Dotycat.come Bisnis dan Dagang itu Sama tapi Beda!
Bisnis dan Dagang itu Sama tapi Beda!
Bisnis dan Dagang itu Sama tapi Beda!

Bisnis dan Dagang itu Sama tapi Beda!

- 2
Saat Gue memilih jalur dunia bisnis banyak hal yang harus Gue pelajari. hal paling utama adalah memperbaiki hubungan sama Allah (Tuhan semesta alam). percaya atau engga bisnis itu kaitannya sangat erat dengan ilmu spiritual (SQ - Spiritual Quotient). ibarat kata yang tadinya hanya berjalan dengan 2 roda, kini harus dengan 4 roda. semua saling berhubungan (taati perintah Nya, baik sama keluarga, baik sama sesama manusia, baik sama alam, dsb). pernah baca buku LOA " Law of Atraction " ga?, itu hukum tarik-menarik karangan Rondha Byrne. pesan Gue buat yang awam, berhati-hatilah dengan buku itu, kalau salah memahami bisa tersesat. bisa-bisa elo bakal menjalin kerjasama dengan jin (perbuatan syirik). tapi maksud dari buku LOA banyak positifnya kok. sharing aja sama yang sudah paham konsep hukum tarik-menarik.


Bisnis dan Dagang itu sama tapi ada bedanya?, loh kok bisa begitu?. sebelum elo terjun di dunia yang katanya dunia bisnis atau calon pengusaha, harus paham dulu dasar pengertian diantara apa itu bisnis dan apa itu dagang?. secara umum dagang adalah tindakan menjual barang/jasa. begitu juga dengan bisnis, sama artinya. yang membuat berbeda adalah :

Apa itu Dagang?

Seperti yang Gue singgung di atas " tindakan menjual barang/jasa ". dalam konteks dagang biasanya hanya itu-itu saja " yang penting jualan, laku, & untung ". dari keuntungan itu bisa menutupi kebutuhan, kulakan (belanja lagi buat dagang lagi). begitu dan seterusnya.
Contohnya : jual gorengan, siomay, ketoprak, dsb. tapi ngga jarang juga si penjual ingin mengembangkannya lebih besar, merekrut karyawan, dan lain-lain. bahasan ini Gue melihat secara garis besar (pada umumnya), mungkin elo juga udah sering melihat kan pedagang-pedagang yang Gue sebut diatas?. intinya : yang penting jualannya laku & untung. thats it! itulah PEDAGANG!

Apa itu Bisnis?

Basicnya sama " dagang/jualan ". tapi kalau di perhatikan lebih mendetail tentu bisnis punya rincian lebih banyak. dan memang bisnis itu di mulai dari berdagang, baik dagang produk atau jasa. kalau elo udah terjun di dunia bisnis jangan hanya mikirin untung dan yang penting kebutuhan belanja modal cukup. bukan begitu guys!
Bisnis itu ngga cuma mikirin yang penting jualan & untung, tapi juga harus investasi, bangun team, network, punya visi-misi mengembangkan bisnisnya hingga menjadi sebuah perusahaan dan menciptakan lapangan kerja buat orang lain. nah gimana?, tentu lebih bermanfaat kan?, dari pada cuma mikirin untung buat diri sendiri doank?. sebaik-baiknya manusia adalah menjadi bermanfaat buat manusia lainnya (Sabda Rasulullah).

Jangan takut gagal bro.. justru itu seni-nya bisnis. elo mungkin juga udah pernah lihat atau baca riwayat para pengusaha. jatuh-bangun merintis bisnis, bangkrut-survive, percobaan ribuan kali gagal dan di kesempatan terakhirnya ternyata dia bisa berhasil, dsb. itulah roda kehidupan para pengusaha sebelum menuai kesuksesan (sudah pasti mengalami kegagalan hingga berujung kebangkrutan). masalah dalam bisnis itu pasti ada, yang terpenting jangan berlarut-larut meratapi kegagalan & cepet sruvive (bangkit). contoh sederhana : kita bisa berlari tentu sebelumnya belajar berjalan, sebelum bisa berjalan tentu belajar berdiri, sebelum bisa berdiri tentu belajar tengkurap, duduk, dsb. itulah siklus kehidupan manusia dari masa ke masa. hidup terus berjalan tinggalkan masa lalu dan raih masa depan.

2 Komentar

+ Tambahkan
Makasih Bro.. gue dah nangkap pointnya "Bisnis itu ngga cuma mikirin yang penting jualan & untung, tapi juga harus investasi, bangun team, network, punya visi-misi mengembangkan bisnisnya hingga menjadi sebuah perusahaan dan menciptakan lapangan kerja buat orang lain"!

Salam
saya paling sreg dengan kata-kata "hal paling utama adalah memperbaiki hubungan sama Allah (Tuhan semesta alam)". memang benar usaha atau bisnis bukan sekedar untung rugi, tapi juga surga dan neraka, halal dan haram. karena usaha tidak adalah salah satu ibadah.terimakasih

Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Bisnis dan Dagang itu Sama tapi Beda!

Bisnis dan Dagang itu Sama tapi Beda!

Penjelasan antara perbedaan berbisnis dan berdagang yang belum di ketahui oleh kebanyakan orang.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion