Dotycat.come Tradisi Hari Raya Idul Fitri
Tradisi Hari Raya Idul Fitri
Tradisi Hari Raya Idul Fitri

Tradisi Hari Raya Idul Fitri

- 1
Bulan ramadhan sudah memasuki hari ke 21 artinya tinggal 9 hari lagi menuju hari kemenangan. Hari raya idul fitri yang biasa kita sebut " Lebaran " adalah momen besar sepanjang tahun bagi umat islam seluruh dunia. dengan hadirnya Idul Fitri kita seperti terlahir kembali, iya kembali ke " Fitri (suci) ". Dosa-dosa yang telah lalu Allah ampuni sebagai nikmat yang besar bagi hamba-hamba Nya yang beriman. Allah mensucikan kita di hari yang fitri ini, jadi lepaskanlah segala dendam, iri/dengki, atau hal-hal negatif lainnya.

Oh ya, ngomong-ngomong udah pada dapet tiket mudik belum?. atau pakai kendaraan sendiri?, atau lagi ngga mudik nih?. bagi sebagian orang mudik bisa di bilang penting ngga penting, tentunya ada alasan sendiri buat mereka kenapa ngga mudik. ada yang ngga pengen desak-desakan di dalam kendaraan, ada yang pengen nunggu arus balik selesai dulu, dan lain-lain. Kita tahulah arus mudik sangat menyibukkan khususnya di jalanan. yang pakai jalur Bus bermacet-macetan, yang biasa 1 hari jadinya 2 hari baru sampai tujuan. makanya Gue menghindari banget yang namanya naik Bus saat momen lebaran. capek di jalan doank bro..
Buat yang mau mudik, udah pada siap belum menghadapi orang-orang di kampung halaman?. seperti apa?, mari kita bahas Tradisi Hari Raya Idul Fitri

Kumpul Keluarga

Ini yang paling penting, momen yang ditunggu-tunggu setiap orang " Kumpul Keluarga ". hal utama pas momen lebaran saat ini adalah sungkem sama kedua Orang Tua, selanjutnya kakek-nenek, saudara (adik/kakak kandung), baru lah ke kerabat-kerabat yang lain. biasanya malem takbir kita sering dapet broadcast yang isinya maaf-maafan, ucapan selamat lebaran, kalau Gue menghindari hal ini. kenapa?, alasan pertama adalah lebaran masih besok dan dahulukan maaf-maafan sama keluarga, setelah itu baru sama yang lain. yang kedua, kalau memang niatnya maaf-maafan Gue biasanya langsung kirim pm (private message) dan menghindari broadcast. karena kalau broadcast kesannya ngga niat, cuma ikut-ikutan kalimat orang lain. kopi paste, dan kirim ke orang lain. sumpah ini nggak etis banget, dan kalau dapet broadcast semacam ini ngga bakal Gue bales. sering juga Gue sindri di status kalau emang niatnya maaf-maafan kirim private message bukan broadcast apa lagi kalimatnya kopas.



Banyak Makanan

Setelah menjalani ibadah puasa ramadhan selama 30 hari penuh, inilah salah satu bagian dari hari kemenangan " Banyak Makanan ". satu meja penuh dengan aneka macam makanan. tapi inget bro jangan kebanyakan makannya, mentang-mentang puasa udah lewat makanan banyak yang di embat. sewajarnya saja ya .. nanti bukannya jadi kenyang malah jadi kesakitan karena kekenyangan. orang sakit, orang meninggal, bisa juga dari makanan terlebih makannya berlebihan.

Kapan Nikah?

Disela-sela kumpul keluarga, sambil ngemil makanan di meja, enak-enaknya ngobrol sama keluarga, saudara, kerabat, dan para tetangga, tiba-tiba muncul pertanyaan " kamu kapan nikah?, calonnya mana? ". sumpah Gue kesel banget sama situasi kayak gini, mood tiba-tiba jadi ga enak rasanya pengen menyingkir aja. lagipula siapa sih yang ngga pengen nikah?, kalau waktunya udah tiba semua juga nikah pada waktunya. kalaupun jodohnya belum ada, toh ntar juga ketemu pada waktunya. ya semua pada waktunya.. ngga ada kata telat, ngga ada kata kecepetan. Allah sudah mengatur dan memberinya sesuai waktu yang di janjikan. orang-orang yang suka mencela hanya gara-gara temen-nya belum menikah, mereka itu matanya picek. kenapa?, yang dia tahu luarnya saja, dan ngga akan pernah tahu kehidupan orang lain. setiap orang lain punya urusan, masalah, yang harus di selesaikan sebelum pada akhirnya " Menikah ". nikah bukan soal kemapanan harta/finansial, bukan hanya ngomongin antara dua individu tapi juga pihak keluarga masing-masing. udahlah males bahasnya hahaha. tapi kalau beruntung, ada juga loh yang dapet jodohnya di momen lebaran. entah dari perkenalan keluarga atau dari halal bihalal keliling ke tetanga-tetangga.

Reuni Teman Lama dan Ke Guru-Guru

Tradisi ini juga masih kental di kampung Gue. dimana teman-teman jaman MI, SMP, sering ngadain reuni. sayangnya teman SMK/STM udah lose contact. ngga tau cuma 2 orang aja yang masih bisa diajak ketemuan, yang lain ngga jelas kabarnya. di kesempatan seperti ini itung-itung nostalgia plus ketemu mantan yang sekarang udah punya anak. hahaha
Silaturahmi ke guru-guru juga masih kita lakukan. ngobrol sana-sini bahas masa-masa jahiliyah wkwk. Fajar dulu ngga bisa naik sepeda, di deketin cewek langsung keringetan adem-panas. dan lain-lain. temen-temen Gue sering ngeledikn kayak gitu, begitu Gue inget masa kecilnya barulah Gue ledek balik hahaha (lebih sadis malah). 

Keliling Ke Tetangga-tetangga

Gue rasa keliling maaf-maafan ke tetangga-tetangga ngga cuma terjadi dikampung ya, di perkotaan juga melakukan hal sama. biasasnya kalau di kampung Gue tradisi semacam ini rame-ramenya habis sholat maghrib, kalau siang ngga begitu rame. beda lagi di jakarta, justru ramenya pas siang dan maghribnya ngga serame di siang hari. 
Biasanya kalau di kampung Gue siangnya pada ke saudara-saudara dulu, setelah itu barulah ke tetangga-tetangga.

Dan mungkin masih banyak lagi tradisi-tradisi lainnya sesuai adat kampung halaman masing-masing. yang lagi dijalan mudik, hati-hati dan ingatlah di rumah ada yang menanti. yang pakai kendaraan sendiri (motor, mobil) hati-hati ya.. jangan kebut-kebutan, utamakan selamat dan ingat keluarga. jangan lupa baca doa agar senantiasa dalam perlindungan Nya.

Saya Fajar dan Keluarga mengucapkan " Minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin ".

1 Komentar

+ Tambahkan
wah keren kak, visit kita juga dengan klik di sini
Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Tradisi Hari Raya Idul Fitri

Tradisi Hari Raya Idul Fitri

Mengupas tradisi lebaran atau hari raya idul fitri dari tahun ke tahun.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion