Dotycat.come Pertama Kali Kenal Internet dan Binis Online
Pertama Kali Kenal Internet dan Binis Online
Pertama Kali Kenal Internet dan Binis Online

Pertama Kali Kenal Internet dan Binis Online

- +
Lebaran telah usai, dan bulan udah memasuki akhir Juli 2015. halo.. apa kabar semua?, gimana kemarin lebarannya?, seru ngga?.. minal aidin walfaizin ya bro/sis. Tahun ini Gue ngga mudik soalnya sebulan yang lalu udah mudik, lagi pula Ayah - Ibu mau kesini (Jakarta) kok :p
Lebaran tahun ini apa kabar?, ditanya soal jodoh ngga sama orang tua, saudara, kerabat, teman, dan para tetangga di kampung?.. pusing ngga yang ditanya itu mulu hahaha. makanya Gue juga sebenarnya males banget dan pasti kayak lebaran tahun-tahun kemarin ditanya pacar kamu mana?, kapan kamu nikah? -__-
Habis lebaran tahun ini sebenarnya Gue juga ada rencana ke Australia ikut teman disana. kebetulan dia lanjut kuliah S2 juga punya Bisnis. tapi setelah menimbang banyak hal, kayaknya ngga jadi. disamping itu Gue makin jauh aja sama orang tua yang sekarang mereka udah berumur 60tahun keatas.

Well, kali ini Gue mau bahas soal kapan Gue kenal Internet dan kapan mulai serius berbisnis di internet. Sebelum dibahas lebih jauh, Gue ada satu pertanyaan buat kalian.. " Setuju ngga kalo Freelancer punya masa depan yang cerah? ".. jawab aja sesuai pengetahuanmu dan kebetulan pernah Gue ulas panjang lebar juga disini. Awal kenal internet ceritanya konyol banget dimana saat itu bener-bener NOL soal internet. Saat itu Gue masih inget banget diajak temen ke warnet cari lokasi suatu tempat dimana setiap kamu ketik di mesin pencari " Google " tersedia jutaan jawaban. kejadian ini sekitar awal tahun 2008 (sebelum kuliah), dan warnet pertama kali yang kita kunjungi adalah Warnet di Cipulir - Jakarta Selatan. apa aja yang kita cari?.. yuk simak bray :D

Cari Tempat Clubing / Diskotik

Hayo loh ketahuan deh Gue?, hahahaha. yah 2008 adalah dimana Gue lulus SMK dari kampung yang memang notabene pergaulan Gue anak-anak kota juga, cuman semasa SMK belum pernah masuk yang namanya CLUB/Diskotik. 
Dan kejadian ini atas kemauan temen Gue yang serba penasaran sama club-club di jakarta. Nah begitu masuk warnet, halaman pertama yang kita buka adalah Google. mencari diskotik yang asik, dan kebetulan pas malam minggu cuy..

Akhirnya kita nemu beberapa diskotik dan kita putuskan memilih salah satu diskotik. berangkat habis isya' dan kaki menginjak pertama kalinya di club (lupa nama clubnya) pokoknya disekitar Jl. Falatehan area Blok M. kalo kalian pernah kesana kanan-kiri sepanjang jalan pasti melihat diskotik. masuk diskotik bener-bener cupu. cuma pesen kacang asin dan bir bintang (0% alkohol) itu juga Gue terpaksa minum biar dikata nggak malu-maluin. kacang asin seporsi tatakan cangkir aja Rp. 25,000. kampret banget.. gimana engga, waktu itu Gue masih berumur 18tahun (sweet seven ten lah, cihuyy :p). Ya harga Rp. 25,000 mahal banget lah.

Gue ngga ngapa-ngapain disini, dan emang ngga ngerti musti ngapain. so, Gue hanya duduk dikursi sambil lihat temen lagi asik diatas panggung sama para penari perut. dan akhirnya jam 3 kita putusin pulang, sampe kosan (waktu itu ngekos disekitar pondok indah) mau pulang ke kosan lupa ga bawa kunci gerbang, dan akhirnya kita pulang kerumah temen (tinggal di pondok indah juga), lagi-lagi pintu rumahnya dikunci, dan dodolnya dia juga lupa ga bawa kunci. yaudah kan kita tiduran dihalte bus sampe jam 5.30 WIB.

Ketagihan Yahoo Messenger!

Yah email pertama kali yang popular saat itu adalah Yahoo ditambah ada fasilitas ngeROOM (chating). Email ini yang bikin temen Gue bray, sampe sekarang masih Gue pake. Ini nih yang bikin Gue betah berlama-lama di Internet. chating di room diberbagai regional ngecengin Cewek-Cewek. hahaha dan uniknya Gue pernah sampe jadian sama Cewek gegara sering Gue ledekin di room. lupa waktu itu di regional apa gitu, yang jelas masih sekitaran Jakarta. yah Gue udah mikir disini kalo suatu saat mau ketemuan ngga sulit. hampir tiap hari Gue ke warnet cuma buat chating doank bro.. sumpah seru banget saat itu. sekarang mau nostalgia udah ngga bisa, yahoo udah matiin fitur chatroom. sekarang cuma bisa chat secara Personal Message aja. yah ngga ada bedanya sama WhatsApp & BBM. minggu-minggu berikutnya Gue mulai bosen dan mencoba mencari informasi lain apa saja kehebatan Internet..?

Apa Kabar Friendster?

Siapa yang ngga kenal Friendster?, wah kalo belum kenal FS (panggilan Friendster) berarti belum tau internet kamu bray. siapa sangka jejaring raksasa ini bakal tumbang sama Facebook?. anyway, pernah Gue bahas beberapa kekurangan Facebook dibawah Friendster. yah disanalah Gue belajar banyak soal blogging, chating, dan jejaring. bikin design beranda FS sampe banyak sarang laba-laba udah ngga akan terlihat lagi soalnya FS udah berubah jadi wadah game online. pernah juga dapet pacar dari jejaring ini, dan sampe sekarang Gue masih inget. pokoknya anak slipi - jakbar. hehehe

Mulai Bikin Blog (2009)

Agustus 2009 adalah perjalanan Gue mengenal apa itu Blog?, bahkan sampe beli buku-buku ilmu seputar Blog di Blogger/Blogpsot. kala itu penulis terkenal seputar ilmu Blogger adalah Ridwan Sandjaya setiap bulan habis gajian Gue selalu beli bukunya di Gramedia Mall Citraland - Jakarta Barat. Mall ini satu-satunya Mall favorit Gue kala itu meski udah keliling Mall mana aja di Jakarta. Yah gue ke Mall lebih suka ke Gramedia dari pada tempat-tempat yang lain. Jujur, sebelum kenal Blog Gue tipe orang yang ANTI MEMBACA!. begitu nemu wadah yang kiranya menarik perhatian Gue, mau ga mau Gue harus bisa baca soalnya Gue pengen bisa bikin blog, dan bisa nulis juga. 

  • Selama satu bulan Gue bikin 15 blog pake Blogspot (saking semangatnya) tapi isi artikel kopas semua wkwkwk dan ngga nyantumin link sumbernya. pada bulan yang sama akhirnya Blog-Blog Gue tumbang semua (ngga keurus). 
  • September 2009 mulai mengenal engine baru yaitu wordpress.com. Inilah tempat dimana Gue belajar nulis dan sampai sekarang Blognya masih ada (terakhir update februari 2013). apa nama Blognya?. fjr1.wordpress.com Inspirasi nama ini muncul karena Gue pengen bisa nulis. fjr1 artinya : Fajar is Number 1 wkwkwk ngga nyambung banget. September 2009 bikin, mulai bisa nulis sekitar pertengahan April 2010. dan kalo Gue lihat bahasanya kacau banget hahaha.. kalian bisa baca artikel-artikel disana dari A-Z. bisa dibedain kualitasnya :D
  • Sela-sela belajar bikin Blog wordpress.com dan blogger.com akhirnya Gue pasang link refferal kumpulblogger.com dan AdsenseCamp. ini adalah bisnis PPC versi indonesia. dan apa jadinya?, Gue cuma dapet Rp. 1,500 itu juga belom bisa Pay Out.
  • Awal tahun 2010 Gue mulai mengenal SEO, Web Design, dan aneka macam bisnis online. dan pernah Gue tulis juga di sini. jaman masih kerja di perusahan IT konsultan sebagai Web Designer & SEO specialist. waktu itu blog AGC masih berkeliaran dan algoritma Google masih bisa diakali dengan GAMPANG. kalo sekarang mah sulit. begitu ketahuan macem-macem udah pasti didepak dari peredaran. pernah Gue ulas juga seputar SEO Blackhat & WhiteHat ditahun 2011, bisa di baca disana.
  • Tahun 2010 Gue udah mulai dapet klien dan klien Gue ini udah punya PT. jadi bikin webnya seputar bisnis yang dijalaninya. yah dari sinilah pelan-pelan mengenal gimana bisnis online, gimana freelancer, dll.
  • Tahun 2011 Gue masih suka blogging, tapi cuma sekedar belajar koding & design aja. itu juga setengah-setengah (ngga serius). karena Gue keenakan kerja, dan tiap pulang kerja udah capek kan?.. dan ditahun ini juga mulai mengenal Adsense tapi saat itu hanya mendaftar (belum sampe ditempel di blog).
  • Ke'enakan kerja kantoran membuat Gue terlena, dan merasa puas dikursi ini. sebenarnya ini sangat berbahaya gan kalo udah ke'enakan. Dan Pada akhirnya setelah menimbang banyak hal sampe Desember 2013 Gue Out of the Box  (resign) serius berbisnis (online-offline). sayangnya bisnis offline yang Gue jalani punya kendala, dan sampe sekarang masih di bisnis online aja.
disela-sela kesibukan Gue ngeblog, dari sinilah mulai mengenal Youtube, Kaskus, dan web-web lainnya. karena memang ditahun-tahun ini internet mulai berkembang di tanah air.

Serius di Bisnis Online (September 2014 s/d Sekarang)

Tepat september 2014 Gue mulai serius bisnis online. bedanya waktu desember 2013 adalah karena Gue masih sibuk sana-sini juga soal Bisnis Offline (distro). begitu Gue mengalami masalah, akhirnya Gue putuskan serius disini saja. sampai saat ini Klien Gue udah mencapai hampir 30 terdiri dari personal, organisasi, bahkan sampai PT.
Sekarang Gue lagi menekuni Online Shop, Affiliate Marketing, dan seputar Jasa. ada satu project besar soal course tapi membutuhkan waktu lumayan lama. jadi masih Gue draft sementara, dan sementara ini juga masih fokus pengerjaan project-project klien. dibidang ini Gue menemukan banyak hal, dan pelajaran sangat berarti. naik-turun, turun jatuh, dan jatuh ketimpa tangga, yah Gue pernah merasakannya sejak resign dari BUMN.

Sebenarnya bisnis online itu mudah.. tinggal FOKUS & KONSISTEN aja. beda lah sama bisnis offline (dagang baju misalnya). karena bisnis online minim banget biayanya. bahkan Gue aja cuma modal laptop doank.. internet ambil dari fasilitas kos-kosan. tapi ngga jarang juga Gue beli beberapa software untuk mendukung pekerjaan Gue sekarang. udah ngga jamannya lagi pake tools, theme nulled. sekarang saatnya serius, dan kalo mau serius harus ADA MODAL yang dikelurkan. segala macam bisnis butuh investasi kalo mau sukses, dan Gue udah investasi ke tools, themes, dan buku (untuk self development). perjalanan ini masih panjang, dan tetap Gue yakini akan membawa perubahan besar positif dalam hidup :)
Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Pertama Kali Kenal Internet dan Binis Online

Pertama Kali Kenal Internet dan Binis Online

Perjalanan mengenal internet dan bisnis online.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion