Dotycat.come Ukuran Kebahagiaan vs. Pengeluaran
Ukuran Kebahagiaan vs. Pengeluaran
Ukuran Kebahagiaan vs. Pengeluaran

Ukuran Kebahagiaan vs. Pengeluaran

- +

Apa yang terlintas dalam pikiran teman-teman kalau bahas soal kebahagiaan? bagaimana teman-teman mengukurnya? apa indikatornya?

Paling umum biasanya soal pencapaian finansial. yang artinya meletakkan kebahagiaan dari sisi eksternal (dari luar). bagi Gue itu hanya sebatas kebahagiaan semu. ya, hanya untuk beberapa saat saja.

Atau mungkin pencapaian karir? bisa jadi. tapi bagi tipe manusia seperti Gue, karir diperusahaan bukanlah sesuatu yang menyenangkan. ngga tahu kenapa begitu awal lulus kuliah, gue ngga pernah mikirin karir bakal naik apa engga. lempeng aja. 

Justru yang bikin gue ternarik adalah mempelajari sistem, culture, dan manajemen perusahaan. endingnya Gue berhasil bikin PT sendiri. ya baru nama sih, tapi next stepnya juga udah Gue susun rapih. tinggal cari para Spesialis dibidangnya. masih on progress...

Ukuran Kebahagiaan vs Pengeluaran

Gue sampai detik ini ngga nyangka udah jadi bapak-bapak hahaha. awalnya gue selalu berpikiran eneg sama pernikahan. dan emang bikin eneg. paling males ketemu orang banyak, duduk-berdiri salaman sampe pegel. diatur-atur photographer, dsb.. sumpah itu masa-masa yang akhirnya bikin Gue lega melewatinya.

Nih buat elu yang masih belum menikah. baca baik-baik point ini:

  • Nikah itu butuh biaya yang ngga sedikit. minimal 90 juta (sepengalaman gue). itupun acaranya sederhana dan gue harus patungan sama istri. jadi total biaya nikah, mahar, seserahan, makan, photography, dekor, sewa baju, make-up, dll.. itu habis hampir 100 juta. dibagi dua sama istri. bangsat ngga tuh? WTF
  • Setelah menikah, elu jangan nunda-nunda momongan. gas aja. usaha dengan benar. nah kalau udah ada hasilnya, maka: biaya check kehamilan, vitamin selama hamil, dan lain-lain sampai melahirkan paling ngga siapin duit 10-20 juta. jadi dari sini gue ngerti sih kenapa banyak yang nunda, karena emang keluar biaya lagi. ya menurut gue mending begini sih dari pada nunda momongan jadi bacotan tetangga & saudara mulu kan?
  • Setelah semua diatas berhasil dilalui, selanjutnya ada lagi acaranya. empat bulanan lah, 7 bulanan lah, sampai aqiqah. keluar duit lagi dah. gue itung-itung nyaris 7 juta.
  • Gue ngontrak rumah 35 juta setahun. yes, lebih suka misah/hidup sama istri sama anak aja. males ikut mertua.
  • Mental harus bener-bener siap. elu bakal ngadepin segala kemungkinan diluar ekspektasi/planning. banyak-banyak berdoa aja dah. selamet.
Apa gue bahagia? yes tapi hanya sesaat.
ini bukan soal ngebandingin effort+biaya vs kebahagiaan yang didapet. tapi kadang emang bener, mencapai kebahagiaan dilevel tertentu butuh biaya yang ngga sedikit.

Paling ngga sekarang gue udah berhasil bikin mingkem yang suka bacot, nanya mulu kapan nikah? nih gue udah nikah & langsung dikaruniai buah hati yang lucu-lucu. mingkem semua.

Gue selalu bersiap diri kalau lagi bahagia, ya sewajarnya. ngga berlebihan sampe norak di socmed. pun kalau lagi berduka ya sewajarnya. ya emang begini namanya hidup. berpasang-pasangan. ada suka, ada suka. ada air, ada api. dan yang paling penting..

ada Aku, ada Kamu...

Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Ukuran Kebahagiaan vs. Pengeluaran

Ukuran Kebahagiaan vs. Pengeluaran

Justru yang bikin gue ternarik adalah mempelajari sistem, culture, dan manajemen perusahaan. endingnya Gue berhasil bikin PT sendiri.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion