Dotycat.come Dilema SEO Specialist
Dilema SEO Specialist
Dilema SEO Specialist

Dilema SEO Specialist

- +

Apa kabar SEO hari ini? dunia yang sudah saya tinggal kini datang kembali di bulan April 2021. ya, saya sekarang mengerjakan & fokus di SEO. ilmu yang serba dinamis, tidak pasti, mengikuti algoritma Google Search Engine yang bisa berubah kapanpun. 

Mari flashback ke 2011...

Dimana tahun ini adalah awal mula saya mengenal SEO. yang awalnya hanya bisa membuat keyword berdasarkan tren di Google Trends. berjalan beberapa tahun saya baru mengenal dan bisa menganalisa backlink dan keyword menggunakan tools SEO pilihan seperti: ahrefs, semrush, google keyword planner, ubersuggest, longtail pro, majestic SEO, dll. 

dilema SEO Specialist

Puncak keberhasilan saya di dunia SEO adalah mampu mendatangkan sales Rp. 3 Milyar kurang dari 6 bulan di tahun 2014 dengan berjualan T-shirt custom design. dan di 2016 saya benar-benar pensiun dari SEO. jadi sepanjang 2016 sampai 2021 fokus utama saya adalah web programing & web design.  

Come Back.

Namun kini saya benar-benar come back di SEO. apakah pengalaman saya yang telah berlalu bisa terulang kembali? atau ada hal-hal lain yang saya tidak tahu seputar perkembangan SEO? seolah-olah saya harus mereset ulang dan membuat strategi baru. 

Pada dasarnya ilmu SEO itu sama saja. dari dulu sampai sekarang masih sama. mulai dari teknikal audit, keyword research, sampai analisa backlink. mungkin bedanya analisanya sekarang melebar atau lebih luas. 

belum lagi algoritma google di ruang lingkup SEO itu ada: Google Panda, Google Penguin, Google Hummingbird, Google Piggeon, dan masih banyak lagi nama-nama algoritma Google SE. algoritma-algoritma tersebut memiliki peran masing-masing menilai suatu website. 

Sebenarnya jangan terlalu dibikin pusing terkait algoritma. kuncinya itu: speed & content. fokus di 2 hal ini saja lama-lama Google Search Engine akan mengikuti. dua hal tersebut berdampak pada user experience. web speed mencukupi & isi konten berkualitas sudah bisa membuat bersahabat robot Google. hal-hal lainnya bisa menyusul & jangan terlalu di bikin pusing. enjoy!

Suka Duka SEO Specialist

Suka dukanya pasti ada. kalau ngomong sukanya, ya ngga jauh-jauh dari " oh gue berhasil naikin ke page one nih, CTR naik! "

... Kalau mau lebih gila lagi coba targetin ke leads atau konversi juga. jadi ngga cuma bisa mendatangkan banyak traffic, tapi juga mampu mendatangkan leads. ini challenges banget.. analisanya jauh lebih dalem lagi

Kalau bahas soal duka, jauh lebih banyak ketimbang suka-nya... 

  • Jangan kebanyakan backlink, jangan lupa di filter, jangan asal dapet backlink nanti masuk Google Sandbox.
  • Jangan berlebihan optimasi keywords, kalau density nya lebih dari 5% masuknya keywords stuffing. masuklah spam.
  • Nyari backlink gratisan juga begitu, kita udah capek-capek melisting backlink eh tiba-tiba admin pemilik website mendelete backlink kita. itu masih mending, kalau akun di block lebih parah lagi.
  • Udahlah pakai PBN saja, atau guest post dah. beres!
  • Belum lagi bersaing sama kompetitor.
  • Jadi tantangan SEO Specialist itu ada: kompetitor, robot Google, dan tahan nafsu hehe.

Semangat buat pemain SEO Specialist di era baru. ilmu yang serba ngga pasti, algoritma selalu berubah kapanpun. 

Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Dilema SEO Specialist

Dilema SEO Specialist

DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion