Dotycat.come Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank
Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank
Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank

Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank

Semakin hari apa yang sempat Gw renacanain akhirnya berubah. dulu jaman kuliah Gw bermimpi pengen jadi pegawai tetap di sebuah bank pemerintah. sebelum kuliah sempat juga kerja sebagai pelayan restoran di Plasa Senayan Jakarta tepatnya di Restoran Jawa, kemudian sempat pindah karena Restonya pindah di Pacific Place lantai 13. 

Kalo elo liat kapal-kapalan di sana, nah tepat di depannya itu dulu tempat Gw bekerja. Februari 2008 Gw mulai kuliah, & disela-sela kuliah juga Gw bekerja di beberapa perusahaan : IT Konsultan (Web Designer & SEO Specialist), Perusahaan Outsourcing (as Administrator), dsb. Gw tipe orang yg gampang bosen, jadi waktu itu udah lebih dari 5x keluar-masuk Perusahaan demi mendapatkan kenyamanan.

Awal Tahun 2012 Gw pikir ini pelabuhan terkahir Gw di dunia karir & bener-bener sesuai apa yang Gw harepin. di tahun ini Gw masuk salah satu Bank BUMN yaitu Bank Mandiri. penempatan awal di Cabang Casablanca, selang beberapa hari kemudian di pindah ke KCP Mall Epicentrum Kuningan Jakarta Selatan. 

Gw disini sebagai Marketing Konsumer dan fokus pada kredit KTA (Kredit Tanpa Agunan khusus PNS & Pegawai Tetap untuk Perusahaan-Perusahaan tertentu), Multiguna dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). 

Marketing bisa dibilang ujung tombak sebuah Perusahaan, karena yang bisa membuat Perusahaan tetap exist tak lain karena kinerja marketing. Sebagus apapun produk yang kita miliki bila tak pandai memasarkannya mau jadi apa?
mau dikemanain?... 

Tapi secara keseluruhan dalam sebuah perusahaan yang terpenting adalah kerja sama yang baik, ngga ada yang di istimewakan. baik marketing maupun karyawan-karyawan lainnya. semuanya sama sesuai porsi kerjanya.
image by romebusinessschool.it

Marketing Konsumer seperti Gw pada saat itu, awalnya masih bingung harus ngapain. Padahal udah tau kerjaan nya adalah Memasarkan produk atau mencari calon nasabah. 

Yah itulah tantangan terberat Gw, karena Gw ga begitu pandai ngomong apalagi meyakinkan orang lain untuk menjadi nasabah Gw.

Well, ternyata sebelum Gw bener-bener terjun dilapangan, ADA kegiatan semacam pelatihan atau seminar khusus untuk para marketing. 

Seminar itu isinya cara memasarkan produk dan mencari calon nasabah. disana terdapat beberapa Pimpinan Cabang, dan Manajer Marketing untuk memberi pengarahan & pelajaran. Fixed! setelah pelatihan selesai, inilah saatnya terjun ke lapangan. WOW!!

Tantangan dimulai dari sini. waktu itu Gw masih inget banget, diajak Manajer ke apartemen di kuningan (lupa gedung apa), nah disana dia presentasi yang udah di jadwalkan sebelumnya. jadi dengan kata lain, bukan mencari nasabah, tapi udah dapet nasabah & tinggal mempresentasikan nya. 

Sejam lebih gw hanya jadi penonton disana sambil memperhatikan Manajer yang sedang presentasi dengan begitu hebatnya mengolah kata-kata, dan tak jarang pertanyaan-pertanyaan nasabah disini di jawab dengan jelas. Perlu diketahui, nasabah disini bukanlah nasabah sembarangan. mereka orang-orang berkelas yang gajinya perbulan udah Rp. 20juta keatas. 

Market yang kita bidik memang kalangan menengah-keatas, tau sendiri kan Bank Mandiri target market nya orang-orang berkelas. Pinjaman disini nominalnya ratusan juta, ada sekitar 5 orang yang udah fix. jadi total pinjaman hampir Rp. 1M

Gw tau karena Gw bagian isi formulir. hehehe...

Hari ke-2 Gw di lepas dan harus keluar kantor sendiri nyari calon nasabah. Jujur, Gw masih bingung harus ngapain. keluar kantor tanpa bekal apa-apa membuat Gw makin ga jelas ini mau mau ngapain? 

Salahnya Gw ga nanya sama temen-temen seangkatan. akhirnya kita kontekan dan memutuskan untuk berkumpul di Plasa Semanggi. Kumpul deh tuh para pejuang yang sama-sama bingung mau ngapain. wkwkwkwk

Diskusi penyusunan strategi marketing dimulai disini, mungkin ini pengalaman paling keren bagi Gw. hal-hal yang kita bahas adalah:

Target Market atau Lokasi yang tepat

KTA (Kredit Tanpa Agunan). Karena kita Marketing Konsumer yang target market-nya khusus KTA (PNS & Pegawai Tetap perusahaan tertentu), jadi kita memilih berbagai gedung yang ada di Sudirman dan Kuningan. 

Karena hanya dari sana lah kita lebih mudah menemukan orang-orang yang kita cari. 

KPR (Kredit Pemilikan Rumah). khusus kredit yang ini persaingannya berat-berat, banyak para Manajer Marketing membidik market disini. ngga cuma Bank Mandiri, tapi juga bank-bank lainnya.

Kredit Multiguna. Kredit ini berlaku untuk kalangan Profesional atau Pedagang. bisa Dokter, Photographer, Pedagang Grosiran, dsb. intinya untuk wiraswasta. 

Bahan-Bahan yang musti di siapin untuk bertempur :

  • Brosur/selebaran adalah bahan yang SANGAT WAJIB untuk di edarin dimanapun & bahkan kapanpun kita melangkah. iya, kapanpun kita harus melakukannya meski diluar jam kerja. namanya kejar target, ngga peduli mau kerja atau libur.
  • Minyak Wangi : ini penting banget bro, karena target market kita adalah orang-orang kantoran juga jadi wajib memakai wangi-wangian. kan ga mungkin banget habis panas-panasan langsung ketemu calon nasabah. lah kalo bau ketek, keringet, atau bau matahari kan jadi ngga enak :D
  • Kalkulator, Stempel Nama, Kartu Nama, Bolpen, Saleskit, dll. dari sekian banyaknya peralatan marketing yang paling penting bagi Gw adalah Brosur. Yap tanpa brosur gw mungkin ngga bakal dapet nasabah, karena gw orangnya paling malu prospek calon nasabah. jadi brosur itu Gw sebarin diberbagai tempat & dimanapun gw berada. tapi yang paling banyak Gw sebar di galeri-galeri ATM yang ada diluar bank. gallery ATM apapun gw isi brosur pinjaman Bank Mandiri. wkwkwkwk
  • Setelah brosur tersebar dimanapun, gw hanya tinggal nunggu telpon. dan berujung pertemuan di kantor. 75% gw pasti realisasi men. hehehe
Perjalanan berikutnya adalah ke Rumah Sakit Umum di cengkareng. ini asli pengalaman sedikit memalukan bagi Gw. 

Jadi, target Gw selanjutnya adalah dokter-dokter yang ada di RS tersebut. sebelumnya Gw udah pernah kesini untuk meminta daftar nama-nama Dokter. Nah langkah selanjutnya Gw bikin surat penawaran ke Dokter-Dokter itu. setidaknya ada lebih dari 20 surat penawaran kemasing-masing Dokter yang Gw bidik.


Ke Esokan harinya Gw datang lagi kesana untuk mengirim Surat-Surat Penawaran tersebut (udah kayak Pak Pos). Tindakan Gw emang sedikit mencurigakan jadi ada satpam disana dari awal memperhatikan gerak-gerik Gw yang dicurigai seperti pemasar/sales. 

Karena disana sales tidak di perbolehkan ketemu dokter. bener dugaan Gw, pasti disamperin satpam nih. dan ini yang terjadi...

Satpam : Selamat Siang Pak, ada yang bisa dibantu?

Gw : Iya pak, saya mau ketemu dokter disini. (sedikit gugup takut ketahuan) 

Satpam : Namanya dokter siapa pak?

Gw : itu loh pak yang mengurusi kehamilan. (aduh lupa lagi namanya) 

Satpam : Iya, namanya siapa? 

Gw : Saya lupa pak, tapi ini sangat penting. bisa bantu ga pak? 

Satpam : iya makanya tadi kan saya udah nawarin " Ada yg bisa dibantu? "

Gw : Oh gitu ya, oke. gini pak, bla..bla..blaa (ngomong pjg lebar) 

Satpam : Loh kok banyak banget pak suratnya?

Gw : Iya pak sebenarnya bukan untuk Dokter Kehamilan aja, banyak pak. Soalnya ini langsung dari Bank Mandiri nya. penting!

Satpam : yaudah pak saya bantu, nanti saya sampaikan.

Gw : Ok kalo gitu pak terima kasih bantuannya. (ga tau disampein apa engga tuh surat).

Berhari-hari surat penawaran itu belum juga ada respon, atau emang ngga nyampe ke tujuan. ah udahlah.. belom rezeki kayaknya. 

Selang 9 hari kemudian ada yang nelpon Gw. 

Kring... Alhamdulillah ada yang merespon surat penawaran Gw. singkat cerita..

Pinjaman yang diajukan Dokter ini Rp. 50juta, ke-esokan harinya ada 2 Dokter lagi nelpon Gw. setelah proses perbincangan via telepon & sepakat, datanglah mereka ke kantor Gw. setelah semua diproses, akhirnya Realisasi juga dengan total pinjaman Rp. 125Juta. 

Jadi masing-masing Dokter mengajukan pinjaman 50Juta, 40Juta, dan 35Juta. bayangkan dari 22 surat penawaran yang Gw ajukan cuma ada 3 yang berhasil jadi nasabah? 

What the?

Ketemu Marketing (AO) BRI Cabang (Berebut Nasabah)

Hari demi hari Gw merasa bosan dengan pekerjaan ini. gimana engga, diluar panas-panasan (udah item, makin item -_-)

Dan butuh biaya (bensin, makan, minum), dan biaya lainnya. pemasukan hampir tak tersisa setiap kali gajian, ya karena itu tadi kebutuhan diluar lebih boros.

Akhirnya Gw ngandang (stay dikantor) ngga kemana-mana. tiba-tiba temen Gw yang dari Grogol nelpon katanya ada Nasabah butuh modal Rp. 1M buat usahanya. 

Spontan Gw seneng bingit men, wkwkwkwk.. 

Nasabah ini ssahanya gede & potensial. Akhirnya Gw putuskan besok Gw samperin kesana siang setelah makan. Gw kesana dianter temen, tiba disana ternyata ada AO Bank BRI yang udah dulu ngobrol sama Nasabah itu. aduh telat, malah keduluan marketing lain.

Yah masa Gw nyerobot, akhirnya Gw lebih milih mundur. ngga banget berebut nasabah sama kompetitor. ya sudahlah ... 

Marketing Property & Producer TVone

Gara-gara gagal dapet nasabah, Gw ga kemana-mana lagi alias ngandang dikantor siapa tau ada yang nyangkut nasabah-nasabah yang dateng. eh ternyata bener, ada yang ngajuin pinjaman. 

Datanglah salah satu produser TVone. waktu itu gaji produser Rp. 7juta dan mengajukan KTA Rp. 40juta. 

Disusul marketing property yang juga mengajukan pinjaman, ini yang lumayan fantastis yaitu Rp. 150Juta. di slip gajinya tertera Rp. 45juta/bulan gajinya. busettt gaji segitu masih aja pinjem, katanya sih butuh urgent. yaudahlah hajarr namanya juga rezeki men :D 

Kebijakan Baru dari Manajer Marketing (Mulai Males)

Singkat cerita, terhitung hampir satu bulan Gw bekerja di Bank Mandiri, pinjaman yang berhasil Gw dapatkan kurang lebih Rp. 650,000,000. padahal Gw ditarget Rp. 1M dalam satu bulan. meskipun ngga mencapai target, masih ada masa toleransi 3-6bulan. nah kalo udh tercapai Rp. 1M/bulan, akan dinaikin lagi jadi Rp. 1,5M/bulan. 

Gimanapun keputusan & ketentuan targetnya, bikin Gue jadi stress berat :(
Perlu diketahui, setiap manajemen perusahaan itu berbeda-beda. nah disini (Bank Mandiri) pekerjaan Marketing hanya fokus " Mencari Nasabah ", tidak mengurusi tunggakan, jadi tukang tagih, jadi analis, input data, dsb.
Ini yang membuat berbeda khususnya antara BRI dan Bank Mandiri. dimana kalo Bank BRI, semua pekerjaan di lakukan satu orang. semakin bisa, semakin sibuk. bahkan bisa jadi deb collector. kalau di Bank Mandiri lebih cepat meski ga mudah mencapai target, tapi setidaknya kita bisa fokus pada satu kerjaan yaitu mencari calon nasabah. that's it!
Perjalanan demi perjalanan Gw sebagai Marketing Bank pemula tak membuat senang Manajer. akhirnya dia membuat kebijakan baru yang isinya :
  • Tiap hari harus ada daftar nama calon nasabah minimal 50 orang dan dikumpulkan seminggu kemudian. jadi total 5hari sebanyak 250 nama calon nasabah
  • Target/lokasi juga harus jelas. misalnya : isi gedung/apartemen di Sudirman & Kuningan perlu dijadikan prioritas utama untuk memasarkan KTA.
  • Setiap seminggu sekali kita sebagai bawahannya harus mengadakan event/kegiatan apapun untuk menarik perhatian calon nasabah. jadi acara itu bisa senam bareng, funbike, & pameran kecil-kecilan, dsb.
Dengan kebijakan-kebijakan itulah membuat Gw eneg & males bekerja. akhirnya Gw membuat pertimbangan resign dari kantor. tepat 40 hari masa kerja akhirnya resign & digaji sisa masa kerja. untungnya waktu itu ngga terikat kontrak, meskipun kontrak minimal setahun siapapun boleh resign kalo udah ngga kuat & ijazah juga bisa dikembalikan tanpa harus menunggu setahun. 

Apapun pekerjaan teman-teman saat ini, nikmatin aja. kalau sudah nyemplung dunia marketing yaudah gas aja. itung-itung melatih mental. kalau udah ngga kuat yaudah resign aja asal ngga ada perjanjian kontrak, denda, atau penahanan Ijazah. percayalah pekerjaan ini paling rentan stres. dari sisi Perusahaan juga harus memaklumi & mohon tidak mempersulit karyawannya bila karyawannya sewaktu-waktu ingin resign.

Nah selanjutnya, dari sinilah Gw pindah dapet tempat kerja baru yaitu di BRI.

bersambung guys

279 Komentar

+ Tambahkan
Gw juga dulu mantan pegawai bank bri, dan posisi gw waktu itu jadi cs. Cs bri di unit emang luar biasa, mesti iklhas ngerjain ini itu tnpa dibayar lembur. Hehe. Dan skrng gw juga keluar dari bri, alasan yg paling utama adalah ibadah gw berantakan karna saking banyak kerjaan, (tau sendirilah unit kyk gmna), jd gw memutuskan buat keluar ga enak sama yang punya rejeki, dan, berharap dpt yg kebih baik lg.

anyway, ini blognya bagus. Mungkin gw bakal sering mampir. :)
nyeseg ga lembur ga dibayar?, dibayar cuma pake gorengan ya?hahahaha
Iya ada alasan lain jg sih, krna sebagian besar bank itu sistemnya riba. skr kerja dmn donk win?
Thank You.. kamu berhak mendapatkan piring satu lusin & bisa diambil di toko terdekat. wkwkwk
bersambungnya kemana nih ?
saya lagi nyari pencerahan nih mau ngelamar jadi marketing di bank syariah mandiri,, hehee
belum dapet inspirasi nulis soal ini lg gan. butuh memutar memori detail lg. hehehe :D
Sharing dong kak jadi marketing di BRI sekarang, AO atau FO? Aku sekarang teller di BRI unit mau cari pencerahan soal marketing. Thanks
Test
OK nanti ya... nanti aku kumpulin dl materinya dr teman2 yg msh berkutat di mantri/FO di BRI. sabar ya.. :)
Bagus blognya, buat pencerahan, sharing2 jg boleh yah... Dlu jg aku marketing, jd maju mundur mau kerja jd marketing lg ato yg laen 😁 ditunggu sambungannya n good luck!
Gajinya besar ga itu jadi marketing bank mandiri ?? Berapa, Apakah sebanding dgn usaha yg dilakukan hhe :-)
2011 msh standard sis. UMR keatas dikit lah..
kalo marketing biasanya yg bikin gede penghasilannya ya hasil penjualannya (bonus). ya sama lah ky bank mandiri waktu itu. gatau ya kalo skrg. makasih udah mampir :)
Untuk wanita lebih baik ke FO mbak, pekerjaan nya lebih nyaman. kalau wanita yg berjiwa pertualang sangat cocok untuk AO.
halo mas fajar, wah blognya bagus, kebetulan saya juga marketing di bank mandiri tapi di bagian kredit mikro, saya masih freshgraduate dan baru masuk kerja 2 hari di bank mandiri, kaget banget sama pekerjaan marketing, awalnya sih mau nantangin diri sendiri bisa ga jadi marketing, masih masa percobaan 3 bulan kontrak, kalo boleh tau mas fordaus cara mencari nasabah door to door apakah efektif? atau adap cara yang lebih efektif lagi...terimakasih,,
@Navissatul : seperti yg Saya tulis diatas " sesuaikan target market ". kalo di kelas mikro (skala kecil), biasanya temen saya dulu cari nasabah di pasar-pasar, datang ke pemilik warung kelontong, dsb.
sampai skr kalo saya melihat teman2 di BRI, msh efektif kok. nah yg jd masalah kan bunga?. nasabah sudah pasti memilih bunga yg paling kecil. melihat perbandingan bank-bank di tanah air, hanya BRI yg paling murah. yg biasa disebut KUR (Kredit Usaha Rakyat).
last edited ( reason : tambah video gans : https://www.youtube.com/watch?v=MoAMpkXlq1s )
tengkyu infonya, saya pengin jadi seorang marketing an cukup membantu
Gua NewBie ini, setelah gua baca" sama liat post-post ini !! gua nambah PD dari semua segi pokonya :D
Ada usaha pasti ada jalan yang peting jangan sampe lupain perintah yang di atas (permberi rezky kita)
SIP good luck bro..
yap semoga berhasil bro..
Kak pin bbdonk
Bro.. gw juga lago bingung nih..

Skr gw kerja di bagian frontliner teller..
Gaji di angka 3. Sudah pgawai tetap.. tp perkembangan karier saya disini mandeg, jelek.

Skr di tawarin kerja di Bank CHINATRUST sebagai marketing, bagian funding... gaji sekitar 5jt..
Status kontrak.
Ambil jgn ya...

Saya bingung...

Ada nasukan?
buat apa nih? :D
bank apa?. kenapa ga nyoba ikutan tes mantri/AO/FO?. FO = Funding Officer (pencari simpanan ky tabungan, deposito, tabungan berjangka, dsb) itu lebih berat bro drpd AO = Account Officer (pencari pinjaman). udah tetap harusnya udah enak kan bnyk tunjangan (insentif, THR, bagi laba keuntungan, dll). kalo menurut Gw sih mending ente ikutan tes marketing di bank mu itu. jangan sekedar kepincut gajinya bro, tp pikirkan beban kerjanya jg?, apalagi dibagian Funding?
Wah, benar2 ini tulisannya, nasib marketing bank.. Sya FO di OCBC NISP, memang luar biasa sulit mncari nasabah yg mau taro duit, sudah biasa di php in mah anak2 FO secara bank yg butuh duit nasabah, beda sama kredit yg nasabah yg butuh duit dari bank..

Ditunggu sambungannya yaa.. Blog sya juga bnyak isi curhatan mngenai pkerjaan marketing ini.. Hehehehe *keep fighting for the better life
hehehe betul mencari dana simpanan lbh sulit dibanding dana pinjaman. yg membuat nasabah kepincut biasanya di iming2i bunga gede. baru dh mereka mau..
tp kalo liat kasus yang sudah2 sprti kasus century.. bank swasta lbh rentan dg masalah. apalagi bukan bank besar sprti mandiri, bri, bni, bca, dsb. nasabah sudah pasti lbh percaya dg bank yg udah familiar di telinga mereka (bank besar).
hehehe oke nanti saya cari bahannya dulu. makasih ya udah mampir :))
Ceritanya mantap. Gw jg dulu pernah gabung jd mks di bank mandiri Lampung. Dah lama sih thn 2011 dulu. Gajinya msh 1,4 jt. Duitnya abis gak karuan gan, buat bensin, oli, makan, kontrakan. Paling sisa dikit aja. Krn ngerasa gak sesuai antara beban kerja yg selalu ditarget, blm saingan dgn marketing bank lain yg bunganya lbh kecil, bmt muhammadiyah, koperasi, gak nyampe 2 bln gw udah keluar. Pusing gw dgn beban target tiap bln sebesar 250jt. Dulu gw ditugasin di kota kecil kabupaten, dmn sertifikat tanah dan bangunan penduduknya kebanyakan ajb, dan masih dikit yg sertifikat bpn. Alhasil nasabah jg susah dpt pinjaman gede. Setelah gw keluar alhamdulillah skrg udah jd pegawai tetap di kereta api, dgn gaji 5 jt per bln.
Tulisan bagus mas... sy jg br keluar dr B** terakhir posisi cs.. ya bgtulah kerjaan d unit .. gji lmyan tp lbh byk ngerluarn tenaga n pkrnx. N ad pnggln d mandiri bag marktng personal loan.. i tgsx sma aja nyari nasbh pnjmn aja mas?? Sy bingung ambil g ny soalx sy suka klo kerja lapangan. Mkax pas d twrn mantri mkr dua kali skg target yg ke capaai kontrak hbs langsg cut. Tp klo d fl aja ga naek2..
ya sama aja gan. namanya jg marketing..
drpd pusing2 mikirin karir, kalo Gue sih mending dagang gan. kalo mau tetep berkarir, cobalah diluar bank. msh banyak kok perusahaan2 yg lbh baik drpd bank.
wehh itu dapet yg lebih baguss. selamat gan atas perjuangannya. Good Job (y)
Postinganya baguss 👍👍👍 bs buat share n belajaran new comer ddunia prbankan. Oiya knalin sy Erwin AO BSM Sidoarjo. Dtunggu episode ke 2 kisah serunya ya Gan hehe
Sekarang saya juga baru dterima disalah satu bank swasta sebagai marketing :'( agak berat ya gan.. setelah saya dberitahu teknis pekerjaan saja sya sudah pesimis duluan :(:(
hehehe harusnya mas bro sudah mempersiapkan sejak awal. optimis donk.. marketing itu bagus loh buat latihan membangun mental. gmn pun jg nantinya kita di tuntut bisa menjual barang/jasa (bisnis sendiri). emang mau selamanya kerja kantoran?
Mas fajar sy dpt panggilan intrview psikotes dn akhirnya tepat pada pagi ini sy dinyatakn dtrima dn menunggu traning yg akan diadakn. Setelah sy lihat blog mas fajar sy jdi ragu untuk mnerima job ini sbagai sales KTA cz sehari sblmnya sy jg dinyatakan dtrima di elektronik philips nmun start kerja bln september. Sy minta pencerahan sarannya dr mas fajar? Setahun lalu sy jg pnglmn di bank muamalat sbgi kredit mikro hny berthan 2bln sj certa nya persis kyk mas fjar tdk pernh target manajer mkin g msuk akal bkin prturn akhirnya gue resign. Mhon pencerhan sranya?
sebagai sales KTA di bank apa?, mandiri jg?. sepengalaman saya dl memang banyak peraturan dr manajer yg kdng membuat kita kesal. seprti yg saya ulas diatas.
dan sepengalaman saya jg, lbh mudah memasarkan uang pinjaman drpd barang elektronik. krna org lbh bnyk butuh uang drpd barang dan KTA jg tanpa jaminan. ini yg disukai banyak orang. dan bnyk jg loh perusahaan yg sudah bekerja sama dg bank-bank tertentu. semoga membantu :)

Thanks sudah mampir
Ceritanya menjadikan pertimbangan saya untuk mengambil posisi marketing mikro sales di mandiri. Tadi sore saya interview di mandiri yg saya kira awalnya untuk bagian frontliner. Soalnya saya melamar bagian frontliner, pas nyampe sana saya ditawaran bagian marketing sales mikro, jujur disana saya sedikit kecewa dan sedikit males ketika mendengar kata2 marketing. Ya karena dibenak saya marketing tuh perkejaan yang sangat sulit.apalagi bagi saya yg freshgraduate pasti bingung untuk ambil ini atau enggak. Disatu sisi saya ingin mencari pengalaman tapi disatu sisi juga saya males kalau kerja marketing. Minta pencerahannya dong gan
@Dimas Dwi : sebenarnya pekerjaan sbg sales atau marketing itu bagus loh buat membangun mental. dan banyak para pemimpin perusahaan di indonesia berawal dr marketing/sales. kalau merasa terpaksa mending gak usah. krna kedepannya nanti tdk baik. coba cari job lain bro. sales marketing di perusahaan besar (BUMN) paling ngga orang sudah banyak yg tahu & percaya. lagipula yang di jual kan uang (pinjaman). dan itu lebih mudah drpd jualan panci bro hehe
Halo mas, aku fresh graduate nih kemaren baru MCU jd AO Bank Bukopin. Jujur awalnya aku ragu dan takut akan pekerjaan ini, tp setelah dipikir2 kenapa ga aku coba dulu. Aku mau minta saran mas, sbg fresh graduate dgn target UMKM sebaiknya saya mencari calon nasabah dimana ya mas? Thank you mas fajar :)
UMKM ya?. bagusnya nyari kelontongan atau orang2 yg berjualan di pasar. ini banyak banget pedagangnya dan mas bisa diskusi disana apa yg di butuhkan para pedagang.
atau mas bisa download marketing toolkit di http://bit.ly/mkitz isinya : data perusahaan di kuningan jaksel, worksheet, perhitungan bunga (pakai rumus excel), contoh surat penawaran kerja sama/kontrak, dan masih banyak lagi. selengkapnya klik aja di http://bit.ly/mkitz semoga membantu :)
siang,
Barangkali ada marketing KUR cover wilayah Cileungsi - jonggol.
Saya bekerja d perusahaan Pallet kayu di daerah jonggol. kebetulan saat ini perusahaan kami sedang memerlukan tambahan modal kerja. jika ada yang berminat survey bisa kirim email ke : abadimandiriperkasa@gmail.com / firmansyahamp@gmail.com
profil bs cek : http://olx.co.id/iklan/palet-kayu-lokal-dan-export-IDiVtH9.html
terimakasih.
Thanks mas fajar buat tulisan di blog ini,sangat bagus,,bisa jadi masukan dan bahan pertimbangan buat saya untuk diterima ato tidak tawaran pekerjaan jadi customer loans,,karena siang ini saya akan interview dengan pihak bank tsb.
Wah pas banget nih ,,,jd bahan pertimbangan lg mau klo mau apply,aku 2thn yg lalu cs bank muamalat,dan skrg free,,ada loker AO KPR consumer,,setelah baca ini jd lebih mikir lg,,alias galau hahahaa
lah ini namanya menyerah sebelum berperang hehehe.
kalo cewek jangan panas2-an kerjanya, ntar gosong. sayang kulitnya wkwk
Aku mau lamat kerja jadi AO mikro di BRI Syariah.. Kira2 kerja nya lebih banyak di kantor atau lebih sering mobile cari nasabah di luar ya mas?
wawww pas banget nih,,,blognya bagus mas
kemarin sepat ikut beberapa kali tes di bank mandiri,, senin besok disuruh dtg buat training untuk posisi SO KPR/KTA,,
jujur saya sy msh galau mau dateng apa tidak xixixi setelah baca ini tambah mikir hehe
bantu pencerahaannya dong mas :)
selamat siang mas

terimakasih sudah berbagi pengalaman dengan kami semua disini, kemarin saya ada panggilan interview di BANK HSBC sebagai personal banking job desc sama dengan marketing/seles menawarkan deposit dengan 2 jenis 50jt & 500jt. dikasih waktu 3 bulan jika setiap bulan tdk mencapai target maka karyawan akan di terminate/di cut. sebagai fresh graduate apakah ini bisa membantu jenjang karir saya ? mengingat tekanan target yg di hadapi cukup sulit.


mohon pencerahannyanya mas, terimakasih banyak



best luck

saya tdk bgitu paham kalo di syariah. teman saya ada jg yg disana tp soal gaji lebih gedean di BRI konvensional (katanya), makanya dia pindah ke konvensional. soal mobile atau engga, kurang paham. maaf :)
lebih baik berperang dulu bro.. (eh cowok bukan nih) :P
kalo ga gitu cuma jd angan2 doank.. dan kita ga pernah tahu kalo blm prnh nyoba. ganbatte!
skr kerja apa saja, bisnis apa saja, banyak saingannya. marketing duit pun kanan-kiri saingannya berat2. tp yg namanya marketing duit itu lbh baik drpd marketing alat2 dapur, obat2an, dsb. semua orang butuh duit & pasti diutamakan, belum tentu butuh obat atau alat2 dapur hehe :D bisa nanti ini mah

Mbak ngga usah takut apalagi suka tantangan. di cut ya nyari lagi.. toh freshgraduate masih banyak yg mau nerima. cuma 3 bulan mah sebentar itu sambil melihat mbak potensinya dibidang ini.tp setahu saya HSBC itu bunganya lumayan tinggi, masih mending mandiri, apalagi BRI (lebih murah dr yg lain).

Skr kembali pd diri sendiri nyamannya dimana. cuma pengalaman guru terbaik, saya mah cuma berbagi pengalaman saja. yg trpenting harus NYOBA dulu baru deh tau rasanya hehe

Good luck!

Halo Mas Fajar! Salam kenal ya.. Saya Yunita, fresh graduated. Tadi pagi dapet telp dr temen yg kerja di FO Danamon katanya lg butuh orang, so karna gua job seeker jd kayak langsung tergiur denger loker, tapiiii... FO heheh. Hmm temen2 gue bilang sih gue cocok bgt jd marketing krn kemampuan gue komunikasi katanya bagus, katanya sihhhh hahhaha.. Dan kalo gue mau, senin langsung dateng ke kantornya dgn cukup membawa CV aja, nah sebelum gue dateng ke kantornya, interview dan langsung ttd kontrak selama 9 bulan, gue mikir keras nih Mas Fajar. Kontrak 9 bulan jadi FO dan dilepas sendiri, hahhhh kebayang ga si stressnya spt apa, apalagi katanya gajinya umr dan yg gua baca2 dr blog mas Fajar nih, duit abis ga karuan. Gmn nih mas Fajar, masukannya dong? Btw thanks^^
hajarrrr aja sis. saya mah berbagi pengalaman aja. drpd penasaran mending cobain aja. toh msh fresgraduate (msh bnyk waktu). tp kalo bisa sih kerja sesuai minat itu yg asik.

Thank u yah udah mampir :)
Wah mantap mas fajar experiencenya pas banget nih,, salam kenal mas.
Mau tanya nih kalo insentif/bonus per aplikasi pinjaman yg deal pencairan di bank syariah berapa kira-kira ya ?
Sapatau ada marketing bank syariah yg komen juga disini.

Oiya mas fajar,, apa ada lagi bahasan by pengalaman dari target market yg kelewat dibahas sama mas fajar?


waduh syariah lagi?, ga paham ane bro. belum pernah kerja di syariah soalnya.
ubek-ubek aja blog ini atau bisa baca ini https://fjr1.blogspot.co.id/2015/10/tips-pinjaman-bank-di-setujui.html kelanjutan dari artikel ini bro.

Nah siapa saja boleh sharing disini saling membantu yg lain. ayo monggo ikut partisipasi jangan jadi silent reader hehehe.

Thanks bro sudah mampir
Malam mas fajar. Saya besok tes AO BCA nih . Dan masih belom paham banget AO itu kerja nya gimana , mas fajar bisa jelasin ngga secara simple kerja nya ngapain aj ? Dan better an mana sama CS/teller ? Untuk Gaji berapa yah ? Saya mau kejar target nikah muda . Jadi butuh tabungan dan penghasilan yg gede juga tapi kerja nya karir . Krna skrg saya sudah kerja sebagai staff desain grafis ray white tapi ga ada jenjang karir dan gaji UMR .
Halo malem jg bro Fajar.. (samaan ya namanya hehe). ane sederhanain aja ya. AO itu kerja utamanya " CARI NASABAH PINJAMAN ". nah pinjaman itu kan banyak macemnya, ente fokusnya di pinjaman apa?, misalnya Pinjaman KTA (Tanpa Agunan). biasanya untuk kredit macem ini hanya untuk perusahaan2 tertentu yg bisa dapet (seperti payroll masuk BCA, kerja sama, dsb). lebih jelasnya, langsung tanya aja sama Manajer Marketing (dia lebih paham).

Kalo untuk jobdesk lebih baikkan mana antara CS/Teller & AO, ini jg tergantung nyamannya dimana. kalo ente males mobile (keluar), ya cocoknya jd CS/Teller aja. kalo suka tantangan & pengen dapet gaji, bonus/insentif lebih, ya baiknya ambil dibagian marketing bro. soal besarnya gaji, bonus, insentif, ane kurang paham ya. tp biasanya sih pada umumnya gaji Peg Bank itu berkisar Rp. 3-4juta/bulan (untuk jobdesk CS/Teller, dan sederajat).

Saran aja nih : ente kan punya skill desain grafis, kenapa ga dijual aja skillmu itu. masuk marketplace aja, seperti : projects.co.id, FJB kaskus, dan sribulancer.com. kalau mau dibayar lebih gede (dollar $) masuk aja fiverr.com, elance.com, guru.com, dsb.

Kerja ngantor tetep, dan disambi freelance seperti yg ane sebutin diatas toh cuma ngandelin inet aja kok. lagipula ente kan punya skill. jual aja..

Good luck bro!
Jar, kamu ikut tes AO BCA juga ya? saya juga sih, tapi senin tgl 10 Okt... btw psikotestnya ngapain aja? hehe

oh iya mas, kalau bedanya AO sama RO itu apa ya? lebih asik mana? hehe... salam
halo Mas Slamet. RO kalo ga salah Relationship Officer ya?, kurang paham ya soal jobdesk ini. soalnya jaman saya dulu belum ada jobdesk ini. entahlah apa saya ngga tahu? hehehe

Salam kenal Mas Slamet.. thnk u udah mampir :)
Mas mba aku juga lg bingung. Aku tinggal sign in kontrak di Hsbc tp msh galau karna targetnya. Sebelumnya aku udh ttd diatas materai gt tp blm ada perjanjian kontrak sih, msh bisa cancel gak ya?
ttd diatas materai itu surat apa?, hati2 kalo udh teken kontrak ga dilaksanain bs kena denda.
Hhmm kayanya surat bersedia di cek domisili, surat akan menyerahkan fc ijazah krn saya blm wisuda, kemudian surat pernyataan bahwa saya tdk pernah mengalami masalah di pengkreditan appun kalo ga salah mas. Gmn ya menurut mas
kalo menurutku sih.. jalanin aja nyamannya dmn. kalo emg maunya dicancel yaudah cari yg lain. msh bnyk yg lbh baik kok. intinya sih, kerjain apa yg di kuasai & di sukai.

good luck ya sel.. :)
Terimakasih sharingnya mas fajar. Saya sudah hampir setahun bekerja sebagai FO bank bukopin. Bener yg mas fajar bilang, fresh graduate jd marketing itu emang ngasah mental bgt ya. Banyak ilmu yg bisa didapet. Tapi makin hari target saya makin gulung kalau bulan ini belum achieve. Jujur itu bikin stres. Padahal kalau dilihat dari lingkungan kerja saya sudah nyaman. Awal desember kontrak saya habis, saran dong lebih baik lanjut atau tidak?
kalau memang dirasa nyaman sama kantor, teman kerja, biasanya orang akan terus berjuang. tp dilihat lg sama beban kerja + kondisi mentalmu. menurutmu masih sanggup ga?, kalau iya ya banyak2in sharing aja sama teman dan atasan. intinya buat ngebantu mencapai targetmu. kalau kamu orangnya baik, open, orang2 di sekitarmu jg akan berusaha membantumu kok.

Dan kalau memang udah ngga kuat, baiknya mulai skr kamu hrs ancang2 nyari batu loncatan (kerjaan baru). FO emang berat drpd AO. krna tugas FO nyari dana simpanan.

Good luck Vir!
Mas fajar dan yg lainya thanks bangrt nih pencerahanya sangat membantu.
U're welcome!
jangan sungkan brtanya jika ada yg mau ditanyakan. Insya Allah saya jwb semampunya ya. Thanks udah berkenan mampir & komen.

Yg laen ayo jangan malu2 berdiskusi :D
Waduh cerita ao banget nih hehehe,saya sudah 6 tahun jadi ao 2 thn jd teller,tahun ini masa2 terberat saya jd ao di danamon dan rasanya sudah mulai frustasi
@Dede : semangat mas bro. coba sharing2 aja sama yg lain kali aja bisa membantu.

Good Luck!
Baca ceritanya kok hampir mirip ya. Bedanya sy msh bertahan di bank tsbt smpai skrg. Memang sih baru 3bln kerja tp terasa bgt perbedaannya. Mungkin krna sy sndiri mks cwek dikantor kali ya. Pencapaian kurang maksimal dbanding yg lain. Terkadang frustasi + iri kalo ngelihat mreka yg jd cs/teller krn emang pengen kerja begitu. Haha. Kira2 nih mas, klo ngelamar di bank lain dgn posisi teller/cs bakal dterima gk ya. Wkwk.
Kalau baca ceritanya mas kok hampir mirip dgn saya ya hehe.. jdi MKS di salah satu bank yg nyari2 nasabah bukan main susahnya. Apalagi klo lg defisit. Makin susah nyari nasabah. Dampaknya ke kita juga. Wkwk.. kdg jd malu saat gk capai target, mungkin jg krna sy satu2nya sales wanita dkantor jdinya kurang maksimal kerja. Pdhal udh stngah mati cari nasabah. Sampai dijuluki kalsel (kalah selalu) kan malu.. kdg jg pengen kyk cewek2 yg lain dkantor yg jd cs/teller. Pengen jg kyk mreka. Btw kira2 bsa gk ya jd cs/teller klo ngelamar di bank lain? Wkwk dibantu pencerahannya yo mas..
Berat jg ya kalo jd satu2nya marketing di perusahaan. cewek lg..
btw MKS itu apa ya? hhehe

Kalo kamu percaya kalimat ini " impossible is nothing " insya allah ada aja jalannya. banyak2in sharing sama temen & atasan. kalo kamu orangnya baik, open mind, mereka jg membantumu kok. btw bahas soal jobdesk cs/teller istilahnya frontliner, biasa batas usia max 25th. kalo umur kamu msh dbwh itu kayaknya gampang diterima dh. kalo umur diatas 25th coba negosiasi sama pihak perusahaannya. beda2 tipis (26-27) bisalah seharusnya.

Kalo kamu menyerah, coba deh inget orang2 disekitarmu (ortu, sodara, sahabat, dsb) terlebih mereka yg baik ke kamu Insya Allah kamu akan bangkit semangat lagi. biasanya ini sih yg aku lakuin.

Good luck ya :)
hai mas fajar, ak Olin dan aku fresh graduate. aku lagi bingung banget sekarang, aku Uda keterima di mandiri sbg mikro kredit sales dan juga di BTPN Syariah sbg pembina sentra(marketing untuk UMKM) keduanya tinggal tunggu ttd kontrak aja sih. aku bingung bgt pilih yang mana, kalau di mandiri status nya masih outsors, klu di BTPN Syariah Uda kontrak gaji UMR sekitar 3jtan dan ada fasilitas rumah sepembantunya, motor, bensin, makan, bpjs kesehatan, asuransi kesehatan, cuma ditaruh di desa yg agak pelosok aja. aku bingung bgt pilih yang mana.. mohon sarannya.. 😥
Hello Olin...

WOW fresh graduate udah di tawarin fasilitas segitu banyaknya di BTPN?, keren banget ituh.

Kalo dilihat dr gaji/fasilitas tentu BTPN lbh baik drpd mandiri. apalagi dimandiri statusnya masih outsource (nggak jelas). tapi disisi lain coba kamu lihat dr porsi/beban kerjanya. kira2 kamu sanggup ngga?, terlebih pekerjaan yg mau kamu ambil itu benar-benar sesuai sama hati nuranimu, sesuai apa yg kamu kuasai & kamu sukai. jd kedepannya kamu ngga merasa terbebani, merasa enjoy..

Nah belom lagi lokasi kerjanya?, kira2 kamu bisa betah ga di tempat yg agak jauh dr keramaian, yg katamu " agak pelosok " hehe..

Aku disini cuma bisa berbagi pengalaman saja (sesuai pengalaman pribadi). kalau Aku bilang ini baik, belum tentu baik jg buat kamu. karena setiap manusia punya kelebihan & kekurangan masing2.

Dari sini kamu bisa diskusi sama keluargamu, dan orang2 disekitarmu. jelasin sedetail2nya apa aja yg perlu dipertimbangkan. gimanapun jg keluargamu lbh tahu drpd Aku. dan tentunya cuma Tuhan mu YANG JAUH LEBIH MENGERTI ttg keadaanmu. cobalah minta petunjuk dari Nya. niscaya kamu akan diberi petunjuk & jalan yg terbaik bagimu.

Salam kenal ya, Thanks udah mampir & mau komen disini.

Good Luck Olin!


maksh mas fajar atas pencerahannya sngat mmbantu. :)
Terima kasih mas fajar, alhamdulillah akhirnya saya menemukan jawaban atas kegalauan saya dari 2 hari kemarin(hahaa) mengenai apakah saya memilih FO atau AO
mantep nih blognya mas firdaus, saya ada panggilan untuk posisi kta ada motivasi saya buat nanti di terima, saya mau nanya emang ada penahanan izajah asli dll pas kerja sebagai KTA mas firdaus ??
u're welcome bro :)

thnks udah mampir & komen
Yaps, sama-sama. good luck ya Tiara :D
kalo di jamanku dl nggak ada penahanan ijazah. mngkn pihak perusahaan jg udh paham ga bakal bisa tahan lama di marketing. ga tau ya kalo skr.

thanks bro udh mampir & komen.

ayoh yg laen jgn malu2.. jgn cuma jd silent reader. hahaha

kalau mau japri bisa juga kok hubungi saya via email. isi aja kontak form di sebelah blog ini :D
Oya mas fajar mau tanya nih. Apa beda ya mas antara marketing outsorce dgn marketinv bank itu sdri. Soalnya sya bru d terimh marketing bank cimb niaga tpi dri outsorce nya mas. Kerjanya sih sama marketing dana pinjaman dr cimb niaga itu jg mas tp pd posisi branch relation officer (BRO). TPI sedihnya gk da gapok. Tp memng dapet 1 aplikasi aja gaji keluar mas sebesr 2.5 jt utk medan. Bisa mncpai 5 jt gaji tpi hrus min 9 aplikasi. Beda intensif dn bonus. Stresss gw mikirnya. Mohon msuknnya mas fajar
Kalo dilihat dr sisi pekerjaan sih nggak ada bedanya. paling bedanya di tunjangan & insentif. OS emang menyedihkan kayak anak tiri. dan kalo OS itu kan permulaan, ya ibaratnya test (sebelum lolos masuk undercontract perusahaan atau lolos jd peg tetap perusahaan). sedih jg ya ga ada gaji pokok tp kalo dpt 1 aplikasi aja udah lumayan itu (kalo dapet sih haha). tiap perusahaan emang beda2 manajemennya.

Coba deh liat medan tempurnya (kira2 target marketmu bagus nggak?) belom lg persaingan kanan-kiri. apalagi CIMB niaga ya bunganya lumayan gede. lagi-lagi ini soal persiapan mentalmu ya bro. jadi intinya job ente ini bisa dapet duit kalo dapet penjualan. nah sblm dapet duit kan butuh modal tuh buat makan, minum, bensin, dsb. kira2 nih modal sama pemasukan (nanti) bisa imbang ngga? tp bagusnya ya harus lbh gedean pemasukan donk drpd pengeluaran. ini cuma ente lo yg bisa ngitung. jangan sampe tekor..

Kalo ga kuat mending loncat cari job lain. jgn maksain diri bro..

ente ini kerja cari duit bukan malah ngeluarin duit.

Good luck bro.. (y)

ReplyDelete
thx infonya sobat
Bro ms kerja di bri? Saya mau pinjam dana sebesar 3m.. dengan jaminan sertivikat ruko senilai 4m..bisa dibantu ga? Selama in ga perna berurusan dengan bank..jd ga punya track recot ap2..
ketahuan banget nih bacanya loncat2 (ga lengkap) hahaha
saya sdh lama keluar mas bro. yg laen siapa tahu ada yg bs bantu Mas Ewin?

kontak aja
@EWIN WI Dengan senang hati akan saya bantu mas :)
dan untuk domisili mas tinggal di wilayah mana ? kebetulan saya bekerja di BANK MANDIRI sebagai MKS , mas bisa hub saya di nomor hp : 089509943570 .
Minta sarannya dong...
Saya sekarang msh kerja di perusahaan pembiayaan bagian survey dgn gaji total +-5jt. Kebetulan kmaren habis wawancara di salahsatu bank plat merah utk bagian consumer loan marketing. Tp saya bingung dgn targer yg besar, gaji di bawah yg sekarang kerja ditambah outshorching. Harus gmn y
Mas saya baru wawancara di btn utk consumer loan marketing. Minta sarannya donk..
wow itu bagus udh digaji +- 5jt/bln. knp mau resign? udah nggak betah atau gmn?

Ohya skr targetnya berapa pertahun/perbulan?

nah itu mbak tahu status jd outsourcing. gaji jg lebih sedikit. jenjang karir yg baik itu nggak harus di bank. msh banyak yg lebih baik. kembangin skill aja atau bekerja sesuai bidangnya (menurut saya sih) jadi kedepannya ga terbebani. namanya juga interest sama bidangnya jadi ya enjoy aja.

Good luck ya.. :)
halo mas, kalo boleh tau di BRI kemarin posisinya apa? saya AO BRI, sudah setahun dan target tercapai. Di ujung masa kontrak, saya memutuskan utk tidak ingin diangkat mjd pegawai tetap karna merasa tidak nyaman dgn pekerjaannya. Tapi kagetnya, saya malah disuruh bayar denda (50jt) apabila tidak ingin diangkat PT dan mengundurkan diri, padahal kontrak saya sudah selesai dan blm menandatangi pejanjian PT. Terimakasih
last jobdesk Saya sebagai Mantri Mas. wow berat juga itu. tp setahu saya memang di posisi AO itu berat but AMAZING setahun udah achieve target. kalo ga salah skr target AO KCP & KC Rp.12-15M pertahun. ini kalo target belum naik ya sejak 3tahun kemarin.

Btw, Mas ngerasa TTD perpanjang kontrak ngga? kalo target tercapai & Mas TTD kontrak itu sama mas setuju buat perpanjangan. sepengalaman & setahu saya kalo habis masa kontrak & kita nggak mau lanjut nggak akan kena denda. coba tanya lagi sama pihak BRI? kalo di PINCA bilang nggak bisa, coba dateng ke Kanwil, kalo ga bisa coba tempuh jalur terakhir ke Kanpus Jakarta. itu ada Termsnya kok " Kalau masa kontrak habis dan si pekerja tidak lanjut tidak akan kena denda ". pastikan ke yg punya wewenang, jangan hanya dari kata beberapa orang apalagi jauh dari yg punya wewenang.

Biasanya kalo AO urutan wewenangnya ke ==> AMBM, SPV/SPB, AMO, Pinca, Pinwil, Kadiv (ini bisa di Kanwil atau di Kanpus).

Coba deh mas banyak-banyak nanya sama orang2 sekitar yg lebih paham ya. saya udah lama out dr BRI jd agak-agak lupa. ngga tau jg kalo misalnya atasan AO dipegang siapa skrng.

Good luck Mas
bagus juga ada share, jadi bisa perbandingan :)
saya share juga nih pengalaman di BRI
saya dulu di BRI unit hampir 5 tahun, ngalamin dari Outsourch sampe kontrak, jeleknya di BRI posisi tetap cuma bisa lewat jabatan Mantri. saya dah 2x ikutan JO mantri selalu lolos psikotes, wawancara pinca, pinwil. tapi selalu mandeg di tes kesehatan. yang bikin kesel saya tes ulang di tempat sama paket lengkap dana sendiri hasilnya : GA ADA MASALAH! hehe sampe dibawa ke dokter spesialis juga vonisnya : Sehat. tapi ada temen TBC (pengobatan)Hepatitis dan (maaf) cacat kecelakaan bisa lolos...emejing. :D
penilaian per 6 bulan saya selalu 95 keatas, tiap tahun finalis SQ vaganza, dapet best satisfaction CS, sakit hati akhirnya resign dan bayar denda sisa gaji (klausul kontrak)dibujuk habisin dulu kontrak juga ga mau...mending bayar biar puas hehe...
sekarang ada panggilan jadi marketing funding di Bank Mega,,, terus terang bingung nih. harus ngapain, mending jadi AO kredit nawarin utang :D
ada tips ga buat FO? mana bank mega disini ga terlalu dikenal.. tadi wawancara juga sepi aja nasabahnya :))
ahaha emang bener Mas kadang saya juga bingung cara mereka menilai test. senior saya 2tahun jd CS, 4x gagal daftar mantri. senior saya ini juga pinter loh semua pekerjaan dia bisa handle dg baik (biasalah tradisi BRI, makin bisa makin repot).

Anehnya saya yg baru 15bulan diBRI bisa lolos test mantri. test kesehatan ok, psikotest dr jam 8.00 sampe hampir isya saya tempuh dan alhamdulillah LOLOS. interview sama semua pihak jg lolos. disini saya punya persepsi sendiri (kalau ga salah mereka menilai dari sisi cara berbicara & bahasa tubuh).

Btw, mas Imam hebat juga euy dpt score 95+ saya aja ga pernah wkwk bahkan saya terkenal pegawai paling bandel tp kalo sama Bos-Bos sering nongkrong sih hehe. ya mungkin belum rezekinya Mas kerja disana. kok kesannya sulit banget ya dapetin posisi peg tetap? bener!, harus via marketing baru bisa jd peg tetap. jd skr ada juga loh dr Teller/CS langsung ke SPV (unit/kantor kas). tp minimal umur 35tahun atau gmn gitu lupa. ah sudahlah wkwk :v

Ada juga mantri peg kontrak (belum tetap, senior saya) hampir 4tahun belum diangkat juga padahal dari tahun pertama sudah memenuhi target. ternyata saya perhatikan senior saya ini orangnya kaku (ga bisa easy, open, humble sama bos). kalo soal nurut, nurut banget sama aturan. bahkan dicap sebagai pegawai paling teladan. tp ya gitu kaku. mngkn itu sebabnya dia lama diangkat jd peg tetap. kebanyakan yg gampang2 diangkat jd peg tetap yg bisa berbaur sama siapa saja, khususnya sama Bos. mngkn bener ini ada kaitannya sama tradisi BRI yg dikenal " KEKELUARGAAN NYA ".

btw, thx Mas Imam bersedia mampir & berbagi pengalamannya semoga bisa menginspirasi yg lain.
waduh FO? ahaha coba deh Mas Imam baca2 diatas banyak yg curhat (ngeluh) soal FO. taulah lebih berat cari dana simpanan drpd dana pinjaman. kecuali Bank Mega ngasih iming2 hadiah, atau bunga gede. belum lg masih asing ditelinga masyarakat ditempatnya Mas kerja. kalau kayak gitu berat jadinya. di jakarta aja nih temen2 saya banyak yg resign dr bank mega, ada jg yg beralih milih ke back officenya aja (cari aman katanya ahaha)
kekeluargaan dan makin pintar makin repot sangat betul :)
saya 3,5 tahun ga pindah unitnya ngalamin 3 kaunit.. tiap isu mutasi cs,kaunitnya langsung menghadap pinca minta saya tetep disitu. terakhir mutasi juga gara2 ditegor langsung kanin kelamaan di 1 unit hahaha, dapet nilai 95 mungkin dibantu kaunit juga, soalnya aturan pincanya kejam, nilai dibawah itu ga boleh ikutan JO. padahal aturan kanwil ga ada.
emang katanya salah saya cuma 1, ga mau nongkrong bareng pinca... pincanya hobi karoke hahaha..
mas baru 15 bulan, klo ade ipar baru 5 bulan diCabang lolos mantri.. ilmunya itu tadi; kekeluargaan harus erat wkwkw.

makasih juga mas fajar dikasih kesempatan curcol. :D
bener mas fajar,,, makanya saya lagi rajin googling nih soal FO... soalnya saya masukin lamaran jam 10 jam 11 ditelepon pinca mega nya langsung, jam 3 wawancara hrd, jadi masih kaget sama jobnya hehehe. ditawirn marketing fo. pengennya sih lending. hari ini wawancara sama pincanya mudah2n masih bisa berubah ke lending :)
tau sendiri kan mas fajar, kalau ada JO FO di internal BRI pasti pada ogah2an.. cari aman mending nunggu JO Mantri katanya.. hahahaha
wow hebat euy pimpinan yg nelpon. kayaknya butuh banget itu Mas. tp ya gitu deh FO berat, mending AO :D
bener banget Mas di BRI itu pada ogah ambil jobdesk FO. apalagi bunga dana simpanan BRI rendah banget gak beda jauhlah sama bunga pinjamannya.
Good luck Mas Imam (y)
Nah itu dia biasanya ada pegawai internal (yg ga boleh di pindah kemana-kemana untuk beberapa tahun) ada jg sampe pensiun disitu aja. ada plus ada minus. plusnya, ya seolah-olah kita paling baik disitu. minusnya, ya kita ga bisa kemana-mana unt mengenal unit-unit lain. sbnrnya perpindahan uker itu bagus loh buat refresh (biar gak jenuh).

Itulah Mas Imam kenapa di BRI itu diutamakan yg bisa berbaur sama siapa saja khususnya sama Bos. yang lain pd sungkan/malu sama pinca, kalo sama saya bercandain aja. yg lain kalau ketemu pinca pada nunduk, anunya ada yg dipegang wkwkwk (saking sopannya mgkn) kalau saya malah berdiri tegak sambil senyum & sapa (kadang juga sambil basa-basi apa kabar pak hari ini?) pinter-pinter aja sih hehe.

Kayaknya musti bikin website forum khusus marketing kali ya? entar bisa pd berbagi opini & tips. santai aja mas anggap aja disini unek-unek bebas masalah rutinitas kantor hahaha
Mas saya baru nanti senin nih kerja Di mandiri. Ngelamar Jadi MKS pas k unit ditempatinnya Di bagian KSM. Emg perbedaannya apa ya mas Klo boleh tau MKS sama KSM?
waduh apalagi itu? setahu saya nih bro KSM itu = Kredit Skala Mikro. kalo MKS ga mngkn Skala Mikro Kredit kan? wkwkwk
tp intinya sih ga jauh sama job pemasaran (marketing). coba aja tanya2 sama temen seangkatan ya. udah lupa saya bro.. udah lama ga kerja kantoran hehe

Good luck Bro Riz!
bener bgt gw, nasabah KUR, klo KTA bank lain bungax gede amat kec nasabah udah kepepet mereka mau biar bungax gede, lbh cpt cr PNS yg smbilan dagang, merekaplng suka ambil KTA, tp plng populer KUR BRI, BNI juga udh ada KUR, tp msh BRI yg d atas.
Oh sudah ada yang menawarkan ya.
Just info, saya AO BRI pondok gede. Mungkin jika ada kerabat membutuhkan dana sampai 10 M bisa kontak saya di 081382106000. Jika ingin bertanya silahkan

AO mana mas?
Boleh dong minta saran dan ilmunya biar lebih lihat kaya mas setahun udah achieve target. Kontak ya juga boleh.
Hehe
Mas fajar kayanya sesepuh BRI nih. Saya ambil AO mas sebelumnya CS teras pasar induk kramat jati. Duit disana dibungkus kresek item sama koran. Horang kayah itu. Hahaa
Salam kenal aja mas
hahaha sesepuh sih nggak juga bro cuman suka memperhatikan manajemen aja. weh keren bisa nanjak langsung ke AO? kebanyakan mantri loh. but target AO skr brp? msh 12-14M kan pertahun?

Bener begitulah cara penyamaran paling baik (duit di kantongin kresek) hahaha
Sip salam kenal Mas Trika

Congrat buat job barunya & good luck ya (y)
Bro ane slasa bsok udh mulai kerja d sales loan KTA mandiri bekasi,.klo kmrn ente cm dpt 650jt itu cm dpt gapok aja ya..gak dpt insentive nya..
iya gapok doank bro. soalnya belum masuk target.
Baca ini aku jd makin galau.
Barusan di tlf sm bank mandiri, ngasih tau besok ad interview utk bagian sales marketing. Aku masih freshgraduate, cewek, dan bingung dong itu job desk ny gmn �� Tapi setelah baca yg di atas2 ini, jd galau pergi ato engga besok :')
Setelah aku baca dari tulisan teman teman ternyata hampir sama ,tapi yang utama jangan di lihat siapa kita tapi lihat bersama sapa kita, saya Indra agen PRUDENTIAL 081330555765 ,(perusahaan aset besar incame pasti besar
Agan-agan ada yang tau nggak kerjaannya sales mikro officer nya Panin itu ngapain aja? Dan insentif+gaji nya berapa ya
Hallo mas fajar salam kenal, saya FO dri bank BUMD Bank Riau Kepri kebetulan bru 7 bulan, bener2 ngerasain sprti tulisannya Mas sblumnya, ngerasin beratnya di lapangan, srg dicuekin blum lg saingan sama bank BUMN, target yg kdg kebwa mimpi hhehe
Awalnya ngersa bingung tpi akhirnya terbiasa dg tantangan di lapangan, Walaupun berat tpi ga ada yg ga mgkin, intinya hrus keep fight, salam FO :)
hayo siapa yg tahu bantu oline ya gaes :D
yap salam kenal balik shintya..

tetap semangat itung2 latihan membangun mental. good luck ya.. (y)
for all : komentar disini saya moderasi, kalau tidak banyak spam masuk. mungkin sudah ada 300 komentar kalau tidak saya moderasi. ada yg jualan obat kuat, pinjaman ilegal, poker, dsb. hal2 yg tdk ada kaitannya sama artikel diatas saya masukkan spambox. jd untuk teman2 harap bersabar ya demi kenyamanan bersama.

Thanks :)
Hai, Mas Firdaus.. sy kmrn dpt undangan intvw utk FO nya bank mega utk kamis bsk.. jadi galau.. FO itu pasti cari nasabahnya door to door ya? Atau tergantung kebijakan msg2 bank? Boleh pencerahnnya dong mas.. soalnya sy masih freshgrad dan cewe juga... thanks mas sblmnya
Hai sista..
Aku blm pernah sih jd FO. tp melihat bbrapa temen FO BRI ada 2 macem targetnya. pertama, perorangan : jelas ini yg duitnya banyak buat dana simpanan (deposito, tabungan berjangka, dan simpanan lainnya). kedua, dana simpanan kelas perusahaan/organisasi. jelas duitnya sekelas perusahaan jauh lebih besar. cara nyarinya bisa ketemuan di rumahnya, kantornya, sesempetnya dan sepinter2nya kita aja. coba baca lagi artikel diatas ttg target pencarian nasabah.

Intinya sih yg banyak duitnya hhehehe

Good luck ya..
Marketing dan Teller. Kalo sama2 pegawai kontraknya posisinya yg lebih tinggi yang mana yaa kira2 ?? Aku dulu di taruh marketing lalu dipindah teller.
secara grade sama aja, bedanya cuma digaji + tunjangan. beda2 tipislah..
berarti kamu iya kamu kurang cocok di marketing :D
salam.... pengalaman menjadi fo BRx selama 4 tahun dan cs 2 tahun
ingin tantangan pilihlah FO, target volume, jumlah rek Giro, Depo, Tab, dsb
dana naik turun seperti roll coster dijalani saja..
gaji pas2xn setiap bulan.. 3,9 jt/bln + tuj bbm = 4.250.000
paling ditunggu IJP / bonus laba dipertengahan tahun
karena bisa dihitung2x 21 x kali gaji selama 1 tahun... dgn syarat nilai raport Baik
rumus 21x adalah gaji tiap bulan 12x, cuti 1x, Thr 2x, IJP 4x, Laba 2x
namun tidak bisa jadi patokan ya.. yg 21 x gaji karena bisa saja ada perubahan kebijakan
dari pusat. yang bisa jadi patokan gaji 12x dan thr 1x karena diatur pemerintah.

kl kerja di BRI lebih baik memiliki saham BRI pula.. walau hanya beberapa lot saja.
biar bisa kebagian deviden dan merasakan hasil perkembangan perusahaan.(kan yang kerja keras para marketing)
dan lagi2x direksi tunduk pada pemegang saham.

Bravo Fo BRx
Great experience!
tp jangan pake akun anonim donk hehe (biar pd tahu) :D
gan untuk account officer mikro tugasnya sperti apa yaa gan, soalnya ane masih bingung ngelamar bagian ini kerjanya seperti apa
mikro = kelas menengah kebawah. jd targetnya pedagang di pasar, usaha2 kecil, dan sekelasnya.
Salam kenal Mas Fajar,, boleh minta pencerahannya mas. Aku skrg msh aktif kerja sbg AO Danamon dh 1th dan satu2nya AO cwe dsana.Sblmnya jd PS di BTPNS 1th jg. Skrg dpt panggilan di Mandiri pss MKS. Msh bingung mau diambil apa gk soalnya denger2 MKS Mandiri msh outsourching 3bln, sedangkn klo di Danamon kontrak lgsg sm Danamon 2th. Denger2 lg klo MKS gk nyampe target insentif gk kluar, sedangkan d Danamon brp pun pencairannya insentif ttp kluar proporsional. Gapok sm. Soal jenjang karir d MKS sendiri spt apa ya. Mohon pencerahannya Mas, mending diambil pss MKS apa ttp di Danamon
saya kerja sbg AO di bank BPR mas khusus kredit rakyat..sangat inspirasi..semoga bisa tahan lama, target 4 tahun aja lagi waktu kerja kantoran krn saya pengen usaha kalau audah cukup modal..ini masih dalam masa kontrak kurun waktu satu tahun..semoga betah dan selalu semangat kejar target, keluarga jadi motivasi saya dan selalu curhat kepada Tuhan setiap kalau ada masalah di pekerjaan..semoga bisa jadi lebih baik kedepannya untuk kita semua, terima kasih sharing pengalamannya mas fajar
amiinnn sukses selalu bro Yahdian
thanks juga feedbacknya ya. semoga teman2 disini terinspirasi :D
Salam kenal mas bro, besok saya baru masuk jadi mks bank mandiri, menurut yang udah tau kerjaan ini job desknya gmna n jenjang karirnya gmna?? Thanks
yap salam kenal jg. bisa baca2 lg gan artikel diatas. kalo jenjang karir bisa bagus (jadi peg tetap) itu jg prosedurnya berbelit-belit.
Halo sis Nia.. sori nih komentar kamu masuk spambox. aneh nih google pdhl bukan spam. baru cek jg.
danamon bunganya gede & susah mencapai target (pengalaman bbrpa temen2ku). kalo di mandiri bunga lbh kecil drpd danamon tp persaingan banyak. plus minus sih itungannya. kalo mau cepet dpt nasabah ya mending mandiri, kalo mau karir cepet naik ya danamon tp target susah tercapai (karena bunganya gede).
kalo soal lain2 aku kurang paham ya.. cuma itu info yg aku dapet dr teman2.
btw thanks udah mampir & komen. good luck!
Sebelumnya salam kenal mas fajar :)
Saya dapat panggilan jadi so di bank mandiri dan bank danamon tp danamon jadi sfo targetnya 1 hari closing.. menurut mas fajar berat di mandiri apa di danamon?
salam kenal balik Mas Arif
aq sih blm pernah ya kerja di danamon tp melihat temen2 sering mengeluh susah mencapai target. kalo aku sendiri (di bank mandiri) kala itu belum 1 bulan udah bs dpet ratusan juta pinjaman dr beberapa nasabah. kenapa bs secepat itu? karena emang aku fokus nyari nasabah. dan ada petugas sendiri bagian verifikasi dokumen, dan lainnya. kerja team terbukti lebih cepet.
Mas Fajar.. salam kenal :)
saya kemarin dapat panggilan wawancara posisi marketing KPR syariah Mandiri, bisa di kasih info soal posisi tersebut soalnya saya masih freshgrad....Thanks
yap salam kenal jg bro sakti
KPR = Kredit Pemilikan Rumah + Syariah. apa bener bebas bunga? hehehe soalnya udah mengusung nama Syariah. KPR saingannya berat2..
aku ga begitu paham banget soal marketing KPR ya, mungkin nanti temen2 dibawah bisa bantu mas sakti.
Thanks ya udah mampir.. good luck bro
Wa pengalaman anda luar biasa .... Jadi pingin nyoba . jadi marketg bank ...
Pengalaman ku juga gak sebagus kalian . sales kacamata target seblan harus 15jt terus awal masuk bulan pertama 2,8jt gaji ku hanya trima 250rb ... Tapi bulan kedua terhitung 4 hari sudah 4,9jt . terus resign pingin nyoba marketing dbank ... , karena gaji di optik itu hanya 12,5% dari hasil penjualan . ternyata kerja lapangan itu sangat menyenangkan .. Apalagi door to door
wow pengalamannya baguss mas danang. thanks ya feedbacknya.. mudah2an bisa menginspirasi yang lain. sukses terus mas (y)

btw, mas danang udah ngga sama darto di the comment ya? wkwkwk (canda mas :D)
hai bang fajar, salam kenal saya andryan dari medan.
saya mau minta pencerahan ni bg.
saya fresh grad, jdi saya diterima di bank C*MB N*AGA sbgai marketing Kredit Card..jd saya bener2 gak tau ni bang tentang marketing dan soal perbankan. kira2 saya lanjut atau cari yg lain aja ya bang.
soalnya saya jg gak pintar dalam ngola kata2. lagian saya orang nya agak pemalu gitu bang.
gimna ya bg.........???
kalau pun saya lanjut gimana ya bg cara memasarkan bagi saya yg masih pemula dan pemalu..??
sblum nya Thanks bg
mantap bang..
halo bro andryan..
sebar brosur aja dulu bro. mau ke galeri ATM (apapun) jg bisa. pura2 ambil duit aja, & tinggalin brosur deket2 ATM. biasanya kan ada tuh tempat brosur/meja yg kiranya cukuplah buat brosur, nah taro aja disitu. kedua, sering2 sharing sama temen2mu. acara perkumpulan apapun ikut aja itung2 buat ngelatih mental & olah kata.
sementara itu dulu deh, ntar lama2 jg paham kok.

Good luck bro (y)

ohya, bagi yg malu2 nanya/sharing via komentar, bisa juga hubungi ane via kontak form disebelah blog ini. udh banyak jg yg nanya2 via email bahkan ada jg yg ngajakin kerjasama. jgn sungkan2 ya gaes.. ane bantu jawab semampunya. thank u :D
yah memang nasib seorang pegawai bank bgitu ibadah brantakan smw uang bgk sberapa dpt nyb itu yg memutuskan gw resign dari perusahaan yg membesarkan gw bank mandiri dan beralih ke tempat kerja yg lebih baik lgi :-)"" eks staff mandiri"
Salam kenal bro Fajar, inspirasi nya bagus buat yg mau kerja sbg marketing di bank ataupun yg sedang bekerja jadi termotivasi.

Btw, saya baru interview di Bank syariah mandiri, saya kira pas panggilan buat posisi front liner/ teller ternyata posisinya jadi marketing KPR. Mungkin karna background saya lulusan d3 manajemen pemasaran kali ya.

Target 1 bln 1M, kalo kinerja saya Bagus sy di iming2i di angkat jadi pegawai tetap dan mengikuti tes ulang buat jadi backoffice. Menurut mas prospeknya Bagus ga KPE?
Salam kenal jg bro Dian..
medan persaingan KPR berat2 bro.. ruang lingkupnya jg lebih spesifik. beda sama pinjaman duit ruang lingkupnya lebih besar. krna kebanyakan orang butuh duit drpd rumah. apalagi harga rumah ratusan juta, bahkan milyaran. tp ya coba aja seru kok hehehe namanya jg marketing harus berani sama tantangan.

pastiin dulu kalo butuh target brp bulan untuk bisa ikutan test pegawai tetap? jaman skr unt jadi peg tetap di BUMN birokrasinya berbelit-belit.
Mas aku ditawarin kerja jadi sales person bri itu gmna sih? FO AO apa beda lagi? Tolong yaaa
Sales person kalo ga salah untuk pendidikan minimal SMA sederajat. target dibawah Rp.1M/tahun (kalo ga salah). ga beda jauh sama Mantri KUR. coba tanya2 sama pihak perusahaannya atau outsourcing nya ya. aku lupa hehe :D
Bang nanya nih.. kalo KTA itu misal ga target sebulan 2M berati kita ga dapat insentif??
Bukankah setauku insentif proposonal gitu
iya proposional (tergantung kebijakan perusahaan). KTA sbnrnya paling gampang jualinnya. krna ya itu ga ada jaminan kayak bpkb, sertifikat rumah, dsb. itu jg lingkupnya lbh spesifik : PNS, BUMN, dsb.
Hhh Gw kuliah jurusan perbankan,udah lulus kuliah kaga pengen kerja dibank mending krj dipabrik jd buruh.wkwk
waw antimainstream ya? haha
lbh gedean gaji buruh pabrik emang gan drpd peg bank. cuman kalo soal kerjaan gatau deh lbh enakan dipabrik atau bank? :P
Hallo om fajar blog nya bagus banget.. Bacanya bikin mental jatuh terus keangkat eh gak lama jatuh lg terus keangkat lg hahahaha..

Saya hari ini baru aja selesai interview dengan user bank danamon saya apply marketing funding.
Saat ini masih jadi marketing di perusahaan material supplier building.

Marketing funding lebih efektif prospek dari kenalan (relasi) atau door to door ya? Mohon pencerahannya.
hahaha terlalu diresapi kayaknya smpe mental jatuh segala :P
saya sndiri belum pernah jd funding ya, tp bbrapa teman sekantor dulu biasanya dia nyarinya ditempat2 keramaian kayak Mall, Kafe, atau iseng2 aja pulang-pergi kerja naik busway/kendaraan umum sambil memantau. kalau sekiranya cocok barulah beraksi (marketing hrs punya instinc/feeling). nah ini jg tergantung kelasnya sih.. kalo skalanya mikro cocoknya ya kepasar-pasar, pedagang grosiran, dsb. bisa jg door to door. coba2 aja mana yg lbh baik ya itung2 experiment. hehehe
rejeki sy habis mas d bank BPR, pdhl baru 2 bulan, target kan rencana 3 thun T.T
karena sy 2 minggu lalu kclkaan yg sy alami mengakibatkan tngn kiri sy patah walhasil sy d rumahkan utk istirahat masa penyembuhan.

Padahal sy merasa sudah sehat mas krn sy seminggu saja drmh ga betah, tgl 25 peb ini td sy ambil kputusan utk msuk kerja dg byr ojek pribadi utk bntu sy kliling marketing cari nasabah dg tangan kiri d gendongan..sy sehat otak bekerja baik, tngn kanan lancar mnulis dan apa yg saya bicarakan lwn bicara jg paham yg sy ucapkan serta kdua kaki sy ga ada mnglami mslh sdkitpun..

tapi direktur sy tdk melihat semua itu sbg usaha gigih sy ingin bekerja sbg AO yg fighting. Beliau tetap memberhentikan saya dg alasan kesehatan.
Saya terima dengan kecewa karena saya sangat menyukai tantangan sebagai AO marketing, calon nasabah jadi motivasi sy harus bekerja secepat mungkin karena mereka butuh saya untuk saya bantu salurkan dana kredit mereka. Saya disarankan untuk istirahat sampai sembuh total seperti sedia kala sebelum sy mngalami kecelakaan, "nanti kalau sudah sembuh kamu melamar lagi ke bpr seperti kamu pertama kali menjalani proses lamaran" begitu yang disampaikan direktur saya.

Tapi apabila sudah sembuh sehat total saya akan melamar di bank umum sebagai AO ketimbang BPR, atau saya akan usaha mandiri saja dengan berharap sambil saya penyembuhan saya dapat investor yg mau berikan saya modal, semoga !
Saya cinta pekerjaan marketing dan saya bangga pernah menjadi AO di perbankan walau hanya Bank Perkreditan Rakyat (Bank Mirip Pembiyaan namun bunga tidak sebesar pembiyaan / rentenir tapi bunga Bank BPR lebih besar daripada bunga bank umum)
Assalamualaikum mas fajar.. blog nya sangat membantu neh.. saya baru aja medical checkup di bank woori saudara posisi Marketing Faunding.. kalo baca komen2 dan postingan mas fajar sih kok agak serem jg ya jdi marketing di bank..
wa'alaikumsalam wrwb..
lebih serem di medan tempurnya bro hehe. intinya sih, pekerjaan marketing ini cocok bagi yg suka tantangan. kalo mau ambil aman, mending jd backoffice bro. ga dikejar2 target :D
Maaf bang fajar mohon pencerahannya hehehe.. saya di tawarin di bagian MKS nih di bank mandiri tugasnyaa sperti apa ya?
Mampir sini lagi mas fajar.
Akhirnya ambil tawaran rfo mega. Bener2 kilat beres Wawancara regional langsung ttd kontrak di pertengahan desember kemaren. langsung terjun ga ada pelatihan hehehe. Padahal dari cs. Tapi alhamdulillah selalu terlampaui targetnya.
Enak juga jadi fo. Dah masuk target kerja bisa santai 😅
bener bakn swasta kedepannya gimana juga
kalo soal karir BRI asal sabar yaaa bisalaaahh
saya mantan RO bank BTPN kalau dulu saya tugasnya sama kayak AO tp cuma nyari nasabah ga ngurus tagihannya juga
tp ga tau kl di bank lain mas fajar mas slamet
halo bro surya.. MKS = Mikro Kredit Sales. ya gajauh beda sama pengalaman saya diatas masbro. intinya cari dana pinjaman. semangat! :D
welcome back mas imam. iya nih artikel ini rame (always be trending topic hehehe). makin banyak yg galau ternyata.
wawww amazing! selamat ya mas imam atas perjuangannya, akhirnya membuahkan hasil. nah mungkin teman2 nanti ada yg mau tanya2 soal FO, silahkan hubungi mas imam ya. bnyk jg soalnya yg nanya soal FO tp saya sndiri belum pernah jd FO -__-
Sabar mas dian, tetap semangat. mungkin ini ujian sebelum Mas naik kelas. berdoa, bersabar, dan berikhtiar. Insya Allah kalo sdh waktunya Allah ngasih ganti yg lebih baik dr sebelumnya.
Good luck ya.. :D
Mas fajar, saya galau nih. Saya besok ttd kontrak untuk marketinf mandiri tapi via vendor global access, nah waktu interview saya dibilangin untuk marketing mesin EDC. Saya kan freshgraduated nih mas, saya maunya kantoran tapi dapetnya marketing. Saya juga jurusan akuntansi kuliahnya dlu. Udah 4 bulan nganggur juga. Butuh pencerahan😭
Hello Tari..
marketing mesin EDC (mesin gesek) biasanya untuk alat pembayaran di mall, supermarket, toko grosir, dsb. kalo di BRI komisinya lumayan loh gatau dh kalo mandiri.
kalo kerja ga sesuai keinginan emang berat ya.. btw kamu punya skill apa yg kira2 bisa dijual? masuk aja kesini http://projects.co.id kalo kamu kerjanya terpaksa (karena nganggur 4bulan & bosen) coba masuk aja ke projects.co.id jual aja skill yg kamu miliki sambil cari2 yg lain. atau jualan aja di marketplace lokal (bukalapak, olx, kaskus, tokopedia, dsb).

Sesuaikan dg passionmu seberat apapun kerjaan pasti terasa enak aja. kalo mau coba2 ya silahkan aja. marketing bagus loh buat melatih mental & latihan jualan :D
Dulu saya diposisi AO tapi bukan bank yang disebutkan tp bank swasta nasional inisial M, dan stelah dapat 6 bulan bekerja saya merasa lelah mondar - mandir cari nasabah baru, yang bener - bener fix history pinjamannya, sering sekali saya dapat nasabah yang history pinjamannya hancur - hancuran, yang saya sayangkan pihak bank mematok pinjaman yang keluar minimal 25 Juta sedangkan didaerah saya waktu itu untuk mencari nasabah kredit segitu besar lumayan susah, padahal kredit nominal 5 - 10jta banyak sekali, so perbulan setiap AO hanya mampu menyalurkan kredit 150jtan.., akhirnya bank stop lending dan saya resign bersama teman - teman 4 AO lainnya,.. pengalaman yang sangat berharga sekali...,
Hai mas fajar..mau tanya ini jadi marketing (AO) di mandiri kalo misal belom mencapai target..tiap bulannya tetep dpt gaji pokok kan ya? kontraknya berapa lama mas? soalnya pernah 7 bulan di futures nggak di gaji sama sekali gara2 nggak pernah capai target. terima kasih.
@Fenni : iya tetep digaji bulanan kok. biasanya maximal 6bulan (kalo target ga tercapai di putus kontraknya).
Mau nanya nih mas, kalo kita dari AO itu bisa gak ya pindah jadi back office? Saolny saya cewe nih jdi menurut saya sih enakan kerja di kantor walau gajinya gak sebesar AO. Hihi
Makasih sebelumnya tolong dijawab ya. :D
Setahuku kalo BRI & Mandiri bisa. tp kalo BRI kesempatan kerja di backoffice nya terbatas. kalo di Unit masih mending soalnya posisi CS bisa lebih dr 1. bahkan ada yg sampe 4 CS. 1 CS depan, yg lain CS belakang (biasanya ngurusin kredit), kalo di cabang namanya ADK.
Super duper membantu tulisannya hehe
Mas, saya minta pencerahan, tolong banget hehe, saya fresh graduate, dan mendaftar di bank daerah, 1 april kemaren Wawancara terakhir bersama 4 direksi, tapi di sambung lagi tanggal 4 April karna masih belum wawancara sama 3 direksi,
Permasalahannya saya mendaftar di Tenaga Administrasi, tetapi sebelum wawancara dimulai disuruh mengisi formulir, dan TTD berserta Matrai, di dalam formulir tersebut terdapat pertanya bersediakah menjadi FO jika disuruh dan juka tidaj mencapai target akan diberhentikan dalam kontrak 1 tahun, sedangkan kalau TA kontraknya 2 tahun daftarnya di TA masa entar kalau dapat di FO
Saya jadi bimbang mas gak ada modal sama sekali, dan saya bingung mencapai target 1M selama 1 tahun itu bagaimana apakah itu memberikan pinjaman atau mencari nasabah yang ingin simpan modal hehe makasih mas
Mas aku mau tanya dong kerjanya marketing mandiri mitra usaha sama bank mandiri yg biasanya sama atau gimana ya mas? Butuh pencerahan nih mas
Mas fajar, aku Kan freshgraduate trus kebetulan dapat panggilan tes di bni syariah mikro untuk posisi marketing. Awalnya sih aku ga pengen marketing karna beban yang harus di pertanggung jawabkan kepada bank tempat kita bekerja. Ya karna kebetulan disana yg lagi d butuhkan untuk posisi marketing. Sekarang saya sudah tinggal menunggu hasil tes tahap akhir, sebelum nanti tanda tangan kontrak. Menurut mas fajar gimana? Apa aku ambil aja atau gimana? Mohon pencerahan nya mas, mungkin ada temen mas fajar yang pernah dapat bagian marketing di bni syariah. Makasih mas
kalo mau dibatalin mulai skrg aja gpp, kalo udah kontrak & tiba2 dibatalin ntar bs kena denda. fresh graduate mah msh bnyak yg butuh. coba cari loker lain yg sesuai keinginan kamu. kalo ada job fair dateng aja.
Mas fajar, kalau asisstant marketing officer Bank mandiri job deskripsi nya apa ya mas ?? Mohon balasannya
namanya jg assisten pasti jg ga jauh dr pemasaran mas. kalo dl saya belum ada sih. gatau ya kalo skrg.
Blognya bagus bang fajar..
Mau minta saran, saya freshgraduate pengen coba jd agen di bank btpn dgn gaji umr, insentif.sulit tidak mencari nasabah menengah untuk membuka rekening ? Action awalnya gmn ya.. ☺ maklum masih baru.. thx bang
btpn ya? wah saya kurang tahu ya. kalo btpn pny kelebihan & bnyk offer menarik, saya rasa banyak nasabah yg mau.
Kk resign dari mandiri ngabarinnya pas hari H apa seminggu sebelumnya?alasan kk klw blh tau apa ya. Soalnya saya juga mau resign
seminggu sebelum. ya bilang aja udah ga kuat. mereka jg paham kok. job desk marketing itu udah biasa keluar-masuk, ganti pegawai baru, ganti pekerja baru. udah biasa
Wah mntap nih utk berbagi pengalaman, apakah sdh dibuat grupnya? Dan kalau blh tahu apa linknya mksh mas Fajar...
hehehe belum sempet mas msh sibuk sama yg laen :D
blog ini aja udh lama belum update, sementara ini bales2in komen & email aja :P
Mas saya masukin lamaran jam 11 pagi td dan di telp org mandiri jam 1 siang untuk ngisi posisi Sales bla bla,, saya ga dgr jelas krn suara mbaknya kecil bgt. Saya tanya tugasnya apa katanya nawarin produk mandiri ke toko-toko. Itu sbenarnya posisi apa ya mas dan tugasnya apa saja. Saya ragu mau ambil krn saya ga bakat jualan gt. Hehehe. Mnurut mas bagusnya saya ambil ato ga ya krn saya ngarepnya CS ato teller sbenarnya.. hehe. Mohon pencerahannya mas, makasih.
udah jelas masarin produk atau cari nasabah. gak nyaman, cari lain. masih banyak kok. good luck!
Halo mas bro, gw mau nanya nih, kemaren baru aja interview untuk posisi frontliner di mandiri bandung, tp pas interview malah ditawarin bagian kredit soalnya lg butuh org katanya, trs dia nanya gw suka bagian admin atau marketing, gw jawab aja suka dua2nya, nah yg gw mau tanya soal salary, gedean gaji admin, analis, atau marketing ya mas? Makasih
walah soal gaji gedean mana? umumnya sama bro.
tp kalo marketing biasanya ada bonus/insentif & tunjangan pulsa, bensin, makeup (cewek), parfum (cowok), laba keuntungan, dsb.
hallo mas fajar, saya mau sharing dan minta pendapat sm mas yg sudah berpengalaman nih, saya S1 menejemen bisnis, pengalaman saya 1 thn di staff admin, skrg saya di tawarin kerja di marketing kpr mandiri, saya blm begitu ngerti sama jobdes markering kpr ini, yg saya tau mencari nasabah dan jual rmh kpr saja, tp disini saya bingung mau diambil apa gak yaa, takutnya kerjanya panas panas'an dan lbh byk di luar, sedangkan saya kmaren kerja di hnya stay di office, kluar" paling pertemuan rapat tender kantor saja, itupun smua di fasilitasin kantor, kira kira kalau markering kpr mandiri ini gmn ya mas ?
Hello Meylin..
kalo soal mobile (keluar) panas2an atau enggak, ya tergantung kamu pake mobil atau motor? hehe.. sejatinya iya KPR cari nasabah yg butuh rumah. persaingan disini ketat banget, bahkan lbh ketat drpd pinjaman2 yg lain. kalo soal tunjangan, biasanya perusahaan2 BUMN terutama marketing Bank pasti di sediain fasilitas mulai dr kendaraan (bisa mobil atau motor + bensin), uang pulsa, dsb. udah lama banget out dr Mandiri (2011 lalu) ga tau perkembangan terbarunya. ga ada salahnya kamu nanya2 sama peg bank mandiri yg msh aktif hehehe

Btw, thanks ya udah mampir di blog alakadarnya ini :D
malam mas fajar salam kenal, mau nanya mungkin mas mengalami or pernah ditanya pas interview kerja, kalau kita punya pengalaman kiranya 3 bulan dalam marketing. apa bisa dipertimbangkan untuk tambahan nilai dalam interview perusahaan lain?? # kebetulan lagi naruh lamaran di bank danam*n dngn iming2 percobaan marketing kredit mikro 3 bulan jika sesuai target diangkat jd peg tetap.(seandainya gk kesampean tu target) mkasi banyak mas. semoga sehat selalu..
halo Mas Tri Satya
cantumin aja mas experiencenya. meskipun 1bulan cantumin aja gpp buat bahan pertimbangan mereka. test masuk kerja di jobdesk marketing sbnrnya ga terlalu sulit, yg sulit itu pas praktek di lapangannya. bisa apa enggak dapet nasabah terlebih mencapai target?
jobdesk ini sudah biasa banyak yg keluar-masuk pegawai baru, krna banyak yg ga betah. intinya kuat2an mental hehehe.
Asalamualaikum mas fajar

Nama saya sonang dan saat ini sdg kerja sbg PKWT CS di salah satu BUMN. Gaji bulanan saya 5.9 belum tunjangan2 lainnya. Besar?alhamdulilah...tp kontrak dan belum ada PKWT yg diangkat disini..makanya mau cari yg tetap

Saat ini saya mau apply BRIS posisi account development program. Pertanyaanya:

1. Tau ga gajinya brp?haha
2. Prospek AODP mnurut mas gmn?
3. Apakah mas familiar dgn akad syariah yg sebenarnya tjd di bank syariah terutama bris?

Karena banyak situs sebelah cerita klo bank syariah prakteknya tdk syari dan lingkungan kerja jg ga syari, rekan2 juga ga islami.

Sedangkan saya ingin taubat dr dosa2 yg udh saya lakukan dan ingin dekat dgn Allah. Saya berpikir mnjadi AO BRIS sama dgn berdakwah krena mengajak umat untuk bermuamalah sosio-ekonomi perbankan d tempat yg syari.

Makasi mas..assalamualaikum
Wa'alaikumsalam wrwb Mas Sonang..
CS BUMN apa ya? gede jg mas gajinya 5,9juta benar? belum tunjangan yg lain pula. WOW banget!
kalo PKWT blm ada jd msh outsourcing apa gmn?
wah kalo BRI syariah kurang paham ya gajinya. tp teman saya ada yg jd AO di BRIS kata dia gajinya kecil mendingan di BRI konvensional. ujung2nya temen saya ini pindah ke BRI konvensional.. tp krna ga mencapai target dia resign hehehe.
Saya ga begitu paham mas soal syariah soalnya jg belum pernah kerja disana.
kalo bahas soal riba, tiap uang rekening di bank udah bercampur riba mas. transaksi keluar masuknya uang udah bercampir mas. kita tau dosa riba lbh besar puluhan kali lipat drpd dosa berzina. kalo soal akad pinjaman syariah riba atau bukan, saya jg blm NGEH soalnya jg ga mempelajarinya sih hehehe

pointnya, jaman skrg ga ada yg bs lepas total dr jeratan riba. selama kita memakai rekening bank itu udh pasti bercampur riba. solusinya cuma 1 :

" BANYAK-BANYAK BERTAUBAT ". ini sesuai perkataan Rasulullah dmn umatnya di akhir zaman ga ada yg bs lolos dr riba. gabisa lolos tp bs meminimalisir pengaruhnya.
selama kapitalis masih ada, selama itu pula riba tetap subur.
Sebuah Cerita yang sgt bermanfaat. kbtlan gw jg skrng berprofesi sbg Marketing Freelance tp bidang lain (Payment Point).Awalnya jg jadi AO disbh PT, gaji UMR, Target, kerja muter2 sampai item, banyak tekor target tak tercapai, Tapi gw ambil Ilmu Marketingnya , trs gw tinggalin dan Ambil resiko jadi Marketing Freelance dan bekerja secara online. 3 bln pertama penghasilan GW hancur lebur bisa dikatakan NOL, Padahal sdh kerja dr jam 6 pagi sampai jam 12 malam tiap hari. Tapi semua gw ambil hikmahnya utk berbenah dan Alhamdulillah dibulan ke 4 gw bisa menikmati hasilnya (sdh hampir 3 th). Nambahin saja buat rekan2 yg berprofesi sbg Marketing /AO jika pekerjaan saat ini ANDA YAKINI SESUAI DGN KATA HATI ANDA JALANILAH DENGAN TEKAD KUAT DAN SELALULAH BERFIKIR POSITIF AGAR HASILNYA POSITIF. Buat yang ingin jalani profesi sbg Marketing Freelance sprt Gw silahkan mampir ke web GW, ada peluang utk anda yang mau https://kiosbisnis.com/registrasi-ca/

Jadi marketing memang agak susah ya diawal. Tapi kalau udah mahir, duuuh, banyak yang nyari. Harga kita bisa sangat jauh di harga pasaran seorang marketing lainnya.

Sukses jadi marketing juga bukan mimpi semata. Bisa koq sebenarnya.
But thanks gan buat postingan, bagus banged.

Cuman bagi yang ingin tips lain tentang sukses jadi marketing, bisa baca disini ya
http://www.infolaku.com/2017/06/sukses-sebagai-seorang-marketing-why-not.html
Thanks postingannya mas..
thx postingannya bro...

Bagi ada data reject d bank, atau tidak bisa di proses kemana2.

bisa oper k saya. pinjaman dari 500 juta - 200 Milyar.

Kantor usaha Khusus Jabodetabek

minat telp/WA:
085693633007
Dicky
Pada intinya sih tergantung semangat kita aja... Mau masarin bunga murah ato gak pinter2 kita aja bujikin calon nasabah spy mau ngambil di kita..
Saya udah 7 th di bank mandiri sbg mikro kredit sales.. Udh ngrasain jath bangun nya disini.. Ngrasain kelolan bagus, npl meledak mpe bagus lagi.. Dan skrg dgn total THP yg saya dpt bisa setara dg total gaji kepala cabang saya (gak sombonh loh) kadang sya berpikir ulang untk mencari yg lbh baik... :)
salam mas fajar,
saya AO BRI Banjarmasin sudah 4 tahun bekecimprung di dunia pinjaman dari kelahi sama debitur sampai kelahi sama preman buat nagih debitur memang keras mas kehidupan Ao marketing pinjaman apalgi fo di BRI, tapi kalau sudah masuk di BRI mental sudah diuji abis dan kuat untuk kerja di Lain , saya jujur saja sekarang saya mulai membangun usaha sedikit demi sedikit buat loncat dari BRI dan apabila ikatan dinas saya abis mungkin saya lebih memilih usaha karena kerja lapangan memang lebih boros ketimbang kerja dalam ruangan, salam kuat buat semua marketing Bank semoga mental menyukseskan semua amin
terima kasih feedbacknya mas rizky. sukses ya sama usahanya. good experience (y)
Mas.fajar....saya baru ditrima jadi sales KTA Bank Mandiri,baru sekitar 3 minggu...yang saya lakuin masih sebatas sebar brosur ke perusahaan-perusahaan yg payroll Mandiri..itupun kadang cuma sampai di tangan pak.satpam..hehe..nggak tau nanti kesebar ke karyawan2 perusahaan pa nggak...karena saya juga msih bingung bagemana bisa langsung ketemu calon nasabahnya..mungkin bisa kasih tips mas..
coba masuk ke RS, bidik para dokter. main ke gedung2 perkantoran pas jam istirahat. sebar brosur ke galeri ATM yg diluar bank. perbanyak sharing sama temen seprofesi. atau mnta diajari senior atau manajer. intinya jalin hubungan baik sama siapapun nanti pst ada aja nasabah.
Bang mau nanya, saya kemarin dapat tawarab di bank mandiri plaza bapindo. Nah disitu saya disuruh temannya om saya di bagian KTA ato apa gitulah. Kira" itu bersangkut paut dengan marketing bukan ya bang? Terima Kasih.
iya memasarkan pinjaman kredit tanpa agunan pak.
Hai mas fajar, saya ex marketing personal loan di scb bank. Dan dapat tawarkan di A*z bagian marketing PL juga huhu udah training tinggal sign kontrak tapi akhirnya ga ambil pekerjaan itu, mengingat target yg tiap bulan mau ga mau harus chiev, persaingan bunga juga besar di mana mana. yang aku bingungkan nih mas ko susah ya cari jobs di luar marketing, sudah beberapa kali interview di tawarinnya pun marketing kembali, mas fajar mungkin ada saran hhe :)
submit aja di portal loker (jobsdb, jobstreet, dsb). kalo ga dateng aja langsung ke perusahaan outsourcing BRI

PT. PKSS (prima karya sarana sejahtera)
Jalan Buncit Raya No. 75, Mampang Prapatan, RT.4/RW.5, Kalibata, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790

PT tsb sering open recruitmen peg baru. (teller/cs/marketing/dsb). coba aja dateng walk interview.
Disini belum Ada yang pernah jadi marketing kredit pensiunan bank bukopin atau bank BNI kah?
siang kak mau nanya, aku ikut MDP M*ybank nih tapi sebagai RO dan ikatan dinasnya 3 tahun. aku selama ini kerjanya di backoffice terus tergiur sih dengan gaji dan fasilitasnya. tapi ini kan bank swasta dan pasti saingannya luar biasa susah apalagi dibanding bank BUMN. Kalo boleh tau kerjaan RO ini kayak gimana ya? terus yg memberatkan dari akunya sih targetnya yg 3,5M sama ikatan dinasnya yg terlalu lama. menurut masnya gimana ya? makasih
maybank kalo ga salah dulunya century bank ya?
RO = Relationship Officer bukan? kalo dr namanya mungkin kerjanya fokus mencari relasi/membina hubungan dg nasabah. mungkin ya hehehe soalnya belum tau jobdesk ini.
Bank swasta bs bersaing dg BUMN dg catatan : bunga harus lebih murah. itu sih..
kalo lbh mahal sulit.
1 – 200 dari 279 Lebih baru Terbaru
Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank

Lika Liku Perjalanan Seorang Marketing Bank

Berbagi pengalaman ketika menjabat marketing bank untuk memasarkan kredit dan solusinya.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion