Dotycat.come Masalah dalam Bisnis dan Cara Menyelesaikannya
Masalah dalam Bisnis dan Cara Menyelesaikannya
Masalah dalam Bisnis dan Cara Menyelesaikannya

Masalah dalam Bisnis dan Cara Menyelesaikannya

- +
Memasuki akhir bulan juni 2015, sekali lagi Gue mau ngucapin " Selaamat Menunaikan Ibadah Puasa ". bulan penuh keberkahan ini jangan di sia-siakan ya Guys. Bulan dimana pahala dilipat gandakan, pintu-pintu surga terbuka lebar, pintu-pintu neraka ditutup, setan-setan dibelenggu, bulan dimana Al-Quran di turunkan, dan sebagai tanda Rahmat yang besar dari Allah SWT.
Kali ini Gue mau ngomongin soal perkembangan bisnis yang Gue jalanin kemarin dan saat ini. setelah beberapa bulan mengalami titik jenuh, down, dan masalah yang lumayan kompleks membuat harapan target bisnis kemarin berantakan dan bahkan Gue mengalami kerugian belasan juta rupiah (salah invest, dan paypal dibobol hacker)
Dan alhamdulillah beberapa minggu ini mulai membaik, di tambah memasuki bulan penuh berkah ini membuat Gue semakin membaik. mulai dari sisi materi, sampai sisi batin. entahlah Gue merasa lebih tenang sekarang. ada sisi positifnya juga kenapa Gue harus fokus di bisnis sementara dan mengesampingkan, katakanlah Pacaran. uhuk :P
Yah meskipun belum meningkat banyak se'enggaknya udah ada perubahan positif secara perlahan. kalo kata orang jawa " alon-alon seng penting kelakon ". Gue meyakini perubahan ini tak lepas dari doa kedua orang tua, saudara, dan teman-teman baik yang selalu mensupport.
Ada beberapa hal yang musti kamu perhatikan dalam berbisnis :

Koreksi Diri dan Perbaiki Diri

Ini penting banget guys, dimana masalah terbesar seseorang adalah tak lain dari akibat kesalahannya sendiri. bahkan dalam Al-Quran pun sudah sangat jelas tiap-tiap Manusia hidupnya bergantung dengan perbuatannya. itu artinya, berbuat baik pada orang lain sama halnya berbuat baik pada diri sendiri, berbuat buruk sama yang lain sama halnya berbuat keburukan pula untuk dirinya sendiri. dalam buku karangan Napoleon Hill yang berjudul " New Think & Grow Rich " menyinggung soal keterkaitan ego seseorang dalam menggapai apa yang diharapkannya bahwa musuh terbesar kita adalah DIRI SENDIRI. ya kitalah yang membuat masalah itu, kita sendiri lah yang menghambat kesuksesan itu dan bukan orang lain. coba deh ingat-ingat kesalahan apa yang membuat kita punya masalah. kalo kata Mas Ippho Santosa beberapa hal yang bisa menghambat kesuksesan/rezeki adalah ada rasa iri, dengki, dendam, sama orang lain. disamping itu maksiat juga jalan terus. contoh : pacaran itu sebenarnya salah satu jalan menuju kehancuran bila tak bisa menahan pandangan satu sama lain. udah deh gamblang aja ya.. pacaran pasti ngga lepas dari yang namanya ciuman, pelukan, apa lagi yang lebih extreme dari itu?. itu udah pasti masalah terbesar. makanya Islam menganjurkan Ta'aruf, karena ini lebih baik. Bila nafsu tak terbendung baiknya Puasa karena dengan Puasa hawa nafsu akan melemah juga menjernihkan hati dan pikiran dengan asumsi PUNYA NIAT YANG KUAT dan BERSUNGGUH-SUNGGUH MENJALANKANNYA. so, apa aja yang perlu di perbaiki :
  • Perbaiki hubungan dengan Tuhan YME. kewajiban-kewajiban kita sebagai muslim jangan dilewatkan. pernah Gue singgung juga di artikel sebelumnya soal hubungan bisnis dan ibadah.
  • Perbaiki diri : tobat, dan ingat dosa apa aja yang pernah kita lakuin. berhenti menyalahkan keadaan/orang lain. sekarang saatnya perhatikan diri sendiri apa yang salah. tanamkan pikiran dan prasangka positif dalam hal apapun. jangan dikit-dikit ah nanti begini, nanti begitu, dia mah gitu, udah lakuin aja selama itu ngga merugikan diri kita/orang lain.
  • Perbaiki hubungan dengan Orang Tua. ini juga penting banget karena dibalik kesuksesan seseorang ada peran doa orang tua yang selalu ia panjatkan untuk anak-anaknya.
  • Perbaiki hubungan dengan Saudara. secara sadar atau enggak sadar, cobalah tanyakan pada diri sendiri atau sama mereka, kira-kira punya masalah apa enggak?, kalo ada cepet minta maaf.
  • Perbaiki hubungan dengan orang lain (teman, klien, dsb). ini juga penting bro.. kalo misalnya ada masalah sama mereka dan mereka punya dendam, wah ini gawat cepet-cepet di perbaiki deh. jangan salah ini juga termasuk krikil/penghambat kesuksesan loh.

Mental adalah Modal Utama

Pernah kan mendengar kloper koran jadi jutawan?, orang tamatan SD sukses berwirausaha?. yah itulah faktanya bahwa pintar dalam pendidikan tak menjamin sukses secara financial. yang terpenting adalah GOOD MENTALITY. artinya : tahan banting, ngga cemen (anti-ngeluh), pantang menyerah, cepet survive. dan sekarang kita yang lebih tau soal ini, menurut Gue dua-duanya penting " Pintar Pendidikan dan Pintar Berwirausaha Hingga Sukses Dunia-Akhirat ". caranya gimana : lakuin saja yang kita tahu, yang kita bisa, selama itu halal terlebih usaha yang kita jalani bermanfaat buat orang lain sudah pasti sukses itu lebih mudah kita dapat. Gue disini ngga cuma ngomongin sukses duniawi doang ya, tapi Gue juga berharap sukses di akhirat.. toh hidup di dunia ini cuma sebentar, harta yang kita miliki ngga dibawa mati dan tempat mencari bekal untuk kehidupan di akhirat nanti. bekalnya apa?, ya amal saleh & kebaikan selama hidup di dunia.

Perhatikan Kompetitor Sekitar

Dalam dunia bisnis tentu tak lepas dari yang namanya kompetitor/pesaing. sekarang bisnis apa yang ngga ada saingan?, jual diri (PSK) aja udah terlalu mainstream bro. dengan adanya teknologi yang memudahkan kita, cobalah manfaatkan dengan baik. apalagi bisnisnya udah terjun di bisnis online, entah hanya untuk promosi atau benar-benar menjalankan bisnis serba online. gunakan Google Adwords Keyword Planner (untuk yang bersaing di Google Search), gunakan Facebook Insight untuk bersaing bisnis di Facebook, gunakan Twitter Analytics untuk bersaing di Twitter. yah tool-tool tersebut membantu menemukan ide tipe bisnis apa saja yang mendominasi di Internet & Social Media karena saat ini peran internet sangat penting. jadi, sebagian besar orang sudah terjun didalamnya. inilah pasar virtual yang membantu memudahkan kita untuk memenuhi apa yang kita butuh.

Teruslah Berkarya dan Berinovasi

Ada yang pernah baca bukunya Austin Kleon yang berjudul Steal Like an Artist dan Show Your Work?. kedua buku ini best seller di New York dan yang paling enak bacaannya ringan. Buku ini membantu meningkatkan daya kreatifitas, membahas soal mencuri kreatifitas dari orang lain. kenapa demikian?, karena si penulis sadar bahwa hasil karya apa saja di bumi ini adalah hasil contekan kemudian dikembangkan berdasarkan kemampuan masing-masing. dalam hal ini tentu berbeda jauh ketika kita bekerja sebagai karyawan dibanding berwirausaha. mau berkarya atau tidak, berinovasi atau tidak.. sudah pasti digaji setiap bulan. Bisnis ngga bisa seperti ini Guys, harus pandai-pandai berinovasi.. kalo engga, udah pasti ketinggalan sama yang lain.

Bangun Jaringan Lebih Luas

Ya saat ini network perannya juga sangat penting. tanpa network bisnis kita tidak akan berkembang, bahkan mungkin bisa redup. untuk membangun network saat ini tidaklah terlalu sulit dibanding jaman dulu sebelum internet booming seperti saat ini. Hidup ber-sosial dengan orang-orang sekitar, dan bersocial media karena ini peran penting membangun untuk memperluas jaringan bisnis kita. jadi, jangan cuma dijadiin ajang having fun doang. toh space socmed ada sendiri kok. contoh : Path, khusus social media ini Gue batasin dan memang Gue khususkan hanya untuk saudara, family, kerabat, teman-teman dekat, dan sebagian orang yang Gue kenal aja. selain socmed itu Gue bebasin, contoh : twitter, facebook, instagram, google+, linkedin, dsb. jadi siapa aja bisa bergabung/terkoneksi dengan Gue.

Yang kita capai dalam hal ini bukan hanya sukses kehidupan di dunia, tapi juga di akhirat. inilah yang selalu muter-muter di otak Gue. karena Gue sadar, ada kehidupan kekal setelah kematian. yaitu kehidupan di Akhirat. akhir kata : Assalamualaikum wrwb.. Selamat Berpuasa :)
Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Masalah dalam Bisnis dan Cara Menyelesaikannya

Masalah dalam Bisnis dan Cara Menyelesaikannya

Masalah-masalah dalam bisnis dan cara menyelesaikannya dengan baik untuk mencapai kesuksesan dunia-akhirat.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion