Dotycat.come Plus Minus Berbisnis dan Kerja Kantoran
Plus Minus Berbisnis dan Kerja Kantoran
Plus Minus Berbisnis dan Kerja Kantoran

Plus Minus Berbisnis dan Kerja Kantoran

- +
Kerja Kantoran maupun Berbisnis kalo menurut Gue sama-sama ada plus-minusnya. tapi sebagian besar orang ingin memiliki pekerjaan sendiri/bisnis. banyak yang bilang udah bosan dengan rutinitas. tapi perlu diketahui ngga selamanya bisnis itu enak, apa lagi yang baru-baru merintis. banyak banget tantangan yang musti di hadapi, mulai dari tantangan internal (diri sendiri) & tantangan external (kompetitor misalnya). pendapatan tak pasti (naik-turun), dan tentunya banyak larangan yang musti dijauhi kalo udah terjun di dunia bisnis.
Hal ini tentu berbeda jauh dengan kerja kantoran yang tiap bulan udah pasti di gaji. jujur aja ya selama beberapa minggu ini Bisnis Gue lagi nggak baik (turun), otomatis pendapatan juga merosot. perkembangan teknologi kalo Gue perhatiin selama setahun terakhir ini lumayan cepet. kalo ngga bisa berinovasi ya tertinggal sama yang lain. seperti yang Gue alami sekarang.

Bro, sebelum ente bener-bener terjun di dunia bisnis baiknya persiapkan dulu dirimu, atau perhitungkan matang-matang terlebih bagi yang masih ngekos (ga serumah/jauh dari ortu). ga selamanya bisnis itu berjalan baik mengingat kebutuhan tiap hari, tiap bulan udah pasti. Gue baru merasakan sekarang dan ini tantangan terbaru dalam hidup Gue. awalnya bisnis Gue ini fine-fine aja, justru pendapatan meningkat tajam. tapi setelah 3 bulan terakhir ini Gue menemui kendala/masalah yang lumayan serius. kebutuhan semakin banyak tapi pendapatan semakin menipis. kalo kata bokap Gue, " nah sekarang lo baru bisa merasakan ADA MASALAH. selama elo belum nemu masalah dalam bisnis, selama itu pula elo tetap stagnan (ga maju-maju), masih sama, biasa aja, ga ada bedanya sama kerja kantoran ". * sejenak langsung hening -_-
Gue mengutip dari biografinya Steve Jobs yang berbunyi :
Jika kamu punya tujuan besar, kamu akan dihadapkan tantangan besar. mulailah berfikir besar, bertindak lebih konkrit. Ubahlah, Kembangkanlah, dan Buat tandasmu disitu. Saat kamu mengerti itu, kamu tidak akan menjadi orang yang sama lagi.
Yap, Gue emang punya harapan yang besar dalam hidup ini. so, semakin besar keinginan Gue, semakin besar pula tantangannya.
Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum terjun di dunia Bisnis, dan jangan sampe kayak Gue (khususnya yang hidup ngekos/mandiri) :

Modal uang bukan yang utama, tapi Good Mentality

Kenapa?, ya kalo menurut Gue " Mental adalah modal utama, bukan duit ". ada uang buat modal usaha ngga menjamin bisnismu berjalan baik, apa lagi berkembang?. kecuali memang sudah punya Team Profesional yang bisa menghandle/mem-back up. tapi bagi pebisnis pemula harusnya mengerti seluk beluk bisnisnya terlebih dahulu.
Cara memulai berbisnis untuk pemula bisa baca artikel ini. dan yang lebih utama adalah MENTAL PANTANG MENYERAH. di sini kita akan di tuntut kreatif, berinovasi, jangan mudah mengeluh ketika berhadapan dengan masalah nanti lama kelamaan kamu akan terhenti di tengah jalan hingga berujung kegagalan. kalo menurut Gue ini alasan yang paling penting " GOOD MENTALITY ". mengeluh, malas, hanya akan membuat kita semakin lemah. harusnya cari solusi, dan minta pertolongan sama Yang Maha Kuasa.

Membangun Jaringan (Cara Sukses Modern)

Saat ini kita tahu kebanyakan Pebisnis Sukses adalah memiliki jaringan yang luas. baik secara offline maupun online. aktif di berbagai social media saling sapa atau memperkenalkan diri, mengikuti event, workshop, seminar adalah cari terbaik membangun jaringan. biasanya event-event bisnis start-up di jakarta sering di adakan perusahaan digital media seperti detik, kompas, dsb.

Investasi Ilmu

Pebisnis Sukses juga ngga jauh dari investasi ilmu. bisa dengan seminar, baca buku, kursus online, dsb. kemarin-kemarin Gue sempet mau ikut mentoring class Mas Ippho Santosa tapi Gue batalin karena ngga sanggup bayar biayanya. karena ngga sanggup jadi Gue milih investasi ilmunya ke Buku. kebetulan 3 tahun terakhir ini Gue sering beli buku di gramedia. kalo Gue total investasi ke buku aja mencapai Rp.700ribuan.



Dari sekian banyaknya buku yang paling penting buat Gue adalah perbaikan mental. umumnya buku perbaikan mental cenderung jadi satu dalam buku self development & business. jadi secara khusus membahas perbaikan mental itu ngga ada.

Pekerja Kantoran (Rutinitas)

Bosen ngga sih setiap hari berangkat pagi pulang petang?. belum lagi porsi kerja ngga sebanding dengan gaji yang kita terima. jujur aja, Gue ngga pernah puas dengan aturan manajemen perusahaan terlebih soal kesejahteraan karyawan. ini salah satu alasan mengakhiri karir dan memulai berbisnis. hidup di jakarta yang serba beli, dan ngga murah harus pinter-pinter memanage uang. kalo engga, yah duit yang baru masuk rekening 2-3 hari pasti udah lenyap buat nutupi tagihan. dan godaannya juga banyak bro apalagi yang suka shopping, gonta-ganti handphone, kuliner, terlebih yang suka traveling.

Budaya Pekerja Kantoran vs Budaya Pebisnis

Ini nih penyakit para pekerja kantoran " Gengsi Gede-Gedean ". sepengalaman Gue, banyak diantara rekan kerja punya gadget lebih dari satu bahkan ada yang sampe 3 gadget. dan harganya pun ga sebanding (lebih mahal) sama penghasilannya perbulan. mereka pikir semakin banyak barang yang dia punyai, berarti dia makin gaul, keren, kaya, padahal sumber penghasilan & jumlahnya sama seperti rekan-rekan yang lain. sekiranya harganya mahal, mereka memilih kredit/nyicil. kalo menurut Gue mah, cuma orang bego aja beli gadget sampe dibela-belain nyicil. ini karena apa?, iya karena GENGSI cuy. gengsi itu yang memperbodoh kita, mempersulit diri kita.
Beda kalo buat pebisnis ya.. mereka punya banyak gadget karena untuk kebutuhan bisnis bukan buat gaya-gayaan seperti pekerja kantoran. kebanyakan pebisnis sukses lebih banyak mengalami kegagalan, paitnya hidup, begitu mereka sudah mencapai kesuksesan mereka jadi lebih tau diri, ingat dimana masa-masa ngga enak yang pernah di alami. jadi pasti bisa memilah-milah keputusan yang lebih bijak. kebanyakan orang kaya statusnya bukan pegawai, tapi Pengusaha. karena kebanyakan dari Pengusaha lebih mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan. ini salah satu ciri Pengusaha Sukses.
Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Plus Minus Berbisnis dan Kerja Kantoran

Plus Minus Berbisnis dan Kerja Kantoran

Plus minus antara berbisnis dan kerja kantoran sesuai bidang yang di geluti.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion