Dotycat.come Hampir Mau Nikah!
Hampir Mau Nikah!
Hampir Mau Nikah!

Hampir Mau Nikah!

- 6
Bahas soal jodoh kadang ngerasa galau-galau gimana gitu ya bro..?, ngga berasa kalo Gue sekarang udah menginjak umur 27th. dimana diusia ini dulu pernah berikrar (gue maunya nikah umur 27-28), tapi sampai sekarang pun jodoh itu belum terlihat men. Gue pikir wanita yang kemarin sempet mengisi ruang hati itu jodoh Gue, dan ternyata hanya numpang beberapa bulan doank. mungkin Tuhan udah ngga mengizinkan Gue pacaran lagi, toh emang rawan maksiat. dan ngga berasa juga hampir setahun jomblo lagi. yah,, jomblo men. predikat yang memang ngga pernah asing di kehidupan Gue. kebiasaan jomblo biasanya cuma bisa mengenang masa-masa indah bareng mantan.

Gue kok jadi inget beberapa tahun silam, tepatnya pertengahan tahun 2009 pernah diminta seorang supervisor sebuah perusahaan swasta di jakarta sebagai menantunya. tahun 2009 itu artinya Gue masih berumur 20th dan memang belum kepikiran soal nikah.

1# Dia itu Sisyi, Anak Supervisor

Awal mula ceritanya, karena Gue sering mampir ke perusahaan ini urusan (bisnis to bisnis) jadi Gue lumayan kenal sama supervisornya, begitu juga sebalinya (saling mengenal). Profesi gue sebagai kurir bank, jadi sering mengantar surat kesini dan ketemunya supervisor ini. ada waktu senggang kita saling mengobrol, berjalan beberapa bulan makin akrab saja udah kayak temen. hari berikutnya Gue iseng lihat-lihat album foto di meja supervisor perusahaan ini, terus Gue spontan ...

" Pak, yang cakep rambut pirang ini siapa?, ". Pak supervisor menjawab : " itu anak bungsu saya. kamu mau aku kenalin ".. (Gue kaget men). Gue bilang balik, iya pak boleh siapa tahu jodoh (wkwk sambil ngakak), Pak SPV ini senyum aja liat Gue ngakak.

Dan ternyata bener, besoknya anaknya dateng kekantor dan kebetulan Gue juga mau kesana anter surat. yang Gue tahu, waktu itu anaknya masih kuliah semester 3 di Universitas Budiluhur - Jakarta.

Gue bener-bener kaget men, cantiknya bukan main. bahkan terlihat lebih cantik dari pada di foto. sampe grogi ga bisa ngomong apa-apa Gue. lalu si Pak supervisor ini bilang ke Gue, jar ini loh anak saya yang kamu tanyain kemarin. namanya Sisyi..

ilustrasi
Gue beranikan diri untuk bersalaman (sambil gugup), dan ternyata anaknya sopan & ramah. temen-temen dikantor ngledekin Gue " udah jar jadiin, bapaknya udah ngijinin lagi! ". ketawa-ketawa aja di kantor. emang seru banget disini. mereka semua humble, dan friendly sama Gue.
Akhirnya kita ngobrol kecil-kecilan disitu (ngga lama, cuma 15menitan) lagi asik-asiknya ngobrol, eh bapaknya nyeletuk " gimana jar, cocok gak jadi jodoh kamu? ". dalem hati (buset, ditanggepi beneran.. padahal gue cuma bercanda). Gue cuma bisa senyum doank..

Gue dulu tuh orangnya kadang suka slenge'an (mungkin sampe sekarang juga wk wk). Gue bener-bener bingung sama omongan Pak supervisor. dia itu bercanda apa serius?, kalo serius, Guenya yang ngga serius (bercanda). setelah si Sisyi berangkat ke kampus (keluar dari kantor), bapaknya bilang lagi ke Gue " sabtu besok, kamu dateng kerumah saya ya.. kita makan-makan, ngobrol-ngobrol dirumah. ini rumah saya di pejaten - jakarta selatan (sambil ngasih kartu nama) ". dengan spontan-nya gue bilang " Pak, ini serius?, saya cuma seorang kurir pak. lalu Pak supervisor itu bilang ...

" terus kenapa kalau kamu kurir?, makan nasi juga kan?, sama kayak Sisyi, saya juga ".

Gue bener-bener bingung sama semua ini. omongan spontan Gue sebelumnya ditanggepi serius. dan bener, Gue mau dijodohin sama anaknya yang bernama Sisyi. singkat cerita kenapa Gue ngga menanggapi serius tentang hal ini. ada 2 alasan : pertama, mereka non-muslim, dan yang kedua Gue cuma bercanda dan emang belum siap lahir-batin untuk menikah.

Sisyi menikah!

Berjalan kira-kira dua tahun kedepan (setelah perkenalan Gue dengannya) Sisyi nikah sama anak buah Ayahnya. yah, mereka menikah dijodohkan Ayahnya!. Gue diundang tapi ngga dateng. teringat dulu kegiatan Gue nganter surat ke perusahaan ini udah mulai jarang, karena memang kerja sama bisnis masa kontraknya hampir habis. jadi Gue sama Pak supervisor tadi udah ngga pernah ketemu lagi.

2# Semua Keluarganya Setuju

Episode berikutnya, Gue pernah pacaran sama seorang wanita dari bandung (sundanese). cerita ini bermula dari urusan bisnis Ayah si cewek ini. waktu itu Gue lagi anter temen di sebuah hotel berbintang slipi - jakarta barat. temen Gue ini ada acara seminar bisnis, pulangnya malem jam 21.00 WIB. nah di waktu pulang inilah yang kebetulan Gue nunggu temen keluar dari hotel, ada seorang wanita duduk di dekat taman. Gue perhatiin aja, lama-lama dia juga nengok ke Gue.

Gue mencoba memberanikan diri untuk berkenalan, ternyata si cewek ini pemalu. Gue mencoba berbagai cara biar bisa kenalan & ngobrol. obrolan ini jadi kaku, nanya dijawab, nanya dijawab, udah begitu aja sampai Ayahnya keluar dari hotel (ikut seminar, sama kayak temen Gue). jadi yang nanya Gue mulu, dia jawab seperlunya -__-

Akhirnya ni cewek digandeng Ayahnya untuk segera pulang ke bandung (malem itu juga). tiba-tiba temen Ayahnya nyamperin, dan terjadilah obrolan keduanya yang mana ini adalah kesempatan terakhir Gue untuk bisa kenalan sama cewek tadi. Gue nyari cara lain biar komunikasi berjalan lancar. akhirnya dapetlah sebuah ide kebetulan bawa tas ransel ada isi bolpen dan kertas" ngasih kertas sobekan isinya email facebook dan nomer hp ". Gue waktu itu pulang dari kuliah, jadi perlengkapan alat tulis lengkap!.

ilustrasi : kedua keponakanku
Isi sobekan kertas itu adalah " aku pengen kenal kamu, kalo berkenan bisa hubungi aku via email ini atau nomor hp ini ". dan alhamdulillah kertas itu diterima dia. ngga lama kemudian dia pulang ke bandung. Gue ngga berharap banyak, apa bisa ketemu dia lagi terlebih jadi sepasang kekasih :D

Dua hari kemudian telepon Gue berdering dapet panggilan nomor asing. dan ternyata itu adalah cewek yang di hotel bareng Ayahnya kemarin. dengan suaranya yang lembut, disela-sela obrolan kurang dari 5 menit dia bilang " Aku malu kak, sebenarnya juga pengen kenalan sama kakak ". akhirnya dari nomor telepon itulah Gue sering sms-an, telepon-teleponan, hingga berujung jadian. Ya!, Gue LDR (Bandung - Jakarta).

Berjalan beberapa bulan kemudian, Gue dateng kerumahnya. dikenalin sama Ayah - Ibunya, Kakek - Neneknya, dan beberapa kerabat dekatnya yang lain. singkat cerita, Gue menjalani hubungan sama doi selama hampir 2tahun (LDR). semua keluarganya welcome banget sama Gue. dengan semangatnya pacar bilang ke Gue " Aku seneng banget kamu dateng kerumahku, ketemu semua keluargaku ". 
Singkat cerita, setelah Gue pulang dari bandung (seharian jalan-jalan sama doi). pacar Gue bilang via telepon " kak, Ayah - Ibu suka sama kamu, Kakek - Nenek juga, dan saudara-saudara yang lain seneng kenalan sama kamu ". ya, Gue juga bisa melihat ekspresi mereka ketika Gue bertamu dan ngobrol bareng mereka. kayaknya excited banget. ini ceritanya lumayan panjang, jadi akan Gue bahas diartikel full tentang drama percintaan Gue dengannya.

bersambung

3# Dokter Cinta

Next di kesempatan berikutnya Gue juga hampir nikah sama seorang dokter. iya, dokter!. tahun 2012 adalah titik balik Gue dalam berkarir setelah mengalami kesulitan keuangan karena perusahaan yang Gue tempati sebelumnya bangkrut. di artikel sebelumnya Gue bahas karir di BRI. nah disini lah ada kaitannya titik balik masa depan Gue. karir cemerlang + dapet temen dokter (cewek). lagi-lagi yang membuat jalan itu orang tuanya (jodohin anaknya).

Jadi, Gue ngekos di jakarta timur karena kerjaan Gue emang daerah sini (rawamangun). dan ibu kos punya anak cewek seumuran Gue yang bakal lulus kedokteran di Universitas Trisakti. 
Tiap pulang kerja Gue selalu di suruh duduk ngobrol-ngobrol sama kedua orang tuanya. bisa sejam lebih ngobrol ngalor-ngidul. berjalan beberapa bulan, Ibu kos dan Bapak kos ngomong serius sama Gue. biasalah sepulang kerja dari kantor mereka sering nunggu Gue di kursi tamu sambil nonton tv. begitu mau masuk kamar, eh ada yang manggil..

" Mas Fajar, duduk sini deh.. bapak ibu mau ngobrol, (kata bu kos) ". 

Yah mau ngga mau Gue harus duduk nyamperin mereka. nah disinilah obrolan serius dimulai. Ibu kos dan Bapak kos nanya-nanya tentang kedua orang tuaku, kakak-kakak ku, dan semua tentang keluargaku. dari sini feeling Gue mulai ngga enak. soalnya Gue ngga ada rencana kesana. tahun 2012 berarti umur Gue udah 23tahun (tapi belum ada planing nikah). setelah obrolan kami selesai, yaudah Gue tidur aja (capek), udah ngga mau pusing mikirin soal ini.

Hari berikutnya, akhirnya Gue ketemu anaknya (karena kuliahnya ngekos, jadi jarang pulang). ya gitu kan cuma saling sapa aja. karena kebetulan lagi libur panjang, jadi di hari-hari berikutnya Gue sama Dia jadi temenan. malah sering ngobrol di balkon lantai 2 di rumahnya (iyalah gue ngekos disini wk wk). entah Gue kok merasa nyambung sama dia, ngga ada yang diumpetin. ngobrol apa adanya.. ngalir gitu aja. bahkan saat Gue sakit, dia sempet ngerawat Gue.. beliin obat ini-itu. akhirnya kita jadi temen baik, temen ngobrol. Gue melihat Ibu & Bapak kos seneng liat anaknya akrab sama Gue. tapi ngga tahu kenapa Gue merasa cocok sama dia hanya sebatas teman, dan ngga lebih.



Jadi, meskipun Bu kos dan Bapak kos bahas soal keluarganya dan keluarga Gue, ngga pernah Gue anggep serius. begitu mereka tahu respon Gue biasa-biasa aja, ya udah mereka ngga pernah bahas itu lagi . apalagi setelah Gue resign dari Bank BUMN yang membuat mereka (bu kos & pak kos) jadi berubah pikiran. karena mereka menganggap orang yang bekerja di Bank itu keren. padahal gaji pegawai bank di posisi Gue itu ngga nyampe Rp.4juta. singkat cerita, pada akhirnya ni cewek dilamar dan di nikahi pegawai pajak. dan sekarang mereka udah punya anak lucu. (ngga berasa udah berjalan 4tahun).
Yang dimaksud Pria Mapan bagi wanita yang baik adalah Mapan secara mental. artinya dalam masalah apapun si Pria itu bisa mengontrolnya dengan sabar/baik. walau ngga jarang kebanyakan orang menilai Pria Mapan itu mapan secara materi. soal materi, perjuangan menuju kesuksesan, Gue rasa lebih enak di lalui bareng pasangan dari pada elo menikahi wanita ketika elo sudah mapan (secara materi). si wanita ngga akan tahu bagaimana perjuanganmu, jatuh bangunmu, dsb.
Memang pada awalnya Gue pengen nikah di umur 27-28, pokoknya dibawah 30 tahun dan diatas 25 tahun. Gue ngga tau apa itu rencana Allah.. yang Gue tau apa yang Gue pengen. sekarang usia Gue udah 27 tahun, dan masih jomblo. apa Gue bisa nikah di umur ini?, atau di tahu depan?, wallahualam.. kadang Gue berpikir apa iya Gue nolak pemberian Allah? (soal jodoh btw).

Penyesalan selalu datang terakhir, kenapa gue dulu kok begini, kenapa Gue kok begitu. bisa dibilang setengah nyesel. gimana ngga?, 3 kesempatan diatas Gue tolak tanpa pemikiran jernih (matang).
Gue ngga pernah cerita soal ini sama siapa-siapa kecuali sama Ibu Gue sendiri. tapi entah kenapa pengen banget nulis diary ini. akhirnya jadilah artikel ini.

Cerita ini bener-bener fakta dan pengalaman hidup Gue beberapa tahun silam. gue cuma pengen berbagi kisah sama kalian dan sebagai catatan di masa depan. gimanapun juga pada akhirnya nikah pada waktunya.. :D

6 Komentar

+ Tambahkan
Keren gan.. tp agan trlalu egois kayaknya. kalo gue hampir nikah sama pramugari, tp gak jadi. yakin aja Allah bakal ngasih ganti yg lbh baik. semangat gan!
Makanya kak dipikir yg matang dulu. nyesel kan jadinya?
hehehe nyesel pst ada tp ya ga berlarut-larut. hidup terus berjalan, nikmati setiap prosesnya, siapa tau dpt ganti yg lbh OKE? :P
what egois?, ah udahlah..
ohya pramugari?, knp gak jd bro?. yap tetep semangat. yok nyari istri pramugari. *eh :v
Wah mungkin telat ya gue nemuin blog sebagus ini..ini blog bagus banget :)
Jadi gini bro, klu emang elu orang pngen nikah, apa elu uda mulai menata hidup?

Caranya menata hidup yaitu sisihkan sedikit gajimu utk kredit rumah. Masa iya habis nikah masih nebeng orang tua. Dari segi itu dulu kamu harus lakuin supaya Allah yakin kamu siap nikah :)
Thanks anon feedbacknya :D
insya allah udah siap lahir & batin. sejujurnya, gw ga mau nebeng mertua. kalopun belum bs beli rumah, ya ngontrak sementara gitu dah. entahlah yaa.. selama beberapa tahun terakhir mindset gw soal cicilan gw ilangin. selain emang menghindari riba, ga mau pusing mikirin cicilan. manjadda wajadda dah hehehe
Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Hampir Mau Nikah!

Hampir Mau Nikah!

Cerita cinta hampir mau menikah muda.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion