dong kak, saya benar-benar gktau ilmu dunia perbankan apalagi marketing, kata orang tua sih dicoba dulu saja katanya sukses itu prosesnya memang berliku, gimana dong kak saran realnya ?, Makasih
Tuh udah di kasih saran sama Orang Tua. gpp coba aja dulu. tapi pastiin apa bisa keluar sewaktu-waktu kalau udah gak betah? atau ada penahanan ijazah?
kalau ada ikatan kontrak misal 12 bulan dan ijazah di tahan, ini berat. mending cari yg lain aja sesuai bidang kuliah kamu.
Sekarang kerja apa mas Fajar?
Saya salah satu sales officer kta c*** n**** saat ini mau protes scheme c*** n**** yang saya rasa sangat tidak manusiawi sekali karena hanya berdasarkan jumlah account bukan berdasar volume seperti di bank lain. Apakah pihak manejemen c*** n**** nggak sadar kalo cari 1 customer yang mau aja itu sulit sekali. Untuk kanvas & ketemu customer aja sudah butuh biaya besar , belum tentu bisa disetujui. Disetujui aja belum tentu bisa menutupi biaya2 kanvas & ketemu customer jika scheme hanya mengandalkan jumlah account aja. Saya tidak memaksa kalian yang baca surat pembaca ini untuk apply kta c*** n**** , paling tidak membantu menekan manajemen c*** n**** agar memperhatikan jerih payah salesnya dalam mendapatkan customer. Saya memohon kepada dinas tenaga kerja & ojk agar menekan manajemen bank c*** n**** lebih memperhatikan kesejahteraan para salesnya dengan meninjau lagi scheme yang lebih mengutamakan jumlah account yang menurut saya sangat tidak manusiawi sekali karena tidak memperhatikan jerih payah sales dalam mendapatkan customer. Di bank saya approve 100 juta cuma dapat 2 juta, hanya gara2 kurang jumlah account. Sedangkan di bank lain approve 100 juta bisa dapat 5 - 6 juta meski cuma 1 account aja
Lebih sulit jadi sales kartu kredit atau sales kpr? Mhn infonya
bantu jawab : setahu saya lbh sulit KPR. selain kelasnya menengah keatas, saingannya juga berat. kartu kredit sebenarnya jg agak2 sulit. tapi kalo bisa ngasih " lebih " soal info, misal : dengan kartu kredit Anda bisa beli produk A buy 1 get 1 free, dsb.
Mas di marketing KPR mandiri itu susah nya giman? Saya perempuan . Apakah juga harus mobile atau telemarketing?
@willy : susahnya di persaingan. loh ya jelas donk harus mobile kalo gitu susah dapet nasabah.
Minta solusinya dong.gw kerja fi salah satu bank syariah bagian FO. Sulit banhet trmbus target. Gmn soludinya

pengalaman ane sbg marketing juga ada, yaitu sales toyota.. tekanan berat, dlm 1 bulan harus jualan mobil minimal 2 dan cari org yg mau service mobil 6 org

tiap hari harus ada datalist 10 org yg berniat membeli mobil

alhasil ane 1 bulan aja disana
Terimakasih mas fajar buat pengalamannya..saya jd bsa mmpertmbangkan lgi pnggilan interview untuk posisi marketing knsumer kpr
Saya mau curhat jga nie mas..untk wktu dkat ini saya akan intrview di bank bri posisi matketing konsmer kpr..saya masih bngung diambil apa ga..krna mmpertimbangkan pertama saya sdah menikah dan pnya anak untk skrng saya msh bekerja di bank btpn sbgai juru bayar pensiunan cuma dsna saya bekerja hnya 10hri - 14 hri kerja tntunya mmpengaruhi ke gaji yg kcil..shngga tdak ckup untuk sehari2 klau untuk kluarga..
Saya bngung mau ditrima apa tidak twaran di bri ini sbgai mrketing..bingungya pertama saya blum pnglaman dibidang mrkting
Kedua saya tkut klau saya trima dan tidak mmenuhi target perbulannya saya akan di cut dan saya tdak bsa nfkahi istri dan ank sya.
Saya mnta pndapt mas fajar apakah trima atau tidak trima pnwaran dri bri dngan resiko kerja dgn target dan pngalaman yg kurang di marketing..saya tkut mngkin krna blm prnah bekerja atau mncoba..tp bngung ini jg bkan buat coba2..krna saya hrus resign dri kerjaan skrng dan nntinya jg saya tkut tidak trget..
Sblumnya jg saya mnta pnjelasan tntang markting knsumer sperti apa kerjanya..?
Dan apa kisi2 spaya kita bsa dpet nasabah dgn mudah dan bisa trget trus..?
Trimakasih sblumnya mas fajar buat pengalamannya..

terima saja mas. pertama, mas pintar2 bawa diri aja di BRI. karena di BRI rasa kekeluargaan-nya bagus apalagi di cabang kecil, KCP, unit, atau kantor kas. dan di BRI itu toleransinya lumayan tinggi buat markting yg susah dapet target. ini kesempatan bagus buat masnya. ambil aja mas jangan ragu. orang2 di BRI itu enak-enak, apalagi masnya mudah bergaul. bantuan dr mana aja pasti dapet. di BRI pinter ga menjamin karir membaik, tapi kalo pinter bergaul mudah naik. apalagi udah pinter + pinter bergaul, makin mantab (y)
Gaji di BRI skr udah lumayan cukuplah untuk kebutuhan anak-istri, jd betterlah drpd tempat kerja mas skr. saya sdh lupa bagaimana cara kerjanya. yg penting mas jangan sungkan minta di ajarin sama bos, marketing senior, dll. intinya : AMBIL PELUANG EMAS ini. selebihnya nanti mas juga tau (dan saya jamin ga bakal nyesel dibanding sama kerjaan mas yg skr).
Saya butuh dana 35-40jt ada yg bisa bantu KUR
0812 8957 9779 (wa)
0813 1812 9275 (tlp)
Saya butuh dana 35-40jt
Ada yg bs bantu KUR BRI?

Saya butuh dana 35-40jt..
Ada yg bs bantu KUR BRI??
0812 8957 9779 (wa)
0813 1812 9275 (tlp)
Mas FAJAR bisa bantu??
Gan minta tolong kirimi format surat yg ente kirim ke dokter2 itu dong gan btw ane baru ketrima jd marketing kpr mandiri, kirim ke gandhisuryo@gmail.com, trims gan semoga sukses
wah udah ga ada gan. lama banget itu. dulu di flashdisk & udah lama ilang.
agan tinggal dmn? jngn lupa sertakan alamatnya. banyak yg mampir di artikel ini. kalo kebetulan ada marketing yg cari nasabah, dan dekat dg lokasi agan nanti pasti di hubungi. maaf saya sdh tdk di Bank.
Dijakarta(Depok) mas Fajar...
Mudah2an ada yg bisa bantu... itu ada no tlp sy.

Selamat siang saya tgl 6 feb 2019 ini masuk sebagai FO di bank BR* masih PKWT, untuk FO ini saya sebagai tenaga pemasar di lapangan dibidang dana. nah ini maksudnya bagaimana ya ? tips dan tricknya juga ya agar bisa mencapai target setiap bulannya.
Assalamualaikum blog nya sangat bagus mas fajar, mas fajar aku mau tanya untuk perhitungan denda penalty bank bri gimna ya, gaji pokok apa total gaji sebulan di kali sisa kontrak ya? Mohon informasinya
udh di bales di artikel lain ya.
udh lama ane bales komentar ente di artikel lain ya.
Saya keterima di bank bpd jateng sebagai sales officer mikro,katanya pas wawancara kmaren kontrak2 tahun ijazah ditahan dan ada pinalty, yang saya mau tanyakan apakah jika saya tak sampe target bisa dicut ditengah jalan didalam kontrak 2 tahun itu dan gimana soal pinaltynya? Mohon pencerahan agan agan saya fresh graduate
kalo itu beda kasus. namanya ga mencapai target ya di pecat (kemauan perusahaan). dan ijazah pasti di kembalikan tanpa harus nunggu masa kontrak. lbh baik mas baca baik2 isi kontraknya & tanyakan langsung kepihak terkait untuk memperjelas.
mmas mau tanya, kalo jadi marketing untuk KPR di CIMB apakah nasabah sdh familiar dgn CIMB?
Mlm mas fajar, saya sdh kuliah akhir tinggal nuggu wisuda aja, dosen saya ada rekomendasikan kerjaan di bank muamalat sebagai marketing funding. Awalnya seneng tpi bas baca2 comentar dari tmn2 sebelum saya.. Saya jadi ragu. Butuh pencerahan ni mas fajar 😅😅 saya ambil gk ya .
bekerja sesuai hobi/minat/passion.
Mantapp bro tulisannya,,
Punten mas fajar, apakah ini blognya masih aktif. Meskipun udh lama keluar dari bank, apakah masih bisa menjawab. Jadi ingin bertanya utk tugas kuliah, mas hambatan apa saja yg dilalui ketika menjadi AO ya, dan bagaimana mengatasinya. Terima kasih, semoga dpt membantu
udah ga ngepost disini. di blog ini cuma bales2in komen aja (kalo sempet) hehe. hambatan AO umumnya ya dpetin nasabah. saingan banyak! solusi : banyakin network & deketin senior AO (minta ilmunya).
Saya di blog ini sudah hampir tidak aktif, skr aktif di Diskusi Marketing. silahkan gabung. pasti saya jawab semampunya.
Mas fajar minta saranya dong, aku ni lulusan sma belum dapat pengalaman kerja terus dapat tawaran jdi marketing tabungan Padahal gak tau kerjanya kaya apa
Halo mas fajar, mas saya lagi riset tentang KTA ni mas, apakah kita bisa ngobrol dan tanya" mas
Kok sama ya kak, saya juga melamar di bank bagian cs tapi malah ditawarin marketing di bank swasta dan saya lolos kak. Saya masih bimbang skrg mau ambil atau tidak 😭, tapi butuh kerjaan dimasa pandemi gini
Saat ini saya juga bekerja sebagai marketing di bank mandiri dan ingin mengajukan resaign. Kalau saya pribadi saya begitu mencintai pekerjaan ini . Tapi krn lingkungan mulai tdk nyaman jd saya memutuskan untuk berhenti. Kali aja ada bendera lain dibank BUMn saya coba klo ada info lowongan. 08964984100
Boleh saya tahu template blog ini, bisa berbagi atau jika dimahar saya ingin memaharnya. Clean banget gan enak diliat.
saya jg skrng jadi AO di BPR Kusuma Sumbing Semarang, gara2 tulisannya masnya, yang bikin gas aja kalo fresh graduate mah apa aja coba dijalanin,
warga Semarang yg baca blog ini kalo butuh dana juga bisa hubungi aku yak 08995262708
Diskusi Marketing Bank dan seputar karir
Terlama Lebih lama 201 – 279 dari 279
Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank

Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank

Berbagi pengalaman ketika menjabat marketing bank untuk memasarkan kredit dan solusinya.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion